Sudahkah kamu tahu urutan make up yang benar sesuai anjuran? Menggunakan make up dengan tepat memang terasa seperti sulap, karena bisa mengubah wajah jadi lebih segar seketika. Walaupun begitu, terkadang banyak yang bingung bagaimana cara ber make up yang benar, bukan?

Jika kamu termasuk orang yang merasa bingung tersebut, maka setelah membaca artikel ini kebingunganmu akan hilang. Karena pada artikel ini akan dibahas secara tuntas tentang cara ber make up yang benar. Namun sebelumnya, kita akan buka pembahasan dengan penjelasan tentang fungsi make up.

Fungsi Make Up

Make up zudah ada sejak berabad-abad lamanya, dan sudah digunakan manusia untuk beragam kebutuhan. Make up merupakan bagian dari seni, di mana prosesnya bisa mengubah penampilan dari bentuk asli ke tampilan lain, dengan bantuan alat dan kosmetik.

Secara umum, make up digunakan para wanita untuk menyempurnakan penampilan. Seni tata rias atau make up juga membantu penampilan bagi seni lainnya seperti teater, tari, dan lain sebagainya. Di dalam penelitian terbaru, perpaduan paripurna suatu riasan, sudah menjadi salah satu faktor yang berkontribusi dalam keberhasilan wanita di seluruh dunia.

Urutan Make Up yang Benar Sesuai Anjuran

Seni merias wajah atau make up adalah keterampilan yang bisa dilatih secara rutin. Perlu ketelitian dan mengenali gaya make up yang sesuai dengan wajah kita. Dengan banyaknya product kosmetik, tidak heran para pemula akan kebingungan dan merasa terintimidasi sebelum mencobanya.

Agar  tidak ragu lagi, berikut ini urutan make up yang benar sesuai anjuran, sehingga penampilanmu lebih menarik dan percaya diri.

1. Mencuci Wajah yang Benar

cara ber make up yang benar

cara ber make up yang benar untuk pemula yang pertama, adalah membersihkan wajah. Membersikan wajah ini dengan cara mencuci wajah sampai bersih. Langkah ini sangat wajib karena berfungsi untuk melunturkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah. Hal itu agar supaya tidak menyumbat pada pori-pori wajah, dan menimbulkan jerawat setelah make up diaplikasikan.

2. Pelembap Non Komedo

Urutan make up yang benar untuk pemula, yang tak kalah penting adalah menggunakan pelembap wajah (Moisturizer). Ingat, tahapan ini dilakukan sebelum mengaplikasikan bedak ataupun foundation. Pelembap benar-benar penting untuk kesehatan kulit.

Seperti yang kita tahu, kulit merupakan organ tubuh terbesar, dan membutuhkan perhatian rutin. Pilihlah pelembap yang memiliki kandungan vitamin dan setidaknya SPF 15, untuk melindungi kulit di siang hari. Gunakan juga pelembap yang bebas minyak, non-comedogenic (Tidak menyumbat pori-pori), teruji alergi, dan disetujui dermatologis.

3. Alas Bedak (Foundation)

cara ber make up yang benar

Urutan make up yang benar selanjutnya adalah memakai alas bedak atau foundation. Apakah Kamu mempunyai beragam masalah kulit wajah, seperti warna kulit tidak rata, banyak flek hitam, sampai bekas jerawat? Maka Foundation benar-benar berfungsi untuk menutupi kekurangan itu.

Bagi pemula, hati-hati dalam memilih alas bedak. Kenali dulu jenis kulit wajah, apakah normal, kering, berminyak, atau kombinasi, lalu pilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit. Disarankan untuk memilih alas bedak, yang warnanya setingkat lebih terang dari warna kulit asli.

Hal ini disebabkan karena sebagian jenis alas bedak tertentu, akan mengalami oksidasi sesudah beberapa jam dipakai. Sehabis oksidasi, warna alas bedak akan menyatu dengan warna kulit. Ada suatu fakta unik yang dibahas dalam suatu penelitian yang memperlihatkan bahwa, alas bedak atau foundation adalah kosmetik yang mempunyai pengaruh terbesar pada persepsi wanita.

Penelitian ini menemukan bahwa, wanita yang menggunakan riasan miliki potensi untuk mengalami kenaikan dari segi penghasilan dan promosi di area kerja.

