Tidak mudah bagi orang yang memiliki kulit berminyak untuk menemukan produk makeup yang tepat bagi wajah mereka. Jika kamu memilih produk Make Up Kulit Berminyak yang salah, wajah kamu akan terlihat lebih berminyak, bahkan mungkin kusam, dan mudah menimbulkan jerawat.

Selain jika kamu mengabaikan dan tidak memilih Make Up Kulit Berminyak, hal ini dapat membuat riasan kamu terlihat tebal dan mudah luntur. Jadi, orang dengan kulit berminyak perlu menggunakan produk makeup tertentu untuk membuat wajah mereka terlihat bagus dan bertahan lebih lama.

Berikut mamacantik sudah merangkum beberapaproduk makeup yang harus dimiliki oleh semua orang dengan kulit berminyak. Simak artikelnya berikut:

12 Tips Memilih Make Up Kulit Berminyak

Nah, jika kamu memiliki kulit berminyak, salah satu hal terpenting yang harus dicari dalam make up adalah formula yang membuat kulit kamu terlihat matte atau yang dapat menghentikan produksi minyak di wajah kamu.

kamu juga membutuhkan make up yang tidak menyumbat pori-pori dan tidak mudah luntur. Tapi tenang saja, kami sudah meringkas dan merekomendasikan beberapa produk Make Up Kulit Berminyak yang bisa kamu beli sebagai berikut:

1. Mattifying Primer

Make up kulit berminyak
Make up kulit berminyak

Orang dengan kulit berminyak tahu bahwa pori-pori besar dan terlalu banyak minyak adalah masalah utama pada kulit mereka. Jadi, untuk mengatasi masalah ini sebelum kamu mulai merias wajah, kamu perlu menggunakan primer. Produk ini wajib dimiliki karena primer dengan formula mattifying dapat membantu menutup pori-pori dan membuat kamu tidak terlihat berminyak sepanjang hari.

2. Mattifying dan non-comedogenic Liquid Foundation

Foundation cair mungkin merupakan foundation terbaik karena ringan dan mudah diaplikasikan. Bahkan dengan jari-jari kamu, kamu dapat dengan mudah mengaplikasikan dan membaurkan karena teksturnya yang cair. Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah foundation cair berbahan dasar air dengan formula yang membuat kulit kamu tidak terlalu berkilau.

Foundation jenis ini memungkinkan kulit kamu “bernapas” bahkan ketika ditutupi dengan foundation. Selain itu, foundation berbahan dasar air biasanya lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman untuk kulit berjerawat.

3. Concealer untuk Make Up Kulit Berminyak

Make up kulit berminyak

Benda ini berbentuk seperti lipstik. Karena teksturnya yang tebal dan creamy, kamu perlu menggunakan jari atau beauty blender untuk membaurkannya. Jika kamu memiliki kulit berminyak, concealer ini akan cocok untuk kamu. Selain itu concealer ini juga bagus untuk menutupi bintik-bintik hitam dan bekas jerawat.

4. Contouring Powder

Sekarang ini ada banyak jenis produk contouring yang dapat digunakan untuk membuat wajah lebih menonjol. Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah produk contouring yang berbentuk bubuk atau bedak padat. Karena produk contouring jenis ini memiliki hasil akhir yang matte dan tidak akan membuat kulit kamu terlihat berminyak.

Sebaliknya, produk contouring berbentuk cair atau krim cenderung meninggalkan hasil akhir berembun yang membuat kulit kamu terlihat berminyak dan kusam.

5. Powder blush on

Sebenarnya blush on jenis ini aman untuk semua jenis kulit, tak terkecuali orang dengan kulit berminyak, pasti akan lebih mudah menggunakannya. Blush on jenis ini akan membuat wajah kamu terlihat matte dan terasa ringan. Blush on ini juga lebih mudah digunakan daripada blush on lainnya. kamu hanya perlu menggunakan kuas untuk membaurkannya pada wajah kamu.

Untuk memberikan tampilan segar pada wajah kamu, bubuhkan blush on pada tulang pipi kamu. kamu juga harus memilih warna blush on yang sesuai dengan warna kulit kamu agar terlihat lebih cantik.

