Rutinitas penggunaan skincare soal menjadi hal wajib bagi para wanita, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Produk kecantikan ini menjadi kebutuhan penting untuk menunjang penampilan agar lebih cantik.

Bagi Anda yang baru memulai untuk menggunakan produk skincare, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai fungsi, cara penggunaan dan urutan penggunaan jika Anda menggunakan lebih dari satu macam skincare. Urutan skincare pemula menjadi faktor penting untuk mendapatkan fungsi yang lebih optimal.

Perhatikan! Ini Urutan Skincare Pemula yang Benar

Skincare memiliki beberapa jenis dan tipe namun sebagian besar digolongkan ke dalam jenis skincare pagi dan skincare malam. Apabila Anda baru mulai menggunakan rangkaian skincare ini, perlu Anda cermati seperti apa dan bagaimana urutan skincare pemula yang benar. Berikut kami berikan ulasan singkatnya.

Facial Wash / Sabun Cuci Muka

Facial wash atau sering disebut sabun cuci muka merupakan produk yang menduduki posisi pertama sebagai urutan skincare pemula sebelum Anda mengaplikasikan skincare lainnya. Bertujuan untuk membersihkan kulit wajah dari minyak, kotoran atau debu yang mungkin menempel pada kulit wajah.

Kulit yang bersih tentu akan lebih mudah menyerap segala nutrisi dari penggunaan produk skincare seperti toner, serum dan krim. Apabila Anda baru mulai menggunakan skincare pastikan facial wash ini cocok untuk jenis kulit wajah sehingga tidak menimbulkan iritasi atau alergi.

Anda bisa melakukan membersihkan wajah atau mencuci muka ini minimal dua kali sehari yaitu pagi dan sore, namun akan lebih optimal bila Anda juga melakukannya sebelum tidur.

Scrub Wajah

Selanjutnya setelah Anda membersihkan kulit wajah menggunakan facial wash, Anda bisa melanjutkannya dengan scrub yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati atau menghilangkan kotoran yang tidak bisa hilang dengan facial wash.

Perlu Anda ingat, penggunaan scrub wajah tidak boleh setiap hari digunakan. Gunakan hanya seminggu 2 kali untuk hasil yang lebih optimal.

Scrub untuk wajah umumnya mengandung komposisi dari bahan-bahan abrasif yang ringan dan lembut. Produk ini juga dikombinasi bersama dengan massage oil dan essential oil, sehingga penggunaannya tidak akan melukai sel kulit.

Baru mulai menggunakan skincare? Ini urutan skincare pemula yang benar 6

Toner Wajah

Urutan selanjutnya adalah toner. Toner wajah ini juga bisa langsung Anda aplikasikan setelah mencuci wajah dengan facial wash tanpa perlu menggunakan scrub. Pilih dan gunakan toner sesuai dengan jenis kulit Anda.

Toner berguna untuk membersihkan sisa kotoran, minyak dan sel kulit mati yang masih menempel pada kulit wajah. Beberapa produk toner dikembangkan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah untuk mengatasi permasalahan seperti jerawat, berminyak, flek hitam dan lain sebagainya.

Skincare yang satu ini dipakai sebelum Anda menggunakan serum, sehingga akan memaksimalkan fungsi serum pada saat dipakai nantinya. Memiliki kandungan provitamin B5 dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Baca juga : Toner untuk kulit berminyak

Serum

Serum adalah skincare yang dibuat dengan kandungan dan komposisi tertentu yang memiliki bentuk cair namun sedikit kental. Digunakan bukan hanya sekedar untuk menutrisi kulit wajah, namun untuk beberapa produk serum berfungsi untuk merawat dan mengatasi masalah pada kulit wajah.

Jika digunakan secara rutin, serum wajah ini mampu melembabkan kulit, menghilangkan noda hitam, hingga mengatasi kerutan. Bagi Anda yang masih pemula, pastikan memilih serum sesuai kebutuhan yang benar dan cocok untuk jenis kulit.

Pelembab / Moisturizer

Penggunaan pelembab atau moisturizer merupakan salah satu cara untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat. Skincare ini menjaga kelembaban kulit agar tidak kering. Mampu menghidrasi kulit untuk tujuan mengontrol produksi minyak atau sebum yang berlebihan.

