Usia remaja identik dengan pubertas. Diusia ini anak muda rentan terhadap permasalahan kulit wajah, salah satunya adalah jerawat. Bagi Anda yang melakukan perawatan menggunakan skincare, perlu diperhatikan dan dipahami lebih dalam mengenai urutan skincare untuk remaja.

Selain untuk mengatasi masalah pada kulit wajah menggunakan skincare dengan urutan yang benar akan meningkatkan efektivitas dari produk skincare yang digunakan. Namun perlu diingat, bahwa diusia remaja ini risiko alergi dan iritasi lebih tinggi khususnya untuk jenis kulit sensitif.

Table of Contents

Untuk memahami lebih dalam mengenai seperti apa urutan skincare remaja yang benar dan tepat, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Urutan Skincare Remaja yang Benar dan Tepat

Bagi Anda yang menginjak usia remaja pastinya memiliki rasa penasaran terhadap produk skincare dengan harapan memiliki wajah cantik, cerah dan glowing layaknya artis Korea. Hal ini tentu bisa Anda capai dengan skincare yang tepat serta penggunaanya berdasarkan urutan skincare remaja yang tepat pula.

Lalu seperti apa urutan skincare remaja yang benar dan tepat? Berikut ulasannya.

1.      Facial Wash

Facial wash atau facial foam merupakan produk skincare yang menempati posisi pertama dari rangkaian rutinitas penggunaan skincare. Produk ini digunakan sebagai sabun cuci muka yang efektif untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu atau sisa make up jika Anda memakainya.

Memilih dan menggunakan facial wash tentu perlu disesuaikan dengan jenis kulit, jangan sampai produk kecantikan ini malah berdampak buruk pada kulit wajah karena salah pilih.

Membersihkan wajah menggunakan sabun khusus atau facial wash ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas skincare lain seperti toner dan serum. Apabila masih ada sisa kotoran pada kulit wajah tentunya pemakaian skincare selanjutnya tidak akan maksimal karena pori- pori yang tertutup.

Anda bisa melakukan pembersihan ini minimal dua kali sehari untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Info penting! Urutan skincare remaja yang perlu anda ketahui 6

2.      Toner

Skincare ini menempati posisi kedua dalam rangkaian urutan skincare remaja yang dianjurkan oleh ahli kecantikan.

Toner diklaim mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, sehingga penggunaan toner akan meningkatkan fungsi dan kegunaan serum dan krim wajah karena bisa diserap langsung oleh kulit melalui pori – pori tanpa adanya penyumbatan.

Bukan hanya sekedar mengangkat sel kulit mati saja, namun toner juga mampu mengangkat sisa kotoran yang masih menempel pada kulit, sekaligus mengembalikan pH kulit yang hilang setelah mencuci muka.

Bagi Anda di usia remaja yang rentan akan jeraat, penggunaan toner ini bisa membantu meredakan jerawat meradang, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru.

3.      Serum

Produk kecantikan ini memberikan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah. serum ada banyak macam dan jenisnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk usia remaja, penggunaan serum tidak selalu ada dalam rangkaian urutan skincare karena sudah menggunakan toner. Untuk menggunakan serum Anda perlu konsisten dan rutin sehingga memberikan hasil yang sesuai harapan.

Info penting! Urutan skincare remaja yang perlu anda ketahui 7

4.      Pelembab

Urutan ketiga adalah menggunakan pelembab. Untuk memilih dan menggunakan pelembab perlu Anda perhatikan dengan baik kandungan dan komposisinya, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Kebanyakan remaja memiliki kulit sensitif, sehingga bisa memilih pelembab dengan bahan yang ringan atau bahan alami. Hal ini bertujuan agar tidak menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit wajah.

Aplikasikan pelembab setelah menggunakan toner karena mampu menjaga kulit tetap terhidrasi, kenyal, sekaligus mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, skincare ini juga akan membuat kulit Anda selalu sehat dan cerah.