6. Highlighter powder

Make up kulit berminyak

Seperti namanya, highlighter powder berbentuk bubuk dan dapat digunakan di dahi serta dagu untuk membuat wajah terlihat lebih cerah alami. Butiran micropowder pada highlighter ini bagus untuk orang dengan kulit berminyak karena membantu menyerap minyak yang keluar dari pori-pori.

7. Eye primer

Sebelum kamu memakai eyeshadow, kamu harus mengoleskan primer pada seluruh kelopak mata. Primer dapat membuat warna eyeshadow lebih hidup dan bertahan lebih lama. Menggunakan primer eyeshadow sangat membantu, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak, karena membuat kelopak mata kamu lebih matte, yang membuat bubuk eyeshadow lebih sulit luntur atau menggumpal.

Jika kamu tidak menggunakan primer sebelum memakai eyeshadow, bubuknya mungkin tidak akan menempel di kelopak mata dan warnanya tidak akan menyatu dengan baik.

8. Pomade eyebrow

Biasanya, Pomade eyebrow hadir dalam pot kecil dengan sikat berujung lancip dan tajam. Teksturnya mirip dengan gel alis, tetapi pomade dapat membuat alis lebih gelap dan tebal, sedangkan gel dapat membuatnya lebih kaku.

Produk ini cocok untuk semua orang yang memiliki sedikit bulu alis, karena warnanya tidak cepat pudar saat digunakan. Di sisi lain, kamu harus berhati-hati dalam menyapukannya agar alis kamu terwarnai secara merata.

9. Setting powder

Fungsi bedak tabur adalah untuk mengunci foundation dan concealer yang sudah kita gunakan di wajah agar tidak cepat luntur. Kebanyakan setting powder berbentuk kering dan matte karena tugas utamanya adalah menjaga foundation tetap di tempatnya.

Kamu bisa Gunakan Setting powder lebih banyak pada area T-zone, hidung, dan di bawah mata jika kamu memiliki kulit berminyak. Dengan pemakaian yang bernar, wajah kamu akan termake up dengan rapi dan tidak akan glowing sepanjang hari.

10. Setting spray

Setting spray tidak seperti primer, yang digunakan di awal make up dan membuat kulit siap untuk rangkaian make up berikutnya. Sebaliknya, setting spray seperti lapisan atas untuk make up. Setting spray digunakan di akhir make up untuk membantu make up bertahan lebih lama.

Teknologi dalam setting spray dapat membantu mencegah wajah menjadi terlalu panas dan mencegahnya memproduksi terlalu banyak minyak. Hal ini membuat make up tetap terlihat segar seperti saat pertama kali dipakai.

11. Kertas minyak

Kertas penyerap adalah bagian penting dari make up wajah bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Kertas penyerap dapat membantu menghilangkan minyak dari wajah kamu.

Jika kamu merasa wajah kamu berminyak dan berkilau, gunakanlah kertas penyerap. Selain itu, hal pertama yang harus kamu gunakan sebelum memakai make up lain di wajah kamu adalah kertas minyak, agar minyak tidak menyumbat pori-pori kamu.

12. Maskara yang anti-smudge

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu pasti tahu betapa mudahnya maskara kamu luntur, terutama saat kamu memakainya pada bulu mata bagian bawah. Karena itu, area di bawah mata kamu terlihat hitam dan membuat kamu terlihat seperti panda.

Hal ini terjadi karena minyak dari wajah menodai maskara di sekitar mata. Maka pastikan maskara yang kamu gunakan tahan air dan tidak luntur, sehingga dapat bertahan sepanjang hari tanpa membuat kamu terlihat seperti orang yang sering begadang.

Nah, itulah beberapa tips makeup yang wajib dimiliki oleh kulit berminyak yang akan membuat make up kamu terlihat sempurna dan tahan lebih lama. Pastikan kamu memilih produk dengan formula mattifying atau yang dapat menghentikan produksi minyak berlebih pada wajah kamu.

Produk ini juga harus bersifat non-comedogenic dan sulit luntur, luntur, atau berpindah. Dengan produk-produk ini, kamu dapat menjaga make up kamu tetap terlihat cantik dan segar sepanjang hari.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version