Selama hamil penting untuk memerhatikan persentase dalam setiap product perawatan kulit. Karena, ibu hamil umumnya mempunyai kulit yang lebih sensitif. Ketika hamil, hal yang wajar bagi perempuan bila muncul jerawat dan suasana kulit lainnya yang sering membuat kehamilan menjadi terganggu yang diakibatkan dari perubahan hormon dalam tubuh yang disebabkan munculnya permasalahan pada kulit perempuan. Maka dari itu, mamacantik memiliki rekomendasi skincare untuk ibu hamil yang aman digunakan.

Sebagai calon mama juga harus lebih berhati-hati tentang apa yang diaplikasikan pada kulit. Karena product-product yang mempunyai bahan ampuh untuk menghilangkan jerawat seperti retinoid atau retinol, hidrokuinon, benzoil peroksida, dan asam salisilat, justru tidak kondusif jika digunakan selama kehamilan. Untuk itu, ada beberapa rekomendasi skincare untuk ibu hamil aman ketika digunakan pada masa kehamilan.

10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil Aman Digunakan

Tapi, jangan khawatir, ya! Karena ada banyak skincare yang kondusif untuk diaplikasikan pada kulit saat kehamilan. Berikut kami sudah merangkumnya di dalam 10 rekomendasi skincare yang kondusif untuk ibu hamil.

1. Bio Oil

Skincare Bio Oil merupakan minyak multifungsi yang mudah ditemukan di toko-toko kecantikan manapun. Bio Oil digunakan untuk menghidrasi wajah dan menghilangkan noda-noda hitam hiperpigmentasi implikasi bekas jerawat. Selain digunakan untuk wajah, Bio Oil juga dapat membantu menahan atau menghilangkan stretch mark dan membantu menghilangkan bekas luka pada tubuh.

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Jarang menjadi perhatian, ternyata dengan memilih sabun cuci muka juga penting selama masa kehamilan. Kamu dapat mencoba product dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser dua kali dalam sehari. Cetaphil merupakan sabun yang ringan, tidak memiliki kandungan parfum, dan uniknya tidak memiliki kandungan sabun yang dapat membuat pori-pori tersumbat. Menggunakan sabun yang kandungannya keras, cenderung dapat mengiritasi kulit dan pemakaian yang hiperbola lebih rentan menghasilkan jerawat selama kehamilan.

3. Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum

Rekomendasi skincare untuk ibu hamil

Selama kehamilan, banyak perempuan yang terganggu implikasi memburuknya hiperpigmentasi pada wajah mereka. Walaupun tergoda untuk menggunakan skincare dengan bahan seperti hidrokuinon untuk menghilangkan pigmentasi, sangat disarankan untuk tidak menggunakannya.

Sebaiknya, cari serum yang dapat membuat kulit menjadi cerah seperti Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum yang punya persentase Vitamin C dan ekstrak buah yang dapat membantu untuk memudarkan noda-noda hitam pada wajah dengan lembut.

4. Elta MD UV Clear SPF 46

Menggunakan sunscreen secara rutin dapat membantu untuk dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh sinar UV. Menggunakan sunscreenyang memiliki kandungan zinc oxide dengan titanium dioksida adalah cara terbaik untuk menghindari hiperpigmentasi yang dipicu oleh kehamilan.

Sunscreen  yang berbahan dasar mineral juga lebih mudah pada kulit ibu hamil yang cenderung lebih sensitif. Formula ringan dan bebas minyak dari Elta MD UV Clear SPF 46 dapat menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan sisa pada pori-pori wajah. Dan juga, mempunyai kandungan niacinamide yang kondusif untuk kehamilan, yang sebenarnya dapat digunakan untuk dapat mengurangi perubahan warna pada wajah dan kemerahan.

5. Mama’S Choice Gentle Face Wash

Sesuai dengan namanya, product ini diformulasikan khusus untuk Mama yang sedag hamil dan menyusui. Product pembersih wajah ini tidak punya kandungan parfum, paraben, dan alkohol agar kondusif digunakan selama masa kehamilan.  Mama’S choice gentle face wash punya kandungan ekstrak beras dan hydrolyzed collagen yang bisa melembutkan dan juga mencerahkan wajah mama. Harganya pun cukup terjangkau yakni Rp 110.000 untuk kemasan 100 ml.