4. Concealer

Concealer juga mempunya manfaat tidak jauh berbeda dengan foundation. Tugas utama concealer adalah melengkapi kekurangan, yang tidak tertutup foundation dengan lebih detail. Menggunakan concealer pada area bawah mata, bisa membantu menutupi mata panda.

Concealer juga bisa digunakan untuk menonjolkan bagian-bagian wajah tertentu seperti dahi, tulang hidung, dan tulang pipi. Mengaplikasikan concealer pada wajah terlihat gampang. Tetapi, bagi Kamu yang masih pemula, ada sedikit tips supaya concealer tidak cracking atau pecah.

Oleskan concealer dengan gerakan mengusap memakai jari manis. Pastikan concealer menyatu dengan mulus dengan alas bedak supaya kulit terlihat flawless.

5. Bedak Wajah

Setelah selesai mengaplikasikan wajah dengan foundation dan concealer, urutan make up yang benar untuk pemula selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak, sebagai lapisan akhir yang mengunci keduanya.

Bedak menambahkan lapisan tipis untuk tampilan yang lebih alami. Gunakan aplikator kuas yang berkualitas, sehingga Kamu tidak benar-benar banyak mengaplikasikan bedak di wajah. Memakai bedak sehabis foundation, juga dianjurkan untuk Kamu yang punya kulit berminyak. Ini karena bedak, khususnya bedak tabur, cenderung menyerap sisa minyak di wajah.

6. Pensil Alis

cara ber make up yang benar

Alis adalah salah satu fitur wajah seseorang yang paling menonjol karena banyak fungsi yang mereka lakukan. Alis dapat membantu menonjolkan mata, membentuk wajah, dan memainkan peran yang kuat dalam komunikasi non verbal.

Memberi warna dan bentuk untuk mempertegas alis adalah hal penting yang harus dilakukan dalam urutan make up yang benar. Ada beberapa bentuk pewarna alis, misalnya pensil, powder, dan gel. Berlatihlah mewarnai alis dengan senatural mungkin, tidak terlalu tebal, dan ikuti bentuk alami alis.

7. Eye Shadow

Urutan make up yang benar untuk pemula di tahap selanjutnya adalah menggunakan eye shadow. Agar lebih tahan lama dan warna eye shadow lebih keluar, gunakan eyeshadow primer atau concealer terlebih dahulu sebelum memakainya.

8. Eyeliner

Penggunaan eyeliner dalam make up menjadi salah satu bagian penting bagi sebagian besar wanita. Sebab eyeliner dapat membantu mempertegas bentuk mata dan membuatnya terlihat tajam serta menarik secara instan.

Dalam penelitian terbaru, wanita menilai riasan mata sebagai produk nomor satu yang meningkatkan daya tarik wajahnya. Perpaduan eyeliner, eye shadow, dan maskara dapat membuat mata tampak lebih tegas dan cantik.

Bagi pemula, melukis eyeliner adalah salah satu hal tersulit dalam proses make up. Untuk itu disarankan bagi Kamu yang masih pemula dalam dunia make up untuk sering-sering berlatih.

9. Maskara

Urutan make up yang benar untuk pemula selanjutnya adalah gunakan maskara setelah pengaplikasian eyeliner. Maskara mampu memberikan efek lebih panjang dan tebal pada bulu mata, sehingga menarik perhatian ke mata penggunanya.

Jika Kamu memiliki mata kecil yang biasanya tidak terlalu menarik perhatian, maskara akan memperbesar penampilannya dan membuatnya menonjol.

10. Blush On

Setelah menggunakan bedak, urutan make up yang benar untuk pemula adalah mengaplikasikan blush on. Blush on merupakan pewarna pipi yang digunakan untuk menambah warna warna pada wajah, khususnya area pipi.

Blush on memiliki beberapa tekstur yang dipilih, seperti padat, krim, dan juga cair. Sesuaikan tekstur blush on dengan kondisi kulit agar menunjang riasan wajah lebih baik.

11. Lipstik

Setelah semua urutan make up di atas selesai, sekarang waktunya Kamu mewarnai bibir dengan menggunakan lipstik. Tidak hanya mata, bibir juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita menggunakan lipstik untuk mengubah dan mempresentasikan diri, serta mencerminkan suasana hati dan identitasnya sehari-hari.

Setelah mengetahui urutan make up ini, tak perlu ragu lagi deh untuk coba-coba latihan make up! Ingat Kamu, practice makes perfect. Jadi sering-sering dicoba, ya!

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version