Bagi banyak dari kita, menemukan rutinitas skincare paling bagus dan sempurna adalah tujuan hidup. Tetapi dari mana Anda memulai ketika ada begitu banyak produk, bahan-bahan yang rumit, dan waktu yang tidak cukup? Meskipun merombak rejimen Anda bisa terasa berlebihan, semuanya bermuara pada menambahkan beberapa langkah sederhana ke rutinitas skincare harian Anda.

Langkah skincare paling bagus dimulai dengan menentukan jenis kulit Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, Anda dapat mulai membangun rutinitas skincare yang sempurna. Baca terus untuk mengetahui produk inti yang disertakan dan mana yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Langkah-Langkah Rutinitas Skincare Paling Bagus

  1. Cleanser

Pertimbangkan pembersih wajah Anda sebagai langkah terpenting dalam rutinitas skincare Anda. Yang bagus akan menghilangkan riasan, minyak berlebih, keringat, dan sel kulit mati untuk menciptakan lapisan yang bersih untuk mengaplikasikan sisa produk Anda. Sebaiknya cuci muka (jangan lupa leher dan décolletage) dua kali sehari: pagi dan sore. Jika Anda menyukai perasaan segar dan tampilan cerah dari wajah yang baru dicuci, double cleansing dapat memberikan kepuasan dua kali lipat dan hasil yang lebih baik.

  • Kulit kering: Pilih oil cleanser atau lotion cleanser.
  • Kulit berminyak: Pilih gel cleansing. (Tekstur kulit berminyak dapat dibersihkan tiga kali sehari.)
  • Kulit kombinasi: Gunakan cleansing gel.
  • Kulit sensitif: Ambil lotion cleansing yang lembut dan bebas sulfat.
  • Kulit aging: Cobalah oil cleanser atau lotion cleansing.
  1. Toner
Panduan skincare paling bagus untuk semua jenis kulit 4

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa fungsi toner wajah? Pikirkan toner Anda sebagai langkah kedua untuk membersihkan kulit Anda dari kotoran. Ini juga memberikan penyerapan yang lebih baik untuk semua hal menyenangkan seperti serum dan pelembab yang datang kemudian dalam rutinitas Anda.

Toner adalah cairan ringan seperti air yang memberikan manfaat perawatan kulit yang kuat, baik Anda menginginkan hidrasi ekstra atau kulit yang lebih halus. Anda dapat memercikkan sedikit ke telapak tangan dan menepuknya ke wajah Anda atau mengoleskannya langsung ke kapas dan usap ke kulit. Oleskan cairan ke luar, ke seluruh wajah Anda. Oleskan toner Anda pagi dan malam setelah pembersihan.

  • Kulit kering: Pilih toner untuk menyeimbangkan kembali tingkat pH kulit dan mengembalikan kelembapan.
  • Kulit berminyak: Carilah toner bebas alkohol.
  • Kulit kombinasi: Toner yang sederhana dan seimbang sangat bagus untuk kulit kombinasi.
  • Kulit sensitif: Pilih toner bebas alkohol dengan bahan anti-inflamasi seperti teh hijau, chamomile, dan air mawar.
  • Kulit aging: Toner dengan AHA atau vitamin C membantu mencerahkan kulit dewasa dengan lembut.
  1. Serum

Serum mungkin tampak rumit, tetapi begitu Anda memahami konsepnya, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan rutinitas skincare paling bagus Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Sederhananya, serum terbuat dari molekul yang dirancang untuk mengirimkan bahan-bahan kuat langsung ke kulit Anda. Serum terbaik dapat menjalankan keseluruhan dari yang diperkaya vitamin (pikirkan serum vitamin C untuk kulit yang lebih cerah) hingga retinol (membantu mengurangi tanda-tanda penuaan), AHA/BHA untuk exfoliation dan kulit lebih halus atau asam hialuronat untuk montok.

Serum wajah dirancang sebegai skincare paling bagus untuk digunakan setelah cleansing dan toner, sebelum pelembab. Serum hari ini menawarkan begitu banyak variasi sehingga Anda dapat memilih satu (atau dua atau tiga) untuk siang dan satu lagi untuk malam.

  • Kulit kering: Pagi: Pilih serum antioksidan (vitamin E, A dan C) untuk membantu mencegah kerusakan kolagen. Malam: Ambil serum retinol.
  • Kulit berminyak: Pagi: Carilah jenis asam yang memerangi pori-pori besar dan mencerahkan bintik-bintik kusam. Malam: Persediaan pada serum retinol.
  • Kulit kombinasi: Pagi: Pilih serum AHA/BHA untuk mengatasi pori-pori besar dan mencerahkan bintik-bintik kusam. Malam: Jadikan serum retinol pilihan Anda.
  • Kulit sensitif: Gunakan serum asam laktat dua kali seminggu lebih ringan untuk kulit sensitif.
  • Kulit aging: Pagi: Fokus pada serum antioksidan (vitamin E, A dan C) untuk membantu mencegah kerusakan kolagen. Malam: Coba serum retinol.
  1. Pelembab
Panduan skincare paling bagus untuk semua jenis kulit 5

Pelembab adalah komponen yang menenangkan dan bergizi dari rutinitas skincare paling bagus Anda. Pelembab wajah yang baik akan menjebak dan menyegel kelembaban, melindungi penghalang alami kulit dan mencegah kehilangan air sehingga kulit tetap lembut, halus dan montok.

