Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam serta membawa Anda untuk dapat melihat lebih apa saja yang dapat mengakibatkan kulit kusam.

Apakah wajah Anda terlihat kusam, tidak cerah dan bercahaya? Anda mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya! Nah, kabar baiknya adalah Anda dapat meremajakan kulit wajah yang tampak kusam dan mengembalikan kilaunya dengan solusi sederhana.

Bagaimana Cara Merawat Wajah Kusam?

  1. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih pembersih penyeimbang pH yang ringan untuk wajah kusam Anda. Tingkat pH kulit Anda berada di antara 4,7-5,7, membuatnya bersifat asam lemah. Kami cenderung memilih pembersih berbusa dengan asumsi bahwa itu membersihkan lebih baik. Tetapi semakin banyak busa, semakin basa dasar pembersih Anda. Tanyakan kepada dokter kulit Anda pembersih apa yang direkomendasikan untuk jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit kering, belilah pelembab berat berbasis krim. Pelembab berat tidak mengiritasi kulit, membuatnya bercahaya dan membuatnya tampak lebih cerah dari biasanya. Jika Anda memiliki kulit berminyak, hindari krim menggunakan pelembab berbahan dasar lotion atau gel untuk mencegah minyak. Melembabkan segera setelah Anda keluar dari kamar mandi dan sebelum Anda tidur.

  1. Kenakan Tabir Surya Spektrum Luas
Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam 4

Kebanyakan tabir surya hanya melindungi Anda dari sinar UVB. Itu tidak cukup baik. Beli tabir surya spektrum luas untuk melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB matahari. Untuk menjadi penghalang dan kelembapan kulit Anda tetap utuh, penting bagi Anda untuk memakai tabir surya setiap kali Anda melangkah keluar di siang hari.

  1. Tetap terhidrasi

Hidrasi adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Dengan demikian, menjaga kulit wajah Anda seimbang dan lembab merupakan salah satu cara merawat wajah Anda agar tidak kusam. Sertakan mengoleskan pelembab siang dan malam setiap hari dalam rutinitas perawatan kulit Anda menggunakan serum yang menghidrasi juga untuk menjaga kulit Anda halus, lembut dan montok. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup untuk meningkatkan tingkat hidrasi tubuh Anda secara keseluruhan.

  1. Hapus Riasan Anda Sebelum Tidur

Setiap malam sebelum Anda tidur, pastikan semua riasan Anda sudah bersih. Kulit wajah Anda membutuhkan ruang bernapas yang tidak dapat dicapai jika Anda selalu memakai riasan. Riasan juga bisa menyumbat pori-pori jika dibiarkan terlalu lama.

  1. Makan dengan baik

Makan lah makanan yang sehat untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar. Makan makanan yang kaya air dan buah-buahan berkontribusi pada kulit yang tampak muda dan sehat. Hindari makan makanan olahan & kemasan, gula rafinasi, minyak tidak sehat. Konsumsilah makanan yang mendukung cara merawat wajah agar tidak kusam seperti buah-buahan dan sayuran segar, makanan yang kaya vitamin, mineral, dll.

  1. Ikuti Kebiasaan Gaya Hidup Sehat
Bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam 5

Merokok dan mengkonsumsi alkohol terus menerus dapat membuat kulit Anda dehidrasi, menyebabkannya tampak kusam dan kurang bercahaya. Ini juga dapat menyebabkan perubahan tekstur, ukuran pori-pori dan penampilan kulit. Mengikuti gaya hidup sehat yang mencakup olahraga teratur, selalu bergerak tidak mager dapat meningkatkan detak jantung Anda dimana itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit yang baik. Rutinitas olahraga yang baik merangsang aliran darah Anda, penting untuk menjaga kulit wajah bercahaya. Sirkulasi darah yang baik akan membantu nutrisi terdistribusi secara merata ke seluruh tubuh sehingga membuat kulit Anda cerah.

