Minyak atau sebum yang diproduksi oleh wajah, sebenarnya memiliki manfaat dalam mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit. Namun, jika diproduksi secara berlebih, minyak di wajah justru dapat menyumbat pori-pori wajah. Jika kamu memiliki wajah berminyak tak ada salahnya jika mengetahui cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo.

Aktivitas dan ukuran kelenjar minyak memegang peran utama pada jumlah produksi minyak di wajah. Produksi minyak berlebih dipengaruhi oleh perubahan hormon, faktor genetik, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, pemakaian make-up yang tidak tepat dan udara yang panas dan lembab. Kulit wajah berminyak sering dirasa mengganggu, karena dapat menimbulkan berbagai keluhan.

Tidak hanya membuat wajah terlihat mengkilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Wajah yang termasuk kulit berminyak, akan tampak mengkilap dan berminyak pada saat disentuh, utamanya pada bagian dahi, hidung, dan dagu. Maka dari itu Yuk, simak cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo secara alami dari mamacantik berikut ini.

3 Cara Merawat Wajah Berminyak Berjerawat dan Berkomedo

Produksi minyak berlebih yang menumpuk bisa menjadi sumber jerawat yang muncul di wajah, tak heran jika wajah berminyak identik dengan wajah yang berjerawat pula. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa digunakan sebagai cara merawat wajah berminyak dan berjerawat.

Jangan Menggunakan Make-up Tebal

3 cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo 3

Ketika jerawat muncul pada wajah berminyak, sebaiknya jangan menggunakan make-up yang tebal. Jika memang sangat diperlukan, gunakanlah make-up dengan tipis, dengan tetap menggunakan pelembab alami dan tabir surya.

Memilih Pelembab yang Cocok

cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo yang pertama adalah memilihpelembab. Pelembab merupakan product kecantikan yang hampir setiap hari digunakan, untuk itu kamu tidak boleh sembarangan memilih pelembab. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan wajah berminyak, seperti oil-free atau bebas bahan minyak. Kamu juga bisa memilih pelembab yang berbahan dasar lemon atau jeruk nipis, atau mentimun yang dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol produksi sebum.

Menggunakan Toner yang Tepat

Memiliki keadaan wajah yang berminyak, pasti membuat kamu harus ekstra perhatian pada wajahmu agar kondisinya tetap bersih. Salah satu cara merawat wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan toner wajah. Pemilihan toner pun tidak boleh sembarangan, karena jika tidak cocok justru akan menimbulkan jerawat baru yang semakin menyusahkanmu. Pilihlah toner khusus untuk wajah berminyak atau kamu bisa juga menggunakan micellar water sebagai tonermu.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berkomedo

Minyak yang diproduksi pada wajah sebenarnya bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan dan elastisitas kulit. Tetapi jika terlalu banyak diproduksi, minyak akan menyumbat pori-pori kulitmu dan bisa menimbulkan komedo. Berikut ini akan kami bagikan tips cara merawat wajah berminyak dan berkomedo.

Lakukan Double-Cleanse Pada Wajah

Salah satu cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo adalah dengan melakukan double-cleanse pada wajah. Cara yang perlu dilakukan yaitu kamu harus membersihkan wajahmu dari noda dan debu, bisa menggunakan pembersih make-up, cleansing oil, atau pun micellar water. Setelah wajah dibersihkan, barulah kamu bisa mencuci wajahmu. Double-Cleanse akan membantu wajahmu untuk menghindari pori-pori yang tersumbat, agar komedo tidak akan muncul amat banyak.

Menggunakan Masker Berbahan Dasar Kayu Manis

3 cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo 4

Kayu manis merupakan salah satu rempah asli negara kami, yang ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang tidak banyak diketahui adalah dapat menangani produksi minyak berlebih. Kayu manis yang digunakan sebagai masker dapat menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak, berjerawat maupun berkomedo. Kayu manis mempunyai kandungan zat antiseptik yang dapat memberantas bakteri dursila sekaligus menghambat gatal-gatal pada kulit yang berjerawat.

Pemakaian scrub bisa kamu coba sebagai cara merawat wajah berminyak dan berkomedo. Scrub wajah didesain untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, dengan tujuan agar wajah bisa menjadi lebih cerah, berkurangnya sel kulit mati dan juga minyak yang menumpuk di wajahmu. Pemanfaatan scrub wajah tidak dapat diaplikasikan setiap hari, cukup 2-3 kali di dalam seminggu maka wajahmu akan berubah menjadi lebih cerah dan minyak dan juga sel kulit mati akan terangkat.

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Wajah berminyak sebenarnya cukup normal, tetapi jika produksi minyak sudah berlebih dan tampak mengkilap, jangan kamu biarkan begitu saja. Wajah dengan situasi minyak berlebih, akan membuat kamu tampak lusuh dan akan menyebabkan jerawat. Produksi minyak berlebih pada wajah bisa dipengaruhi oleh kesibukan sehari-hari, pola makan, dan juga kondisi udara lingkungan kira-kira. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai cara merawat wajah berminyak secara alami.

Menggunakan Masker dari Bahan Alami

Salah satu cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo secara alami adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Selain mudah ditemukan dan harganya nisbi terjangkau, bahan alami yang digunakan sebagai masker pada wajah tidak menimbulkan dampak samping yang berbahaya.

Bahan-Bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker antara lain pepaya, bengkuang, kunyit, putih telur dan sebagainya. Masker dari bahan alami juga berkhasiat membuat kulit wajah tetap lembab, kencang dan meminimalisir garis-garis keriput pada wajah.

Menghindari Makanan Berlemak dan Berprotein Tinggi

salah satu cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo yakni dengan menghindari makanan berlemak. Dengan kondisi wajah yang berminyak dan berjerawat, maka saat itu pun kamu harus mulai menyimak asupan makanan yang masuk ke didalam tubuhmu. Usahakan menghindari makanan yang mempunyai kandungan lemak dan protein tinggi seperti daging sapi, telur, dan ayam pangkas, sebaliknya konsumsilah makanan yang punya kandungan omega-3 seperti ikan.  Selain itu, cara merawat wajah yang berminyak secara alami bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur segar, yang diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

Memulai Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak secara alami. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rajin berolahraga secara rutin, konsumsi makanan bergizi, dan juga menghindari rokok dan minuman beralkohol. Olahraga rutin akan membantu kamu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sedangkan makanan bergizi akan melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuhmu di dalam pertahanan melawan penyakit.

Pengaruh Gaya Hidup yang Menjadi Penyebab Komedo

Diet dan Kulit Berminyak

Hati-Hati dengan makanan cepat saji, makanan manis (Permen, kue kering dan cake, minuman bersoda…) dan juga product-product olahan susu. Mereka seluruh dapat merangsang produksi sebum yang berebihan. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang dapat membantu merawat kulit berjerawat, seperti buah-buahan dan sayuran segar, juga ikan, unggas, kedelai, dan biji-bijian eksklusif, yang merupakan sumber vitamin B6 yang baik, dan berfaedah di dalam meregulasi sebum.

Polusi dan Sebum

Polusi juga berpengaruh pada komposisi sebum dan juga pada mikroflora alami kulit (Juga disebut sebagai mikrobiota). Caranya? Polusi dapat berdampak pada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk yang hidup di permukaan kulit. Membersihkan wajah secara praktis dengan Sebium H2o Micellar Water akan mengangkat 93Prosen dari seluruh mikropartikel yang berasal dari polusi*.

Nah, itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara merawat wajah berminyak berjerawat dan berkomedo dengan ulasan diatas semoga bermanfaat.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version