Merawat kulit sensitif tidak semudah seperti melakukannya pada kulit normal. Kulit dengan karakteristik sensitif cenderung lebih mudah terkena alergi dan iritasi. Memilih skincare untuk kulit sensitif perlu diperhatikan dari segi komposisinya sehingga tidak menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, dianjurkan untuk tidak menggunakan produk skincare yang mengandung mineral logam seperti merkuri, karena akan berdampak buruk pada sel dan jaringan kulit wajah. Pastikan Anda memilih dengan cermat dan bijak sebelum membeli dan menggunakan skincare khusus untuk jenis kulit wajah sensitif.

Skincare untuk Kulit Sensitif yang Aman dan Terpercaya

Kulit sensitif memiliki karakteristik mudah bereaksi terhadap zat atau kandungan tertentu dan menyebabkan terjadinya iritasi kulit. Hal ini disebabkan karena lemahnya jaringan kulit dan sel sehingga mudah rusak atau terkontaminasi dengan bahan atau kandungan yang mengenai jaringan kulit.

Perawatan wajah untuk kulit sensitif tidak bisa sembarangan menggunakan skincare atau produk kecantikan. Skincare untuk kulit sensitif dibuat dan diformulasikan khusus dengan bahan alami yang pastinya aman

Ada banyak jenis dan merek skincare yang menawarkan produk kecantikan untuk kulit sensitif, baik import maupun lokal. Skincare dibuat dengan bahan khusus yang tidak menyebabkan alergi dan iritasi tidak banyak dijumpai. Kebanyakan skincare yang menawarkan produk untuk kulit wajah sensitif hanya mengandung vitamin C dan pelembab saja sehingga tidak terlalu efektif.

Dojako hadir sebagai solusi untuk kebutuhan produk kecantikan khusus untuk kulit sensitif. Skincare import dari korea ini mengandalkan bahan yang sudah dipastikan aman dan alami sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Tidak perlu khawatir mengenai kandungan dan bahan yang digunakan untuk produksi skincare, produk Dojako telah mengantongi izin edar dari BPOM sebagai skincare kulit sensitif yang layak guna. Tersedia berbagai macam produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kandungan Alami pada Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Anda Ketahui

Skincare kulit sensitif umumnya dibuat dari bahan yang lebih alami tanpa adanya kandungan kimia. Ada beberapa jenis bahan alami yang banyak ditemukan untuk skincare khusus kulit sensitif, antara lain sebagai berikut.

1.      Centella Asiatica

Centella Asiatica memiliki khasiat dalam melindungi kulit dari paparan polusi, dan zat radikal bebas. Skincare dengan kandungan ini sangat cocok untuk perawatan wajah kulit sensitif. Berkhasiat juga dalam melembabkan, melembutkan dan menenangkan kulit karena terdapat kandungan asam amino, beta karoten dan fitokimia.

2.      Green Tea

Skincare untuk kulit sensitif 4

Skinare dengan kandungan green tea cocok untuk digunakan pada jenis kulit sensitif. Green tea mengandung polifenol yang cukup tinggi. Kandungan ini mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

Green tea dalam produk skincare juga mampu mengntrol kadar minyak pada kulit wajah sehingga sehingga terlihat lebih cerah dan glowing.

3.      Aloe Vera

Skincare untuk kulit sensitif 5

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda bisa menggunakan skincare dengan kandungan aloe vera atau lidah buaya. Skincare wajah jenis ini memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan B12 dari aloe vera. Penggunaan skincare aloe vera secara rutin mampu  menenangkan kemerahan, infeksi, ruam, dan gatal.

Skincare dengan kandungan bahan alami ini juga bersifat anti jamur dan mampu mampu mengobati masalah kulit inflamasi seperti kista dan bisul. Produk ini mudah didapat baik pada skincare lokal maupun import.

4.      Niacinamide

Skincare yang dibuat dari bahan alami niacinamide memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Memiliki fungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak, meregenerasi energi sel, dan mengurangi efek sinar UV dari matahari.

