Mempunyai kulit wajah berminyak, sungguh sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, wajah terlihat sangat berkilau. Untuk menangani hal ini, penulis sudah merangkum rekomendasi skincare untuk kulit berminyak! Tetapi sebelumnya, mari kita kenali terlebih dahulu penyebab kulit berminyak.

Ada beragam penyebab wajah berminyak yang bisa terjadi kapan saja. Beberapa di antaranya memang nampak mustahil untuk dicegah.  Oleh karena itu, penting untuk memahami apa saja penyebab muka berminyak.  Adapun bermacam penyebab wajah berminyak adalah sebagai berikut:

Skincare untuk Kulit Berminyak Aman dan Mudah Ditemukan

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab wajah berminyak yang umum terjadi adalah akibat faktor genetic, atau turunan dari keluarga.  Jadi, apabila salah satu pihak orangtua memiliki muka berminyak, anaknya pun barangkali mempunyai jenis kulit sama.

2. Faktor usia

Kulit berminyak cenderung memuncak di usia remaja dan dewasa. Apalagi, kelenjar sebasea saat itu bisa memproduksi sebum mencapai 500 Persen, ketika seseorang memasuki masa pubertas.  Tapi, sejalan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein pada kulit, termasuk kolagen. Akibatnya, produksi sebum akan menurun sehingga kulit akan terasa lebih kering. Tak ayal bila tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus, akan mulai bermunculan.

3. Pori-Pori wajah membesar

Pori-pori wajah membesar

Pori-Pori wajah besar juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Hal ini karena apada wajah berminyak, kelenjar sebasea akan menghasilkan sebum atau minyak alami yang lebih banyak. Pori-Pori wajah bisa membesar akibat pertambahan usia, perubahan berat badan, maupun ketidakcocokan kulit pada pemanfaatan product perawatan kulit.

4. Perubahan cuaca atau iklim

Seseorang yang tinggal atau sedang berada di lokasi yang cuaca atau iklimnya panas, dengan kelembapan udara yang tinggi, berisiko untuk memiliki kulit semakin berminyak. Hal itu terjadi, karena kulit juga cenderung mengkilap pada saat musim panas.

5. Ketidakseimbangan hormon

Hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan, sehingga menjadi penyebab wajah berminyak. Kondisi ini biasanya muncul, karena menstruasi, kehamilan, menopause, pemanfaatan alat kontrasepsi, dan beragam faktor lainnya.

6. Melewatkan pemanfaatan pelembap

Pemilik kulit berminyak seringkali menganggap bahwa pemanfaatan moisturizer bisa menyebabkan kulit wajah berminyak. Padahal, moisturizer untuk kulit berminyak benar-benar penting mempertahankan kelembapan kulit, agar terus terhidrasi dengan baik.

7. Membersihkan atau mengeksfoliasi wajah berlebihan

Exfoliate

Mencuci muka dan mengeksfoliasi wajah merupakan rangkaian perawatan kulit, yang tak kalah penting bagi pemilik kulit berminyak. Tetapi, jika mencuci muka dikerjakan terlalu sering, kelenjar sebasea justru meresponsnya sebagai sebuah kondisi darurat.

Akibatnya, sebum atau minyak alami terhadap kulit akan diproduksi lebih tak terhitung. Layaknya yang udah lumrah berlangsung, kulit berminya Tak hanyalah mengganggu penampilan, suasana wajah berminyak ini juga mampu menimbulkan kasus lainnya yang lebih mengganggu. Sampai sanggup sebabkan kulit tampak kusam, pori-pori tersumbat, menumpuknya komedo, hingga bersama jerawat.

Pasti hal demikian akan menjadi lebih mengesalkan kecuali bukan langsung diatasi dan dibiarkan begitu saja, kan? Situasi layaknya ini sebaiknya ditangani bersama rangkaian skincare untuk kulit berminyak.

Nah, jika kamu mempunyai kondisi wajah berminyak dan belum menemukan product skincare untuk kulit berminyak paling baik yang cocok, simak rekomendasi berikut.

