Kusam merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang perlu diatasi. Jika tidak, akan membuat wajah menjadi terlihat pucat, kering dan tidak fresh. Hal ini tentu bisa diatasi dengan menggunakan produk kecantikan khusus, yaitu skincare untuk wajah kusam.

Penggunaan skincare yang dibuat untuk wajah kusam ini umumnya mengandung Glycolic acid dan vitamin C. Berkhasiat mencerahkan kulit serta mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, sehingga secara perlahan akan mencerahkan kulit wajah.

Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah, fresh dan glowing, Anda bisa menggunakan skincare. Namun cantik alami pastinya juga didapat dari pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Bahan dan Kandungan Skincare untuk Wajah Kusam

Kulit wajah kusam umumnya disebabkan karena minyak berlebih dan adanya sel kulit mati yang menumpuk. Kulit kusam juga bisa disebabkan karena polusi udara dan debu yang mungkin menempel pada kulit wajah.

Untuk mengatasi kulit wajah kusam selain rajin membersihkan wajah minimal dua kali sehari, Anda juga bisa menggunakan skincare khusus. Namun menggunakan skincare untuk wajah kusam, Anda perlu tahu jenis – jenis bahan dan kandungan yang digunakan pada skincare ini.

Lalu apa saja bahan dan kandungan skincare yang efektif mencerahkan kulit wajah kusam? Berikut ulasannya.

1.      Vitamin C

Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin C memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencerahkan kulit. Penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C yang tinggi mampu mengurangi keriput dan menghilangkan jerawat tanpa bekas. Hal ini menjadikan kulit wajah terlihat cerah dan kencang.

Kandungan vitamin C juga mampu mengatasi kulit wajah yang kusam dengan cara memerangi radikal bebas dan polutan yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Kandungan ini tentu aman untuk berbagai jenis kulit. Mencerahkannya secara maksimal dengan menghambat jumlah melanin yang dihasilkan sel-sel pigmen kulit.

2.      Salicylic Acid

Salicylic Acid mampu mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori dari kotoran serta minyak yang terperangkap. Jika digunakan secara rutin, skincare dengan kandungan ini mampu mencerahkan dan mengatasi wajah kusam secara efektif dengan membuang tumpukan sel kulit mati di area wajah.

Kandungan dalam skincare ini banyak direkomendasikan oleh dermatologis sebagai zat BHA yang baik untuk mengatasi kulit kusam.  

3.      Glycerin

Bahan ini diklaim efektif melembabkan kulit sehingga tidak kering. Kulit yang lembab akan tampak cerah dan terhindar dari permasalahan kulit kusam. Skincare dengan kandungan glycerin ini juga ampuh mengurangi perubahan warna kulit, membantu melembutkan kulit, dan memudahkan proses eksfoliasi.

Kandungan glycerin pada skincare bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit seperti kulit kusam, berminyak maupun kulit kering.

4.      Glycolic acid

Bahan ini banyak dijumpai pada beberapa produk skincare, karena kemampuannya yang mampu menghilangkan lapisan yang telah menyembunyikan cahaya alami kulit Anda. penggunaan secara rutin akan meningkatkan efektivitas dari skincare dengan bahan glycolic acid ini.

5.      Hyaluronic acid

Bahan atau kandungan ini mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam karena dehidrasi. Hyaluronic acid memiliki kualitas yang tinggi untuk menghidrasi kulit sehingga membuatnya membuat kulit menjadi lebih cerah, segar dan sehat.

Bagi Anda yang sedang memilih skincare untuk mengatasi wajah kusam, kenali dengan baik apa saja kandungan dan komposisi pembuatnya, sehingga memberikan fungsi yang optimal. selain menggunakan skincare untuk wajah kusam, mencerahkan kulit, menjaga jenis makanan yang dikonsumsi juga merupakan hal penting, sehingga tidak menyebabkan efek yang lebih parah lagi.

