Sebelum kita membahas tentang skincare untuk kulit bruntusan, penulis akan menerangkan tentang apa itu bruntusan terlebih dahulu. Yuk! Kita mulai pembahasannya. Tak bisa dipungkiri, wajah bruntusan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena rasa tidak nyaman yang ditumbulkan dan juga mengganggu penampilan. 

Bintik-Bintik mengganggu ini rentan muncul pada area T-Zone wajah yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Bruntusan merupakan kondisi di mana permukaan kulit terasa kasar dan bukan rata, karena adanya bintik-bintik kecil yang menonjol. Bruntusan di wajah muncul dikarenakan sejumlah hal, di antaranya sebagai berikut:

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Bruntusan! Low Budget tapi Awet Dipakai

1. Komedo

Penyebab bruntusan yang pertama ialah dikarenakan adanya penumpukan sel-sel kulit mati, ataupun komedo yang terperangkap di kulit. Salah satu penyebab utama munculnya bruntusan adalah komedo putih.

Komedo putih biasa muncul pada jenis kulit berminyak dan pori-pori besar. Sebaiknya hindari pemanfaatan make up terus-menerus, dan rutin melakukan eksfoliasi, agar tidak ada sel-sel kulit mati yang menumpuk di dalam kulit.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon

Bruntusan juga bisa muncul akibat perubahan hormone, misalnya ketika memasuki masa remaja, atau ketika akan menstruasi atau masuk masuk fase kehamilan.

3. Sisa product make up

Product make up biasanya menyisakan kotoran, atau sel-sel kulit mati pada permukaan pori-pori. Jika tidak benar-benar dibersihkan, hal inilah yang membuat bruntusan tak kunjung hilang. Untuk menanggulangi hal ini, gunakanlah product make up secukupnya, dan sesudah pemakaian wajib dibersihkan secara maksimal.

4. Diet bukan sehat

Penelitian memperlihatkan bahwa asupan nutrisi yang tepat, membantu menambah kesehatan kulit. Sebaliknya, diet atau pola makan yang buruk juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Maka dari itu, terjadinya proses diet akan membuat reaksi pada kulit, yaitu gejala kekeringan, kulit kasar, atau kehilangan cairan tubuh. Kurangnya asupan makanan yang sehat, juga bisa mempermudah tumbuhnya bruntusan dan jerawat.

5. Stres

Stres

Penyebab bruntusan lainnya ialah stres. Peningkatan level stres seseorang, bisa jadi penyebab dari timbulnya bruntusan di kulit wajah. Hal ini juga bisa diperparah jika kamu kurang tidur, dan sering begadang.

6. Alergi

Bruntusan juga bisa terjadi akibat reaksi alergi pada kulit. Alergi ini bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari kontak dengan handuk atau sarung bantal yang kotor, jarang membersihkan peralatan make up, atau terkena kotoran dari rambut yang menempel di wajah.

7. Kandungan minyak berlebih

Minyak berlebih

Bagi Kamu pemilik kulit berminyak, akan lebih rentan pada bruntusan. Karena, produksi sebum atau minyak berlebih bisa lebih mudah menyumbat pori-pori, sehingga jerawat kecil atau bruntusan lenbih mudah muncul.

Kandungan minyak pada umumnya tidak akan memunculkan bruntusan. Tapi jika kadarnya berlebihan, dan tidak dibarengi dengan perawatan yang tepat, akan membuat Kamu rentan mengalami masalah kulit, termasuk bruntusan.

Jika tidak langsung diatasi, beruntusan ini bisa semakin menjadi-jadi, yang tentunya akan membuatmu semakin merasa tidak nyaman. Maka dari itu, kamu mesti langsung mengatasinya menggunakan skincare yang tepat. Simak rekomendasi skincare untuk wajah bruntusan berikut ini, yuk!

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Skincare untuk kulit bruntusan yang pertama, ialah face wash atau pembersih wajah. Cetaphil merupakan product pembersih wajah yang cocok digunakan untuk segala jenis kulit, sekaligus menahan penyebab timbulnya bruntusan.

Pembersih wajah ini mempunyai tekstur gel lembut yang tidak bau dan lengket. Product ini juga tidak menghasilkan banyak busa ketika digunakan. Hal ini menandakan tidak adanya kadar sodium lauryl sulfate (Sls) pada product ini, disesuaikan dengan slogannya “No Detergent”.