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Skincare untuk kulit berminyak yang pertama adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Product ini merupakan pembersih wajah yang aman untuk tiap-tiap jenis kulit, mulai dari jenis kulit normal sampai sensitif. Product ini mempunyai takaran sodium laureth sulfate (Sls) yang benar-benar minim, sehingga punyai takaran ph yang seimbang untuk kulit.

Pembersih wajah ini tidak menyumbat pori-pori kulit, dan tidak membuat kulit wajah kering, jadi meminimalisir timbulnya jerawat mengganggu.

Product dan Harga

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser 125 ml: Rp38.000
  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250ml: Rp89.000
  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500 ml: Rp150.000
  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500 ml: Rp250.000

2. Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin

skincare untuk kulit berminyak yang kedua adalah Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin. Product ini merupakan salah satu rekomendasi skincare terbaik untuk menangani kulit wajah berminyak, dikarenakan memang kandungannya diformulasikan khusus untuk menangani kondisi seperti itu. Bukan hanya diperuntukkan sebagai pembersih wajah, product ini juga bisa digunakan untuk menghapus make up. Mulai dari foundation, bedak, eye shadow, sampai eye liner.

Product dan Harga: Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin Rp77.600

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Kalau kamu sedang mencari toner terbaik untuk mengatasi kulit berminyak, produk ini layak kamu jadikan pertimbangan. Produk ini mengandung AHA, BHA, PHA, niacinamide, tea tree 2%, raspberry, witch hazel, serta aloe vera yang juga bisa bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Kandungan tersebut berperan efektif sebagai eksfoliasi kulit untuk mengangkat kotoran dari wajah.

Produk Harga: Avoskin Miraculous Refining Toner Rp169.000

Baca juga : Toner untuk kulit berminyak

4. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Skincare untuk kulit berminyak yang berikutnya adalah The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Produk yang satu ini sangat populer di Indonesia, terlebih setelah banyak beauty influencer yang turut merekomendasikan produk ini sebagai serum untuk mengatasi kulit berminyak. Serum ini juga efektif untuk mencerahkan kulit kusam, memudarkan bekas jerawat, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit.

Produk Harga: The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Rp185.000

5. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Salah satu produk skincare terbaik untuk mengatasi kulit berminyak adalah produk yang berbentuk gel, karena teksturnya ringan di wajah. Nature Republic Aloe Vera Gel ini merupakan salah satu produk terlaris dan banyak digunakan oleh beauty influencer.

Produk Harga: Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel Rp 98.000

6. Secret Key Starting Treatment Essence

Skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah Secret Key Starting Treatment Essence. Produk ini merupakan skincare jenis essence yang sangat berguna untuk menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit. Kandungan galactomyces yang terdapat pada produk ini diklaim efektif untuk meningkatkan pertahanan serta menjaga keseimbangan kulit.

Produk Harga: Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel Rp195.000

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin juga mengeluarkan produk jenis essence dengan tekstur cair yang mudah diserap oleh wajah. Skincare untuk kulit berminyak ini sangat nyaman digunakan di wajah karena tekstur dan aromanya sangat menenangkan.

Produk Harga: Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence Rp90.000

8. Derma Angel Acne Care Intensive Gel

Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak dan rentan berjerawat, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, produk ini memang ditujukan untuk memberikan perawatan intensif pada kulit berjerawat akibat produksi minyak berlebih.

Produk Harga: Derma Angel Acne Cara Intensive Gel Rp99.000

9. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Mengatasi kulit berminyak tak cukup dengan ritual skincare harian saja, tapi juga harus disempurnakan dengan ritual skincare mingguan. Produk ini merupakan masker wajah yang efektif digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah serta mengempiskan jerawat.

Produk Harga: Derma Angel Acne Cara Intensive Gel Rp142.000

10. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Merek Innisfree merupakan salah satu merek skincare Korea terbaik yang tinggi peminat. Melalui produk ini, Innisfree menghadirkan sebuah masker wajah yang mampu mengatasi minyak berlebih hingga mengecilkan pori-pori. Masker wajah ini juga merupakan skincare Korea untuk kulit berminya terbaik yang mudah dijumpai di pasaran.

Produk Harga: Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x Rp190.000

Dan itulah rekomendasi skincare untuk kulit berminyak. Semoga informasinya bermanfaat, dan bisa membantu untuk menjadi solusi permasalahanmu. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version