Bahan Alami Sebagai Skincare untuk Wajah Kusam

Penggunaan skincare untuk wajah kusam memang dianjurkan oleh beberapa ahli dibidang kecantikan. Namun demikian, untuk menghindari efek dari skincare yang dipakai, Anda juga bisa menggunakan bahan – bahan alami yang mudah didapat untuk mengatasi kulit kusam pada wajah.

Berikut beberapa bahan rumahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai skincare alami untuk mengatasi kulit wajah yang kusam.

1.      Madu murni

Memilih skincare untuk wajah kusam 4

Bahan ini memiliki khasiat yang sangat bagus bukan hanya untuk kulit wajah saja, namun juga untuk kebugaran badan. Untuk mengatasi masalah kulit kusam, tentunya Anda bisa memanfaatkan madu murni sebagai skincare alami kandungan fruktosa, glukosa, dan asam alfa hidroksi (AHA) yang bisa membantu mengurangi pigmentasi berlebih di kulit wajah.

Aplikasinya sangat mudah, Anda hanya cukup menjadikan madu murni sebagai masker tipis atau secukupnya, diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air hangat. Bila dilakukan secara rutin tentu akan meningkatkan efektivitasnya.

2.      Perasan jeruk lemon

Dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah lemon diklaim bisa mencerahkan kulit secara alami. Hal ini membuatnya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kusam karena minyak dan pigmentasi yang berlebihan.

Memanfaatkan lemon untuk mengatasi kulit kusam cukup mudah, Anda tinggal memerasnya dan tuang ke mangkok, lalu basahi kapas dengan air perasan lemon dan usapkan pada wajah secara perlahan. Lakukan secara rutin agar manfaatnya lebih optimal.

Memilih skincare untuk wajah kusam 5

3.      Pisang

Belum banyak diketahui orang, bahwa buah berkulit kuning ini bisa mencerahkan kulit wajah. Mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas pada kulit wajah. Masker pisang efektif untuk mengatasi kusam pada wajah secara perlahan.

4.      Bubuk kunyit

Penggunaan masker bubuk kunyit memang masih asing untuk masyarakat di Indonesia. Namun demikian, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meregenerasi kulit dengan sangat baik. Penggunaannya secara teratur mampu mengurangi pigmentasi berlebih dan mengontrol kadar minyak di kulit wajah.

5.      Lulur yogurt

Memilih skincare untuk wajah kusam 6

Yoghurt memiliki kandungan inhibitor tirosinase yang merupakan senyawa yang dapat menghambat pembentukan melanin dan mengurangi pigmentasi sehingga mampu mengatasi kulit kusam dan mencerahkannya secara alami.

Penggunaan lulur yoghurt ini bisa dicampurkan dengan bubuk kenari agar lebih efektif. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini kemudian oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Penggunaan bahan alami tersebut jika dilakukan secara rutin, tentu akan memiliki khasiat yang optimal dalam mengatasi kulit wajah yang kusam.

Hindari Kebiasaan Konsumsi Makanan dan Minuman Tak Sehat ini Agar Wajah Tidak Kusam

Kulit wajah yang kusam tentunya menjadi momok yang menakutkan khususnya bagi wanita. Menjaga asupan makanan merupakan gaya hidup yang perlu diterapkan untuk mengatasinya. Berikut beberapa makanan dan minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena akan menyebabkan kulit kusam.

·         Makanan dengan kadar garam yang tinggi

·         Makanan dengan kadar gula yang tinggi

·         Makanan dengan kadar minyak yang tinggi

·         Minuman beralkohol

·         Minuman bersoda

·         Makanan olahan di kaleng

·         Kopi atau kafein

Untuk memiliki wajah cerah dan glowing Anda bisa memanfaatkan skincare yang dijual di pasaran. Namun perlu diperhatikan, tidak semua skincare bisa Anda gunakan khususnya untuk kulit sensitif. Mengatasi kulit wajah kusam tidak harus menggunakan skincare namun Anda juga bisa menggunakan bahan – bahan yang alami sebagai skincare untuk wajah kusam.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version