Pemula yang ingin memulai perawatan rambut harus mengetahui daftar urutan perawatan rambut yang benar. Rambut sehat dan kuat karena dirawat dengan baik dengan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat. Sama seperti perawatan kulit, denganUrutan Perawatan Rambut membutuhkan usaha agar rambut tetap sehat dari akar hingga akarnya.

Perawatan rambut lebih dari sekedar keramas, namun ada berbagai nutrisi dan vitamin rambut yang wajib digunakan. Perawatan rambut tidak hanya membuat rambut Anda sehat, tetapi juga membuat rambut Anda bersinar, mudah diatur, dan kuat, sehingga Anda dapat mengatasi berbagai masalah rambut. Jadi perhatikan baik-baik urutan perawatan rambut yang benar di bawah ini.

Daftar Urutan Perawatan Rambut Sampai dengan 9 Langkah

Urutan Perawatan Rambut

1. Gunakan Hair Oil Sebelum Keramas

Urutan perawatan rambut pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak rambut atau hail oil. Minyak rambut khususnya memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembapan dan memberikan kilau pada rambut Anda.

Anda dapat menggunakan minyak rambut setidaknya dua minggu sekali sebelum keramas. Jangan biarkan minyak rambut terlalu lama, karena penggunaan minyak rambut yang berlebihan dapat menyebabkan sebum berlebih menumpuk di rambut Anda.

2. Keramaslah Rambut dengan Shampo

Urutan Perawatan Rambut yang kedua adalah Menkeramas rambut dengan sampo adalah langkah terpenting dalam perawatan rambut. Hal ini dikarenakan shampo dapat membersihkan seluruh bagian kulit kepala dan rambut dari kotoran yang menumpuk setelah beraktivitas seharian.

Rata-rata orang keramas rambut setidaknya sekali setiap 2-3 hari. Namun, beberapa orang tidak keberatan tidak menkeramas rambut selama itu. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengetahui kebutuhan untuk menkeramas rambut.

3. Pakailah Kondisioner Setelah Keramas

Urutan Perawatan Rambut Selanjutnya Anda bisa menggunakan kondisioner setelah keramas. Jika Anda khawatir dengan rambut kering, sangat disarankan untuk menggunakan kondisioner. Karena produk perawatan rambut ini sangat bagus untuk melembabkan rambut Anda.

Gunakan kondisioner dengan secukupnya sesuai dengan volume rambut. Untuk hasil terbaik, gunakan jari atau sisir bergigi untuk menyisir rambut agar meratakan kondisioner. Setelah itu diamkan selama 20-30 menit lalu bilas sampai bersih.

4. Gunakanlah Hair Tonic

Apa itu Hair Tonic? Hair Tonic adalah vitamin rambut yang menggabungkan minyak, parfum dan alkohol untuk merangsang pertumbuhan rambut. Setelah keramas, tunggu hingga rambut setengah kering. Setelah itu, oleskan Hair Tonic secukupnya ke kulit kepala. Setelah itu, pijat perlahan dan biarkan Hair Tonic meresap ke dalam rambut.

5. Rutinlah Memakai Hair Serum atau Hair Vitamin

Jika Anda sering menggunakan alat penata rambut, sering-seringlah mengoleskan serum rambut. Setelah mencuci rambut, Anda bisa menggunakan serum rambut saat rambut Anda kering. Bahan-bahan yang mudah menyatu dengan rambut Anda, sehingga mudah ditata. Selain itu, ada vitamin rambut yang bisa digunakan setiap habis keramas. Namun, penggunaan vitamin rambut yang berlebihan bisa membuat rambut menjadi mengembang.

6. Cobalah Memakai Hair Mask

Urutan Perawatan Rambut yang keenam adalah menggunakan Masker rambut atau hair mask untuk membantu menutrisi rambut sekaligus memperkuat akarnya, sehingga meminimalkan kerontokan rambut. Waktu setelah keramas membantu masker rambut untuk mendapatkan penyerapan maksimal ke dalam rambut. Oleskan masker rambut dari tengah ke ujung dan pijat dengan lembut. Setelah itu diamkan selama 8-10 menit lalu bersihkan secara perlahan.

