Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit wajah yang memiliki dua atau lebih karakteristik berbeda seperti kulit normal pada bagian wajah tertentu namun sebagian lagi sangat sensitif. Perawatan tentu membutuhkan perlakuan ekstra, salah satunya adalah menggunakan skincare untuk kulit kombinasi.

Memilih skincare jenis ini tidaklah mudah seperti memilih skincare pada umumnya, karena perlu kehati – hatian agar penggunaan satu jenis skincare tidak membuat iritasi atau alergi pada bagian kulit wajah yang lainnya. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena diera modern ini, kami merekomendasikan produk skincare untuk kulit wajah kombinasi yang aman dan tanpa efek samping, Dojako Skincare solusinya.

Tips Bijak Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Skincare untuk kulit kombinasi banyak dijual di outlet kosmetik maupun toko online. Untuk memilih dan menggunakannya, pastikan Anda mengetahui apa fungsi dan manfaatnya karakteristik skincare tersebut sehingga penggunaannya tidak memberikan iritasi atau alergi pada wajah dengan karakteristik kulit kombinasi.

Berikut kami bagikan beberapa tips bijak untuk memilih skincare wajah yang cocok untuk karakteristik kulit kombinasi, antara lain sebagai berikut.

1.      Untuk skincare jenis facial wash, pilih yang water based

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Facial Wash

Water based pada skincare facial wash memiliki fungsi menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan berbagai hal yang tidak diinginkan lainnya tanpa menimbulkan efek lain pada sebagian kulit lainnya. Skincare untuk mencuci wajah ini diformulasikan dengan benar dapat membuat kulit prima dan terjaga kesehatannya.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi sangat dianjurkan untuk menggunakan facial wash yang water-based. Skincare pembersih muka dengan  water-based kaya akan konsentrasi air tinggi sehingga dapat membantu membersihkan kulit secara sehat.

2.      Pilih skincare dengan label non comedogenic dan bebas minyak

Skincare non comedogenic dan bebas minyak tidak akan memberikan efek pada kulit kombinasi seperti alergi dan iritasi. Skincare dengan tipe ini dianjurkan untuk Anda yang memiliki karakteristik kulit kombinasi.

Skincare dengan label noncomedogenic cenderung memiliki tekstur dan kandungan yang ringan sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat. Penggunaan skincare dengan kandungan bebas minyak juga dapat mencegah pembentukan jerawat di area kulit berminyak, sehingga produk kecantikan ini direkomendasikan untuk kulit kombinasi.

3.      Pilih skincare dengan kandungan bebas alkohol

Alkohol tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa merusak organ tubuh. Kandungan ini juga tentu sangat dilarang untuk diaplikasikan pada kulit wajah, khususnya Anda yang memiliki kulit sensitif.

Untuk penggunaan skincare,, bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi hindari penggunaan skincare beralkohol karena akan merusak keseimbangan ph. Skincare dengan kandungan alkohol pada perpaduan kulit kering dan berminyak dapat membuat kulit wajah semakin kering dan merangsang produksi kelenjar minyak secara berlebihan.

4.      Untuk skincare masker gunakan yang mengandung clay

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Clay Mask

Masker clay atau tanah liat ini efektif mencerahkan kulit dan tentunya aman untuk berbagai jenis kulit. Skincare dengan kandungan tanah liat ini mengandung berbagai macam mineral, seperti zat besi, sodium, kalsium, kalium, dan magnesium.

Masker tanah liat ini efektif dalam mengecilkan pori – pori sekaligus merawat kulit berminyak. Penggunaan skincare masker clay atau tanah liat ini dianjurkan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi karena dapat membantu membersihkan pori-pori secara efektif serta menyerap produksi minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit iritasi.

5.      Pilih skincare yang memiliki komposisi bahan aktif

Bahan aktif dalam skincare antara lain vitamin C, vitamin A, asam laktat, green tea dan Asam hyaluronat. Kandungan bahan aktif ini efektif memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah.

Direkomendasikan untuk jenis kulit kombinasi tanpa menimbulkan efek negatif pada kulit Anda. Kandungan bahan aktif dalam skincare juga mampu menjaga kelembapan, membersihkan kulit dengan optimal, dan keseimbangan minyak di wajah Anda.