Cara Merawat Wajah Di Rumah Untuk Kulit Kusam

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan asam askorbat. Ini memiliki sifat antioksidan dan anti-pigmentasi, menjadikannya solusi yang baik untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat.

Bagaimana menerapkannya

  • Peras jus lemon ke dalam mangkuk.
  • Rendam kapas dalam jus dan oleskan di wajah Anda.
  • Biarkan selama 15-20 menit dan bilas.

Seberapa sering dilakukan?

Memakai jus jeruk nipis dua kali seminggu sangat ideal untuk membantu Anda mendapatkan kulit cerah. Namun, air jeruk nipis dapat menyebabkan rasa seperti terbakar. Jika Anda mengalami terlalu banyak rasa terbakar, segera bilas.

  1. Madu

Madu memiliki sifat pelembab yang menenangkan kulit Anda dan membuatnya terasa lembut dan montok. Ini dapat membantu mengurangi penampilan kusam Anda.

Bagaimana menerapkannya

  • Dengan jari-jari Anda, gosok dengan lembut ke kulit wajah Anda.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon ke paket wajah madu Anda untuk hasil yang lebih baik.
  1. Lidah buaya

Bahan ajaib ini memiliki beberapa tujuan untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat. Lidah buaya menghambat tirosinase, yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi. Anda dapat membeli gel lidah buaya apa pun dari toko. Namun, mengekstraknya langsung dari daun dianjurkan untuk hasil yang lebih baik.

Bagaimana menerapkannya

  • Oleskan gel langsung ke wajah Anda selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air.
  1. Yogurt

Yogurt menghambat aktivitas tirosinase dan merupakan cara merawat wajah yang baik untuk menghilangkan kulit kusam. Mengandung L-cysteine ​​yang efektif dalam mengurangi munculnya bintik hitam dan hiperpigmentasi. Dapat mengembalikan cahaya kulit.

Bagaimana menerapkannya

  • Campur dengan madu.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 10-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  1. Timun

Mentimun adalah zat pendingin, dikemas dengan Vitamin C dan senyawa lain yang dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

Bagaimana menerapkannya

  • Tambahkan setengah mentimun ke dalam blender.
  • Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya.
  • Blender kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 10-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Cara Merawat Wajah Lainnya Agar Tidak Kusam

  1. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu

Eksfoliasi kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mengekspos sel-sel kulit baru yang sehat di bawahnya. Menggunakan eksfoliator dengan asam hidroksi di dalamnya sangat ideal.

  1. Gunakan Serum Vitamin C

Serum vitamin C merupakan cara merawat wajah kusam yang sangat ajaib untuk mencerahkan kulit kusam Anda, jika digunakan secara teratur.

Antioksidan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sehingga mengurangi bekas jerawat, kerutan, dll.

Vitamin C adalah agen pencerah kulit yang hebat. Vitamin C pada aplikasi topikal berinteraksi dengan tirosinase, enzim utama yang bertanggung jawab untuk sintesis melanin, sehingga mengurangi pigmentasi.

  1. Coba Masker Wajah

Masker wajah yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda. Jika kulit Anda kekurangan hidrasi, belilah masker lembaran. Masker lembaran dikemas dengan kelembaban dan serum untuk menargetkan masalah kulit tertentu, membuat kulit Anda tampak bercahaya dan muda. Jika kulit kusam Anda disebabkan oleh kotoran dan debu, Anda bisa mendapatkan masker wajah pembersih dalam untuk menghilangkan kotoran yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Kulit wajah kusam dapat disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, dehidrasi, dll. Namun, Anda dapat dengan mudah meremajakan kulit Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum banyak air, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menerapkan praktik yang sehat. Manjakan diri dengan latihan harian seperti berjalan kaki, yoga untuk menjaga diri Anda bebas stres. Selain itu, pilihlah formulasi alami yang sesuai dengan jenis kulit Anda, sebagai cara merawat wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version