Cetaphil bisa mengurangi takaran minyak, mempertahankan kelembapan, dan mencerahkan wajah. Kisaran harganya ialah Rp65.000 – Rp250.000.

2. Nature Republic Aloe Vera 92 Persen Soothing Gel

Nature Republic, merupaka perusahaan kecantikan asal Korea Selatan, yang menciptakan product Aloe Vera 92 persen Shooting Gel. Popularitas product yang satu ini, sudah tak bisa diragukan lagi, apalagi di wilayah Asia.

Manfaat utama product ini adalah sebagai pelembap wajah, yang sekaligus bisa digunakan untuk bibir dan kulit tubuh. Selain itu, product ini juga dapat digunakan sebagai masker tidur dan base make up. Menggunakan produk ini, kamu akan mendapatkan tekstur wajah yang halus dengan pemanfaatan rutin. Kisaran harganya masih sangat terjangkau, yakni Rp 98.000.

3. Freeman Mint and Lemon Clay Mask

Freeman adalah produk kecantikan berupa masker asal Amerika Serikat. Produk kecantikan ini tersedia dalam banyak varian dan yang terbukti ampuh untuk mengatasi beruntusan adalah varian Mint and Lemon Clay Mask.

Tak hanya beruntusan saja, masker ini juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa mendapatkan dua manfaat tersebut dengan penggunaan yang rutin. Kisaran harga Rp96.000.

4. Skinfood Black Sugar Mask

Produk yang satu ini adalah produk keluaran Skin Food, perusahaan asal Korea Selatan. Ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan produk eksfoliasi kulit, mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Pori-pori yang tersumbat adalah salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya beruntusan. Masukkan produk ini dalam skincare routine-mu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kisaran harga Rp115.000.

5. Benton Snail Bee High Content Essence

Masih dalam lingkup skincare Korea Selatan, Benton Snail Bee High Content Essence patut kamu coba. Saat ini produk yang mengandung lendir siput sedang menjadi tren karena memang terbukti ampuh mengatasi permasalahan kulit wajah. Produk ini sangat efektif untuk mengatasi beruntusan, jerawat, kemerahan, hingga iritasi.

6. Neogen Dermalogy Bio-Peel Lemon

Produk yang satu ini juga dikenal ampuh untuk mengatasi wajah bruntusan berkat kandungan lemon dan serainya. Banyak beauty vlogger yang telah memberikan ulasan dan klaim bahwa produk ini terbukti efektif untuk melembutkan dan mencerahkan wajah. Berbeda dengan skincare yang telah disebutkan sebelumnya, Bio-peel berbentuk bantalan dengan cairan esens.

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah yang terbilang efektif adalah dengan menggunakan produk berupa essence. Salah satu essence yang terkenal ampuh adalah produk milik Avoskin, salah satu produk lokal yang digemari banyak beauty enthusiast.

Produk ini bekerja dengan menutrisi, menjaga kesegaran serta kelembapan, dan mencerahkan kulit wajah. Produk yang sangat efektif untuk mengatasi bruntusan membandel. Kisaran harga Rp222.000.

8. Wardah Pure Olive Oil

Wardah adalah salah satu merek produk kecantikan yang tak perlu diragukan lagi reputasinya. Wardah Pure Olive Oil terbukti mampu menghaluskan tekstur kulit wajah dan mengatasi bruntusan. Tak hanya itu, produk ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa riasan. Kisaran harga Rp26.000.

9. ElsheSkin Acne Treatment Series

ElsheSkin Acne Treatment series merupakan salah satu cara menghilangkan bruntusan yang tepat, terlebih jika kamu mengalami bruntusan yang membandel. Kandungan dalam produk ini diformulasikan khusus untuk mengatasi wajah bruntusan, termasuk juga dengan jerawat. Kisaran harga Rp225.000.

10. Hale Let’s Clay! Licorice, Green Tea, & Charcoal Clay Mask!

Untuk kamu yang sedang mencari clay mask, Hale merupakan produk yang tepat untuk menjadi pilihanmu. Produk ini mengandung bahan-bahan yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyebab bruntusan. Kisaran harga Rp129.000.

Itulah rekomendasi skincare untuk wajah bruntusan, beserta sedikit penjelesan tentang pengertian dan penyebab bruntusan. Semoga dengan adanya rekomendasi skincare ini, khususnya kamu yang sedang mengalami bruntusan bisa teratasi. Selamat mencoba!

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version