Bahan niacinamide juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan, khususnya untuk kulit sensitif. Penggunaan secara rutin pada kulit sensitif tidak akan menimbulkan alergi maupun iritasi.

5.      Artemisia (Mugwort)

Skincare yang terdiri dari komposisi artemisia efektif sebagai produk kecantikan untuk kulit sensitif. Mempunyai senyawa Vitamin E dan antioksidan lain yang melindungi, menutrisi, dan menghidrasi kulit.

Mugwort mengandung vitamin C yang tinggi serta berbagai vitamin dan mineral sehingga baik digunakan untuk perawatan kulit kulit sensitif.

6.      Ceramide

Skincare untuk kulit sensitif 6

Salah satu skincare yang direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah ceramide. Ceramide adalah kandungan yang efektif untuk kulit dari radikal bebas, polusi, dan bakteri.

Selain berfungsi untuk melembabkan wajah dengan karakteristik sensitif, skincare jenis ini juga mampu mengatasi permasalahan jerawat. Menjadikan kulit lebih lembab karena bisa menahan kadar air pada lapisan kulit, yang mana bisa meredakan dan menenangkan kulit yang sensitif.

7.      Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah kandungan produk kecantikan yang berguna untuk mengikat air dan mempertahankan kadar air pada kulit kita. Bahan ini banyak digunakan sebagai komposisi skincare yang aman untuk kulit sensitif.

8.      Propolis

Kandungan ini bukan hanya baik untuk kulit wajah namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mempunyai sifat antiseptik, antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Skincare dengan kandungan propolis ini mampu mengobati peradangan dan mencegah tumbuhnya bakteri. Sifat antioksidan dalam propolis juga berkhasiat untuk melindungi kulit sensitif dari polusi, sinar UV, dan radikal bebas lainnya.

Bagi Anda dengan kulit wajah sensitif, memilih skincare membutuhkan kehati – hatian agar tidak salah dan memberikan efek buruk pada kulit wajah. Kulit sensitif sangat rentan terhadap bahan asing khususnya yang mengandung kimia dan mineral logam.

Untuk skincare kulit sensitif sebaiknya memilih produk dengan kandungan alami sehingga memiliki efektivitas yang tinggi untuk menyehatkan kulit wajah yang sensitif dan membuatnya glowing maksimal.

Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif

Kulit sensitif mudah sekali mengalami iritasi dan alergi karena reaksi berlebihan yang mungkin disebabkan karena penggunaan kosmetik dan skincare yang tidak cocok. Bagi Anda dengan kulit wajah sensitif, berikut kami bagikan tips merawat kulit wajah sensitif.

1.  Bersihkan wajah secara rutin, sehingga tidak menyisakan kotoran atau debu pada area kulit wajah. Anda perlu membersihkan wajah minimal dua kali sehari dan menggunakan facial wash yang cocok.

2.  Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah, karena pelembab berfungsi untuk menjaga kulit wajah agar tidak kering. Kulit wajah yang lembab cenderung sehat dan bersih. Untuk penggunaan pada wajah sensitif, gunakan pelembab yang memiliki kandungan mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide atau niacinamide.

3.  Selalu gunakan sunscreen pada saat beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen atau tabir surya akan melindungi kulit sensitif dari paparan sinar matahari dan UV.

4.  Gunakan skincare yang khusus untuk kulit sensitif. Jenis skincare kulit sensitif umumnya terdiri dari komposisi alami yang tidak akan menimbulkan efek samping.

5.  Lakukan pola hidup sehat dengan cara rajin olahraga, menjaga konsumsi makanan serta istirahat yang cukup.

Selain 5 cara di atas tentunya masih banyak lagi hal – hal yang bisa dilakukan untuk merawat kulit sensitif.

Skincare untuk kulit sensitif memiliki kandungan bahan alami yang sudah dipastikan aman untuk kulit yang mudah iritasi dan alergi. Namun demikian, penggunaannya juga tetap harus sesuai aturan.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version