7. Rutinlah Sebulan Sekali untuk Creambath

Creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala yang membantu menutrisi rambut Anda. CreamBath juga memiliki berbagai pilihan krim untuk berbagai keperluan untuk mengatasi masalah rambut. Dianjurkan untuk melakukan creambath sebulan sekali. Karena CreamBath yang sering dapat membuat rambut Anda rapuh dan lebih mudah rontok.

8. Pakailah Semprotan Hair Mist Agar Rambut Segar

Anda bisa menoba untuk menyemprotkan hair mist yang dapat membuat rambut Anda harum kembali. Hair mist juga mengandung segudang nutrisi yang melembapkan rambut Anda. Jadi Gunakan hair mist saat beraktivitas di luar ruangan untuk mengembalikan kesegaran rambut Anda.

9. Sisir Rambut dengan Benar

Menyisir rambut saat masih basah akan cepat merusak si rambut. Ini karena jika Anda menyisir rambut saat masih basah, rambut akan berubah menjadi keriting. Akibatnya Rambut rontok dan sulit terurai. Jika Anda khawatir tentang kerontokan rambut, harap gunakan sisir paddle brush dengan kaki karet lebar dan gigi sisir terbuka. Sisir ini dapat membersihkan rambut dengan cepat dan mengurangi dampak rambut rontok.

Apa saja Altenatif Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Perawatan Rambut?

Urutan Perawatan Rambut
  • Susu dan madu

Kedua bahan alami ini memiliki banyak manfaat sehingga sangat cocok untuk perawatan rambut. Oleskan masker ke seluruh rambut Anda dan pijat dengan lembut. Tunggu 15 menit, lalu bersihkan dengan shampo seperti biasa.

  • Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa memang tidak bisa dipungkiri lagi untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya untuk merawat rambut rusak. Mencampur minyak kelapa dan minyak zaitun akan menutrisi dan melembabkan rambut Anda.

Penggunaannya sendiri cukup mudah yaitu Oleskan campuran minyak kelapa dan minyak zaitun ke rambut Anda dan tutupi dengan  shower cap. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga suhu panas. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan shampo seperti biasa. Setelah itu, disarankan untuk tidak menggunakan kondisioner sementara waktu.

  • Yoghurt

Selain sinar matahari, polusi juga bisa membuat rambut kusam. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah yogurt. Masker rambut berbahan dasar yogurt ini sangat cocok untuk memulihkan kesehatan rambut dan penataan rambut juga sukses besar dengan masker yogurt ini.

Ini semudah mengoleskan setengah cangkir yogurt ke rambut Anda dan memijatnya dengan handuk bersih yang sedikit lembap. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit sambil Anda melakukan pekerjaan lain atau bersantai. Setelah itu bersihkan masker dan bilas seperti biasa dan Rasakan kembali kelembutan rambut yang anda miliki.

Baca Lainnya :9 Tips Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Tetap Awet

  • Buah stroberi

Jika Anda memiliki masalah rambut dan kulit kepala berminyak, Anda mungkin ingin mencoba stroberi yang dapat membantu memulihkannya. Untuk membuat masker dari buah stroberi ini, cukup campurkan sesendok masing-masing minyak kelapa dan madu dengan stroberi segar. Lalu keramas rambut dengan air hingga bersih dan rasakan manfaatnya.

  • Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin E, vitamin A, potasium, vitamin C dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Membuat masker rambut dari pisang itu sebenarnya sangat mudah. Pertama, haluskan pisang dengan mencampurkan masing-masing 1 sendok makan minyak zaitun, minyak kelapa dan madu. Aduk hingga tercampur rata. Lalu Pijat masker pisang ke rambut Anda dan biarkan selama sekitar 5 menit sambil bersantai. Kemudian bilas dengan air hangat.

Kesimpulan

Dan Itulah urutan perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah. Sesuaikanlah juga kebutuhan perawatan rambut dengan Altenatif Bahan Alami yang Bisa Digunakan dia atas agar rambut dapat ternutrisi dengan baik. Perlu dingat juga, jangan sampai berlebihan karena nantinya akan menimbulkan masalah komplikasi pada rambut anda.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version