Skincare Untuk Kulit Kering

Rutinitas Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Mencari tahu rutinitas skincare untuk kulit kombinasi yang terbaik bisa terasa seperti Anda sedang di putar-putar. Apa yang terjadi ketika kulit Anda adalah jenis kulit yang berminyak dan kering?

Tidak perlu khawatir. Ini mungkin tidak mudah, tetapi pasti mungkin untuk menemukan rutinitas yang melembutkan kulit kering Anda dan mendapatkan kulit yang glowing. Tidak masalah berapa persen kulit Anda berminyak dan kering, atau jika tambalan kering dan berminyak Anda tidak berada di area yang paling umum pendekatannya tetap sama.

Tips Rutinitas Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Apa bedanya dengan rutinitas untuk jenis kulit lainnya?

Ada baiknya untuk berpikir konservatif saat menentukan rutinitas skincare untuk kulit kombinasi Anda.

Pilih produk lembut yang dapat melembabkan area kering tanpa membuat lebih banyak minyak. Dan hanya menerapkan perawatan ke area yang dibutuhkan untuk masalah tertentu.

Skincare Rutin Di Pagi Hari

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Skincare Pagi

Gunakan produk di bawah ini untuk membantu Anda menciptakan kulit yang lebih seimbang.

  1. Pembersih. Penting untuk menghilangkan penumpukan kotoran yang terjadi dalam semalam.
  2. Toner. Toner menghilangkan minyak yang tidak dimiliki pembersih Anda dan menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda. Pastikan untuk mengambil toner bebas alkohol.
  3. Serum. Serum, atau perawatan, menghidrasi dan melindungi kulit Anda. Yang terbaik adalah memilih serum dengan asam hialuronat.
  4. Pelembab. Dengan kulit kombinasi, Anda akan menginginkan dua pelembab. Untuk area kering, pilih formula krim. Untuk kulit yang berminyak, pilih formula berbahan dasar air yang ringan.
  5. Tabir surya. Pilih formula ringan dengan setidaknya SPF 30.
  6. Dandan. Jika diinginkan, gunakan produk yang ringan. Foundation dan concealer harus memiliki formula bebas minyak.

Skincare Rutin Di Malam Hari

Di malam hari, coba lakukan skincare rutin yang saya tulis dibawah ini:

  1. Hapus riasan. Jika Anda memakai riasan, bersihkan riasan membantu menjaga pori-pori tidak tersumbat dan memberi kulit Anda kesempatan untuk bernapas. Dojako Skincare adalah salah satu produk yang paling lembut digunakan untuk proses ini.
  2. Pembersih. Pembersih malam hari harus menghilangkan sisa-sisa riasan dan penumpukan alami.
  3. Eksfoliasi. Sekali seminggu, pengelupasan kulit sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati, yang menjaga pori-pori tetap bersih dan mengurangi area kering.
  4. Masker wajah. Sekali seminggu, cobalah multi-masking, yaitu saat Anda mengoleskan masker yang berbeda ke area wajah yang berbeda.
  5. Serum, perawatan, atau pelembab. Malam hari adalah untuk produk yang lebih kuat, jadi pilihlah pelembab yang kaya akan emolien untuk area kering.

Untuk jerawat

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Kulit Berjerawat
  1. Gunakan pembersih yang mengandung asam salisilat.
  2. Lakukan pembersihan ganda di malam hari jika Anda menggunakan riasan.
  3. Gunakan toner untuk menghilangkan minyak berlebih dan membantu melawan komedo dan noda.

Untuk anti penuaan

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Anti Penuaan

Saat membuat rutinitas perawatan kulit untuk kulit yang tampak lebih dewasa, Anda pasti ingin menyamarkan garis-garis halus, menghilangkan bintik hitam, dan mengangkat kulit yang kendur. Beberapa tipsnya yaitu:

  • Jangan lupakan leher Anda saat membersihkan, merawat, dan menggunakan tabir surya.
  • Pilih exfoliant yang lebih lembut, karena kulit Anda mungkin lebih sensitif.

Untuk kulit Kering

Hidrat, hidrat, hidrat. Minum banyak air dan menggunakan pelembab super-hydrating pada patch kering akan membantu menghidrasi kulit.

Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi Terbaik

Ada produk skincare yang tidak ada habisnya yang menjanjikan setiap manfaat di bawah sinar matahari. Tetapi menemukan yang tepat untuk jenis kulit Anda adalah penting.

Kami menyarankan untuk menghindari produk yang tumpang tindih (atau melakukan hal yang sama), seperti mengoleskan asam dan retinoid pada kulit secara bersamaan. Ini akan membuat kulit Anda berubah dari kombo menjadi kering.