6.      Lakukan uji sensitivitas

Jenis kulit sensitif biasanya akan sangat rentan pada kandungan bahan kimia yang ada pada kosmetik. Sebelum memutuskan untuk membeli skincare, pastikan Anda melakukan uji sensitivitas terhadap kulit. Uji sensitivitas ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikannya sedikit pada area kulit tertentu.

Memilih skincare untuk kulit kombinasi membutuhkan ketelitian agar tidak membeli produk dengan bahan dan kandungan yang tidak sesuai dengan salah. Kulit kombinasi memang membutuhkan perawatan skincare yang tepat agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terawat. Anda bisa mencoba beberapa tips di atas untuk menemukan skincare seperti apa yang cocok untuk kulit kombinasi.

Uji Sensitivitas Skincare untuk Kulit Kombinasi

Memilih skincare untuk kulit kombinasi agar tidak salah, Anda bisa melakukan test atau uji sensitivitas skincare tersebut pada kulit. Setiap orang memiliki sensitifitas kulit yang berbeda – beda, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi.

Uji sensitivitas perlu untuk dilakukan agar bisa mengetahui bahwa kulit tidak beraksi terhadap kandungan skincare yang akan digunakan. Untuk melakukannya Anda bisa memanfaatkan tester yang disediakan.

Untuk menguji kepekaan kulit terhadap produk kosmetik, terutama yang berbentuk cream sebaiknya kamu mencobanya terlebih dahulu di area belakang telinga atau dipunggung tangan. Kulit di belakang telinga dan punggung tangan dipilih karena memiliki tekstur yang serupa dengan kulit wajah. Jika terjadi gatal atau merah artinya Anda tidak cocok dengan skincare tersebut.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kombinasi, sangat dianjurkan untuk melakukan test atau uji kombinasi agar tidak memberikan efek buruk pada kulit wajah. Ada banyak hal yang bisa memicu iritasi pada kulit sensitif, salah satunya adalah skincare yang salah.

Skincare Alami untuk Kulit Kombinasi

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, bisa juga mencoba skincare alami dengan menggunakan bahan – bahan alami yang mudah didapat serta dijamin aman. Lalu apa saja skincare alami itu? Berikut ulasannya.

1.      Tanah liat

Seperti yang sudah banyak diketahui, masker tanah liat efektif menyerap dan dapat menghilangkan minyak, racun, dan kontaminan dari kulit sehingga cocok untuk jenis kulit kombinasi.

2.      Putih telur

Mengandung nutrisi yang sangat baik dan ampuh mengatasi penuaan dini khususnya untuk kulit sensitif, mulai dari mengangkat sel kulit mati sampai menyamarkan garis-garis halus.

3.      Pepaya

Skincare Untuk Kulit Kombinasi Pepaya

Buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk kulit sensitif dan kombinasi. Masker pepaya memiliki khasiat menangkal radikal bebas yang dapat membantu kulit Anda tetap halus dan awet muda.

4.      Timun

Masker irisan timun sudah banyak dikenal sebagai skincare yang alami. Memiliki khasiat mengencangkan kulit, masker mentimun ini cocok bagi Anda yang memiliki wajah kombinasi dan cenderung sensitif.

5.      Alpukat

Buah yang satu ini mengandung nutrisi yang efektif untuk membersihkan wajah, melembapkan kulit, mengatasi kulit kering, menenangkan kulit. Untuk menghasilkan efek yang lebih optimal, Anda bisa mencampurkan masker alpukat ini dengan sedikit madu murni untuk menjaga kelembaban.

Selain lima bahan alami di atas, pastinya masih banyak produk – produk rumahan yang mudah didapat dan memiliki efektivitas yang tinggi dalam menyehatkan kulit, khususnya untuk kulit sensitif.

Memilih produk kecantikan khusus untuk kulit wajah kombinasi memerlukan perhatian khusus,karena kulit kombinasi lebih cenderung ke kulit sensitif yang mudah alergi dan iritasi. Skincare untuk kulit sensitif bisa Anda temukan di berbagai outlet skincare. Namun demikian, Anda tentu juga bisa membuat produk skincare dari bahan alami yang mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.