Setelah membersihkan, mengencangkan dan mengaplikasikan serum, ada baiknya menggunakan pelembab siang dan malam. Sedikit berjalan jauh. Hangatkan seukuran kacang polong di telapak tangan Anda, lalu gunakan gerakan melingkar untuk mengoleskannya di pipi dan sapuan ke atas di sepanjang dahi dan dagu. Satu tip pro untuk setiap jenis kulit: selalu pilih pelembab dengan SPF bawaan di siang hari.

  • Kulit kering: Pagi: Pilih pelembab ringan dengan SPF. Malam: Gunakan pelembab yang menghidrasi.
  • Kulit berminyak: Pagi: Pilih sunscreen zinc oxide. Pagi / Malam: Ambil pelembab bebas minyak.
  • Kulit kombinasi: Pagi: Pilih sunscreen seng oksida. Pagi/Malam: Pilih pelembab yang ringan.
  • Kulit sensitif: Pagi: Oleskan sunscreen dengan seng oksida. Pagi/Malam: Oleskan pelembab bebas pewangi.
  • Kulit aging: Pagi: Pilih pelembab gel ringan dengan SPF. Malam: Oleskan pelembab yang menghidrasi.
  1. Krim Mata
Panduan skincare paling bagus untuk semua jenis kulit 6

Jangan lupakan mata Anda! Mata berhak mendapatkan perhatian yang sama dengan wajah Anda yang lain dalam hal skincare. Krim mata adalah langkah ekstra yang bagus dalam rutinitas skincare Anda, terutama jika Anda memiliki masalah khusus, seperti kerutan atau lingkaran hitam. Yang terbaik adalah memilih krim mata Anda berdasarkan kekhawatiran apa pun yang mungkin Anda miliki.

  • Untuk kerutan: Carilah krim mata anti penuaan dengan bahan-bahan seperti retinol, yang dapat memulihkan sel-sel kulit untuk tampilan yang cerah dan diperbarui.
  • Untuk lingkaran hitam: Pilih krim mata yang diformulasikan untuk mengurangi lingkaran hitam. Salah satu bahan hebat yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam adalah asam hialuronat, yang menambah kekenyalan dan membuat Anda bercahaya.
  • Untuk bengkak: Pilih krim mata yang berfungsi untuk mengurangi kantong, tidak peduli seberapa sedikit tidur yang Anda dapatkan. Krim mata yang mengandung kafein membangunkan kulit dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak. Vitamin C dan E, retinol dan asam hialuronat juga dapat membantu.

Langkah Bonus Rutinitas Skincare Paling Bagus: Masker

Masker wajah adalah ceri di atas setiap rutinitas skincare paling bagus. Mereka dapat memberi Anda dorongan ekstra, apakah Anda ingin menghidrasi, mengurangi sifat berminyak, atau mendetoksifikasi kulit.

Bagian terbaik tentang masker adalah Anda benar-benar dapat menggunakannya kapan pun Anda mau. Anda dapat memasukkannya ke dalam rutinitas Anda atau memasukkannya saat Anda ingin menikmati hari spa yang menenangkan di rumah. Pilih dari masker lembaran, masker semalaman atau masker tanah liat/lumpur, setiap jenis memberikan pengalaman dan manfaat yang sama sekali berbeda.

Apa Jenis Kulit Anda?

Langkah skincare paling bagus dimulai dengan menentukan jenis kulit Anda. Berikut cara menentukan kulit Anda:

  • Kulit kering: Apakah kulit Anda terasa kencang di siang hari atau setelah dibersihkan? Jika demikian, dan jika Anda juga rentan terhadap pengelupasan, kemerahan, dan kerutan halus, Anda mungkin memiliki kulit kering. Cari produk yang sangat menghidrasi untuk nutrisinya.
  • Kulit berminyak: Jika Anda pernah mengalami kulit berminyak, pori-pori lebih besar, komedo dan noda berlebih, Anda mungkin memiliki kulit berminyak, yang disebabkan oleh kelebihan sebum. Untungnya, Anda dapat membantu mengontrol minyak berlebih dengan produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.
  • Kulit kombinasi: Jika Anda memiliki pori-pori berukuran sedang dengan beberapa bagian yang kering dan bagian lain yang terasa berminyak, Anda mungkin memiliki jenis kulit kombinasi dan harus mencari produk yang menyeimbangkan kulit Anda dan membuatnya tetap sehat.
  • Kulit sensitif: Jika kulit Anda memiliki pori-pori yang lebih halus dan mudah teriritasi oleh produk, Anda mungkin memiliki kulit sensitif. Cari bahan yang mencegah kemerahan dan menenangkan dalam rutinitas skincare paling bagus Anda. 

Kulit aging: Kita semua menua, tetapi jika tujuan utama Anda adalah menghilangkan kerutan, menghilangkan bintik hitam, dan mengangkat kulit, Anda bisa masuk dalam kategori kulit yang menua. Carilah pilihan yang memerangi tanda-tanda penuaan alami untuk kulit yang sehat dan indah.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version