Namun, tetap gunakan tabir surya dan antioksidan secara bersamaan.

Dengan kulit kombinasi, Anda dapat memisahkan rutinitas siang dan malam. Ingat: Anda tidak harus menerapkan semuanya di mana-mana atau setiap saat.

Misalnya, jika zona-T Anda berminyak dan bagian wajah lainnya kering, oleskan asam hanya pada zona-T dan hanya pada malam hari.

Kami juga menyarankan beberapa jenis produk tertentu yang aman dan cocok untuk rutinitas skincare kulit kombinasi.

Beberapa bahan yang perlu dipertimbangkan:

  • Asam hialuronat sangat ideal untuk wajah Anda, karena menghidrasi kulit Anda tanpa rasa berminyak yang dapat memperburuk sifat berminyak.
  • Asam salisilat memiliki khasiat untuk mentreatment produksi minyak dan berkhasiat menjaga pori-pori agar tidak tersumbat.
  • Asam laktat berfungsi sebagai exfoliant ringan yang berguna untuk mengangkat sel kulit yang mati dari kulit kering serta membersihkan pori-pori dengan sangat lembut.
  • Emolien adalah hal-hal seperti shea butter dan minyak kelapa yang melembutkan kulit kering.
  • Antioksidan melindungi Anda dari kerusakan lingkungan. Produk dengan kandungan Vitamin C yang tinggi direkomendasikan dipilih untuk menjaga kesehatan secara umum.

Apa itu kulit kombinasi?

Kulit kombinasi adalah normal, sama seperti jenis kulit lainnya.

Perbedaannya adalah kulit kombinasi di kulit yang satu kering tapi ditempat lainnya berminyak. Misalnya, “Biasanya zona-T berminyak dan pipi kering.”

Apa yang menyebabkannya?

Tidak ada yang menyebabkan kulit kombinasi itu sendiri (ini sudah ditentukan sebelumnya secara genetik), tetapi dapat berubah dengan perubahan hormonal dan musim.

Terkadang, seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih kering dan kurang berminyak karena bereaksi terhadap perubahan hormonal. Faktor lain yang didorong oleh hormon yang dapat menyebabkan perubahan pada kulit adalah menstruasi dan kontrasepsi. Jadi sebelum Anda menua lebih Anda segera menemukan rutinitas skincare kulit kombinasi yang cocok untuk Anda.

Apa saja tanda-tandanya?

Tanda – tandanya tidak cukup pasti dan jelas, kemunculannya bisa dengan cara yang berbeda – beda. Kuantitasnya pun tidak sama satu sama lainnya.

Tidak ada aturan pasti dan cepat tentang bagaimana tampilan dan rasanya, dan kulit Anda tidak akan persis 5 persen kering dan 50 persen berminyak sepanjang waktu.

Anda harus memperhatikan untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kulit kombinasi Anda muncul dengan sendirinya.

Tanda-tanda kulit berminyak antara lain:

  • kulit mengkilap
  • pori-pori tampak lebih besar
  • jerawat

Tanda-tanda kulit kering antara lain:

  • mengelupas
  • kemerahan
  • perasaan sesak atau kasar

Apa yang tidak boleh dilakukan untuk kulit kombinasi

Jangan lewatkan pelembab

Setiap jenis kulit membutuhkan kelembaban. Namun, yang terbaik adalah menemukan formula untuk jenis kulit Anda. Anda mungkin ingin menggunakan pelembab secukupnya pada area berminyak dan mengoleskannya lebih banyak ke area kering.

Jangan lupa eksfoliasi

Kulit yang sehat memiliki sel-sel kulit mati yang diangkat melalui pengelupasan kulit. Gunakan exfoliant lembut seminggu sekali.

Jika area kering Anda menyebabkan masalah sensitivitas, Anda dapat melakukan eksfoliasi hanya di area yang dibutuhkan.

Jangan terjebak dalam satu rutinitas atau putus asa

Kulit kombinasi bisa berubah!

Pastikan rutinitas Anda mengikuti perubahan kulit Anda. Ganti produk Anda dan rejimen yang sesuai.

Kesimpulan

Ketika berbicara tentang kulit kombinasi, menemukan rutinitas skincare untuk kulit kombinasi yang tepat bisa jadi rumit. Mungkin perlu sedikit waktu untuk menemukan kombinasi yang tepat. Namun, menggunakan produk terbaik di area yang tepat harus menciptakan hasil terbaik untuk kulit Anda. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.