Semua jenis kulit tentunya membutuhkan pelembab. Bila Anda baru pertama menggunakan skincare ini perlu diperhatikan dengan benar kandungan dan komposisinya. Pelembab juga mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam, sehingga kulit wajah terlihat cerah dan glowing.

Sunscreen

Sunscreen merupakan skincare yang wajib Anda gunakan pada saat akan beraktivitas di luar ruangan. Bagi Anda yang masih pemula, penggunaan sunscreen ii dianjurkan untuk memilih produk dengan kandungan SPF 30, yaitu jenis sunscreen yang cukup ringan.

Berperan penting sebagai produk kecantikan yang akan melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari, UV serta bluelight gadget, sunscreen aplikasikan dengan cara diusapkan ke area wajah secara merata.

Merupakan urutan skincare pemula yang paling akhir, sunscreen bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit, sehingga meminimalisir efek sunburn.

Mengapa Urutan Skincare Pemula Perlu Diterapkan?

Skincare dibuat dan diformulasikan khusus untuk tujuan tertentu. Sebagai produk perawatan kulit wajah, produk ini harus digunakan sesuai prosedur dan tatacara yang dianjurkan, salah satunya adalah urutan skincare.

Bagi Anda yang maih pemula dalam menggunakan rangkaian skincare, perlu diperhatikan benar urutan skincare pemula yang benar sehingga semau produk kecantikan yang dipakai memberikan efek maksimal sesuai tujuan.

Urutan penggunaan ini perlu dilakukan karena ada beberapa skincare yang bisa bekerja optimal setelah kulit wajah mendapatkan perlakuan khusus seperti dibersihkan, discrub dan lain sebagainya.

Misal dalam hal ini adalah serum wajah. skincare serum akan berfungsi maksimal apabila kondisi kulit wajah dalam keadaan bersih dari segala minyak, kotoan, sisa make up dan debu yang mungkin masih menempel. Serum tidak bisa bekerja karena tidak bisa secara langsung masuk ke dalam sel kulit wajah.

Baca Juga Jangan sampai salah begini urutan skincare siang yang benar

Rutinitas skincare akan saling terkait dan saling mendukung untuk mengoptimalkan fungsi, sehingga urutan penggunaan skincare ini sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai salah karena hanya akan membuang sia – sia produk skincare sehingga fungsinya minim.

Pemakaian skincare yang tidak tepat dalam hal urutan dan prosedur bukan hanya akan meminimalkan fungsi dan kegunaannya, namun memungkinkan timbulnya permasalahan kulit wajah seperti berjerawat, berminyak hingga timbulnya flek hitam.

Efektivitas Toner Wajah dalam Rutinitas Urutan Skincare Pemula

Dalam rangkaian penggunaan skincare baik day skincare maupun night skincare, ada salah satu produk yang memiliki peran penting, yaitu toner. Efektivitas toner skincare sangat signifikan dalam perawatan kecantikan wajah.

Toner secara umum dibuat dan diformulasikan untuk menyehatkan kulit dengan kandungan provitamin B5 dan vitamin E di dalamnya. Toner tak hanya berfungsi untuk membersihkan, tetapi juga untuk menjaga agar kulit tetap asam.

Beberapa ahli kecantikan menganjurkan produk toner sebagai skincare yang wajib dipakai. Toner akan memaksimalkan fungsi serum dan krim kecantikan sehingga memberikan hasil yang diinginkan.

Kandungan glycerin dalam toner juga akan menjadikan kulit tetap terhidrasi dengan cara mengikat air yang terkandung di kulit. Kandungan ekstrak tambahan yang terdapat dalam toner akan membantu perawatan kulit.

Rangkaian penggunaan skincare berdasarkan urutan memberikan hasil yang lebih maksimal. Khususnya bagi Anda yang baru memulai lakukan rutinitas skincare, urutan skincare pemula yang dianjurkan oleh ahlinya, perlu Anda terapkan dengan baik untuk hasil perawatan yang maksimal, sehingga mendapatkan kulit wajah cantik, cerah dan glowing.

Baru mulai menggunakan skincare? Ini urutan skincare pemula yang benar 8

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version