Bekas jerawat hitam pada kulit wajah merupakan permasalah kulit yang perlu diatasi. Anda bisa menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam secara cepat. Penggunaan produk kecantikan perlu diperhatikan dengan benar mulai dari pemilihan hingga cara penggunaan, sehingga tujuan menghilangkan bekas jerawat bisa lebih optimal.

Noda hitam karena jerawat bisa terjadi karena hiperpigmentasi akibat produksi melanin yang berlebihan. Adanya tingkat melanin yang tinggi pada kulit wajah umumnya disebabkan karena peradangan jerawat. Pilih skincare yang memiliki komposisi asam salisilat dan retinol yang diklaim ampuh dalam menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Penggunaan Skincare Efektif Menghilangkan bekas Jerawat Hitam

Menghilangkan bekas jerawat memang tidak mudah. Butuh waktu beberapa lama agar pigmen kulit menjadi normal karena sel kulit baru yang meregenerasi. Selain membersihkan wajah secara rutin, penggunaan skincare diklaim efektif dalam menghilangkan jerawat hitam.

Untuk permasalahan kulit yang satu ini, gunakan skincare yang mengandung asam salisilat dan retinol, karena memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Kandungan ini tentu banyak dijumpai di berbagai skincare, baik lokal maupun impor.

Selain itu, skincare dengan kandungan vitamin C dan sunscreen akan memberikan efektivitas lebih tinggi jika dibandingkan hanya menggunakan skincare biasa. Penggunaannya memang lebih cepat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, namun tetap membutuhkan waktu.

Noda hitam bekas jerawat ini muncul karena pigmentasi yang tidak normal. Salah satu penyebabnya adalah adanya peradangan jerawat. Sebelum peradangan terjadi, Anda perlu mengatasi jerawat dengan cara yang benar sehingga tidak menimbulkan noda hitam.

Jenis Skincare yang Cocok untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Ada banyak macam dan ragam skincare yang ampuh dan bisa diandalkan untuk memudarkan bekas jerawat hitam di kulit wajah. Namun tentunya tidak semua cocok untuk mengatasi permasalah kulit wajah ini. Lalu jenis skincare seperti apa yang cocok? Berikut penjelasannya.

1.      Skincare yang mengandung pelembab

Untuk memudarkan noda hitam karena bekas jerawat, yang pertama adalah menjaga kulit wajah agar tetap bersih dan lembab. Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung pelembab, sehingga regenerasi sel kulit bisa berlangsung lebih cepat.

2.      Skincare yang mengandung niacinamide

Kandungan niacinamide banyak ditemukan pada whitening cream. Zat ini melindungi kulit dari kerusakan dan memperkuat sel – sel kulit sehingga tidak mudah terpengaruh karena adanya peradangan yang disebabkan karena jerawat. Seperti halnya gliserin dan asam hialuronat, niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit.

3.      Skincare yang mengandung retinol dan vitamin C

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam 4

Retinol merupakan bahan yang yang mampu mengatasi penuaan dini. Retinol juga bisa memudarkan noda hitam di area kulit wajah karena jerawat. Didukung dengan vitamin C, pastinya skincare jenis ini efektif dan efisien dalam mencerahkan kulit dengan memudarkan noda bekas jerawat.

4.      Skincare yang mengandung glycolic acid dan kojic acid

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam 5

Kedua bahan untuk komposisi skincare ini memiliki manfaat penting untuk mencerahkan kulit dan membuatnya glowing. Banyak digunakan juga sebagai campuran pembuatan produk kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat yang telah menghitam.

5.      Skincare dengan asam salisilat

Asam salisilat memiliki peran yang sangat penting untuk mencerahkan kulit wajah serta menjaganya agar tetap sehat. Asam salisilat juga mampu merangsang regenerasi sel kulit sehingga secara perlahan memudarkan noda hitam karena bekas jerawat.

6.      Alpha arbutin

Kandungan ini memiliki khasiat dalam menghambat adanya pembentukan tirosin di dalam kulit, sehingga meminimalisir adanya noda hitam karena jerawat. Alpha arbutin diklaim lebih aman jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

7.      Skincare yang mengandung tabir surya

Tabir surya atau yang juga dikenal dengan istilah sunscreen. Melindungi kulit wajah dari terik matahari dan sinar UV, skincare dengan kandungan tabir surya juga akan menghambat kerusakan pigmen kulit karena jerawat. Skincare jenis ini juga ampuh dalam memudarkan noda hitam karena bekas jerawat.

Wajib Dicoba! Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Skincare Alami

Skincare umumnya dibuat dan diproduksi dari bahan kimia yang bermacam – macam. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena bahan kimia yang dipakai tentu sudah teruji dan terbukti aman untuk kulit wajah.

Selain skincare berbahan kimia, untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel Anda juga bisa memanfaatkan bahan- bahan organik yang mudah dijumpai sebagai skincare alami. Seperti apa dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1.      Menggunakan madu murni

Tidak hanya berkhasiat melembabkan, namun madu murni juga bisa mencerahkan kulit wajah. Dalam hal penyembuhan pigmentasi kulit karena bekas jerawat, Anda bisa memanfaatkan madu murni sebagai skincare alami.

Caranya cukup mudah. Sebelum tidur oleskan madu murni secukupnya ke area noda bekas jerawat yang menghitam, diamkan semalam kemudian paginya bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan metode ini secara rutin untuk hasil yang lebih cepat dan optimal. Karena selain menghilangkan noda hitam, madu juga akan menyehatkan kulit wajah serta menjaganya agar tetap lembab.

2.      Menggunakan lidah buaya

Penggunaan lendir lidah buaya bisa mencerahkan kulit serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan merangsang pertumbuhan sel – sel kulit baru. Adanya kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya bisa menghilangkan noda wajah secara perlahan.

Penggunaannya juga sangat mudah. Potong bagian lidah buaya yang masih segar dan kupas kulitnya, kemudian oleskan pada area bekas jerawat. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan metode ini secara rutin agar efeknya lebih cepat.

3.      Menggunakan baking soda

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam 6

Baking soda bukan hanya digunakan untuk pembuatan kue. Bahan rumahan yang satu ini juga ampuh dalam menghilangkan noda hitam karena jerawat. Baking soda bisa menjadi eksfoliasi yang dapat membuat kulit wajah mengelupas. Secara aktif dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga mampu mengurangi bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke area bekas jerawat. Lakukan secara rutin agar lebih efektif.

4.      Air perasan jeruk lemon

Seperti yang banyak diketahui bahwa jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Bukan untuk dijadikan minuman, tapi perasaan dari lemon ini bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan mengoleskannya ke area kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada buah lemon mampu menyamarkan noda bekas jerawat.

Meskipun skincare penghilang noda erawat diklaim efektif dan efisien, namun perlu Anda ketahui juga bahwa untuk merawat kulit dengan masalah noda hitam karena jerawat, Anda bisa lakukan dengan cara – cara yang aman menggunakan bahan rumahan yang mudah dan praktis.

Pola hidup sehat juga merupakan faktor utama untuk kesehatan kulit wajah secara alami dan permanen. Menghilangkan bekas jerawat hitam tentu membutuhkan waktu dan tidak instan. Sehingga sembari mengobatinya dengan skincare, Anda bisa memulai pola hidup sehat da menjaga asupan makanan mulai dari sekarang.

More From Mama Cantik

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version