6. Mario Badescu Drying Cream

Zat-Zat yang  ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah asam salisilat dan benzoil peroksida, yang justru dapat berbahaya jika dipakai secara terus menerus selama masa kehamilan. Salah satu product perawatan alternatif paling efektif yang kondusif digunakan selama kehamilan adalah Mario Badescu Drying Cream.

Sebagai perawatan yang digunakan pada malam hari, kadar sulfur koloid pada product ini dapat menghilangkan jerawat dan mengeringkannya dengan cepat. Tetapi, meski tergolong kondusif untuk ibu hamil, sayangnya Mario Badescu Drying Cream ini miliki bau yang menyengat agar kurang nyaman digunakan jika hidung sensitif selama kehamilan.

7. Neutrogena Hydro Boost Gel-Cream

Rekomendasi skincare untuk ibu hamil

Jika Mama sedang mencari pelembap untuk wajah, lebih baik menggunakan product yang memiliki kandungan asam hialuronat yang dapat menghidrasi dan mampu membantu untuk memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Asam hialuronat adalah zat alami yang ditemukan dalam tubuh. Krim gel dari Neutrogena adalah pelembap yang terjangkau dan juga dapat melembapkan dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

Tetapi, sebelum menggunakan pelembap, menyimak kadar asam lain seperti asam alfa hidroksi atau AHA dan asam beta hidroksi atau Bha. Penggunaan skincare dengan kadar ini harus dihindari atau digunakan sesuai dengan kandungan yang disetujui oleh dokter.

8. Sensatia Botanicals Rejuvenating

Sensatia Botanicals adalah product yang berasal dari Bali. Saat ini semakin banyak product skincare lokal yang kualitasnya bisa bersaing dengan product skincare produksi luar negeri. Salah satu yang kondusif digunakan untuk ibu hamil adalah Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil. Sesuai dengan namanya, product pembersih yang satu ini memiliki kandungan delima yang kaya vitamin E. Sudah sejak lama vitamin E terbukti bisa mempertahankan kesehatan kulit.

Product skincare ini mempunyai kandungan bahan-bahan alami, product tidak di test pada binatang, tidak memiliki kandungan paraben dan phthalate, dan udah punyai sertifikasi halal dari MUI. Sebelum membeli product Sensatia Botanicals, Mama sebaiknya memastikan ada logo pregnancy safe di kemasannya.

9. Skin Dewi

Satu lagi skincare lokal yang kondusif untuk ibu hamil. Skin Dewi yang terbuat dari bahan natural dan organik. Skincare yang satu ini identik dengan pemanfaatan rempah-rempah khas Indonesia sebagai bahan utamanya. Skin Dewi memiliki rangkaian skincare untuk perawatan wajah sampai perawatan tubuh. Semuanya terbuat dari bahan alami yang kondusif untuk ibu hamil dan menyusui.

10. The Ordinary Azelaic Suspension 10Prosen

Biasanya, perempuan menggunakan retinoid, retinol, dan asam salisilat untuk menghilangkan jerawat maupun garis-garis halus dengan mengganti sel-sel kulit, sayangnya bahan itu tidak kondusif digunakan selama kehamilan.

Untuk mengganti bahan itu, beberapa pakar merekomendasikan pemanfaatan asam azelaic yang juga digunakan untuk mengobati jerawat kemerahan atau rosacea, yang bekerja dengan membunuh bakteri yang ditemukan pada pori-pori wajah. Azelaic dapat ditemukan di dalam krim dari The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10 Persen.

Baca Juga: 12 Pilihan Tepat Skincare Untuk Ibu Hamil

Asam azelaic membantu menghilangkan kemerahan, jerawat, dan juga kurangi produksi pigmen agar dapat membantu menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat. Selain itu asam azelaic dapat mencerahkan wajah dan membuatnya menjadi lebih halus.

Demikianlah, beberapa ulasan yang membahas tentang rekomendasi skincare untuk ibu hamil dengan ulasan diatas semoga dapat membantu dalam memilih skincare terbaik bagi ibu hamil.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version