5.      Sunscreen

Produk sunscreen banyak dijual bebas di pasaran. Bila Anda seorang pemula, pastikan memilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit. Produk kecantikan ini memberikan perlindungan pada kulit wajah terhadap paparan sinar matahari, sinar UV bahkan bluelight gadget.

Khusus bagi Anda yang masih di usia remaja, cukup gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 yang memiliki komposisi dan kandungan ringan. Gunakan sunscreen atau tabir surya secara berkala apabila Anda akan beraktivitas di luar ruangan.

Pastikan urutan skincare remaja yang Anda gunakan benar dan tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap produk yang digunakan. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengaplikasikan produk skincare secara tepat dan prosedural.

Info penting! Urutan skincare remaja yang perlu anda ketahui 8

Mengapa Urutan Skincare Remaja Perlu Diterapkan?

Untuk mendapatkan efektivitas yang tinggi dari setiap produk skincare yang digunakan, perlu Anda ketahui seperti apa urutan penggunaan skincare yang benar tak terkecuali skincare untuk remaja.

Selain cara penggunaan yang benar, urutan skincare remaja ini juga menjadi faktor penting tercapainya tujuan dari penggunaan skincare tersebut seperti mengobati jerawat, mengatasi kulit berminyak dan lain sebagainya.

Berikut beberapa manfaat lain apabila Anda menggunakan skincare dengan urutan yang benar.

1.  Dengan menggunakan skincare sesuai urutan, Anda akan mendapatkan fungsi dan kegunaan yang lebih optimal. Setiap produk skincare dibuat dengan prosedur penggunaan yang berbeda – beda misalnya menggunakan serum pada kulit wajah, harus bersih dari segala kotoran yang mungkin menutup pori – pori sehingga bisa berfungsi maksimal.

2.  Tidak ada produk yang terbuang sia – sia. Hal ini karena setiap produk skincare yang akan digunakan hanya membutuhkan takaran yang minim. Tidak perlu menggunakannya terlalu banyak karena telah didukung oleh skincare yang digunakan sebelumnya.

Misalnya, penggunaan krim wajah cukup sedikit saja karena sebelumnya sudah menggunakan serum.

3.  Meminimalisir munculnya permasalahan kulit. Penggunaan skincare yang sesuai urutan tentunya akan berdampak baik pada kulit wajah dan mampu meminimalisir munculnya permasalahan kulit wajah seperti jerawat, komedo, flek hitam dan lain sebagainya.

4.  Menciptakan kebiasaan disiplin yang baik. Melakukan sesuatu yang sama dan berulang tentunya akan mendisiplinkan diri dan itu adalah kebiasaan yang sangat baik.

Sunscreen Dianjurkan sebagai Skincare Wajib bagi Para Remaja

Dari seluruh rangkaian penggunaan skincare, adalah salah satu produk yang dianjurkan untuk digunakan oleh para remaja yaitu sunscreen. Sunscreen atau tabir surya ini sangat baik untuk melindungi kulit wajah para remaja dari terjadinya sunburn karena paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit.

Sunscreen mengandung SPF atau sun protection factor yang efektif menangkal radikal bebas dari paparan teriknya sinar matahari juga ultraviolet. SPT ada beberapa macam yaitu SPT 30, 50, 90 dan 200. Masing – masing dari jenis sunscreen ini memiliki tingkat perlindungan berbeda – beda.

Oleh ahli kecantikan, sunscreen dianjurkan dipakai setiap hari khususnya pada saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan radiasi UV menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulit Anda sehingga perlu diminimalisir.

Sebagian besar wanita yang masih berusia remaja memiliki jenis kulit sensitif, sehingga dalam pemilihan dan penggunaan skincare perlu disesuaikan dengan jenis kulit.

Urutan skincare remaja yang direkomendasikan oleh ahli kecantikan menjadi hal yang perlu diindahkan. Dengan memperhatikan urutan dari setiap pemakaian produk kecantikan, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal sesuai dengan yang diharapkan.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version