Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak dialami, khususnya oleh para remaja. Hal ini disebabkan karena produksi hormon estrogen yang sedang tinggi – tingginya. Jerawat menyebabkan bekas yang kadang sulit hilang. Namun di era modern ini, menghilangkan bekas jerawat merah bisa dilakukan dengan bantuan skincare.

Dalam penggunaan skincare untuk mengatasi adanya bekas jerawat merah di area kulit wajah, Anda perlu memperhatikan dengan benar jenis, bahan dan karakteristik skincare yang akan digunakan. Kesalahan dalam penggunaan skincare bisa memperparah permasalah kulit wajah seperti alergi dan iritasi.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah

Bekas jerawat merah di kulit wajah terjadi karena Post Inflammatory Erythema (PIE). Kemerahan pada kulit ini disebabkan adanya pelebaran, inflamasi, atau kerusakan di pembuluh darah kapiler yang berada di bawah lapisan kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat merah di Wajah, Anda bisa menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar manfaatnya lebih optimal. Berikut kami bagikan tips – tips yang terbukti efektif dalam menghilangkan bekas jerawat, antara lain sebagai berikut.

1.      Gunakan skincare yang cocok dengan jenis kulit

Ada banyak macam dan ragam skincare yang dijual bebas di pasaran. Meskipun mengantongi ijin edar dari BPOM, tentunya tidak semua produk skincare cocok untuk semua jenis kulit.

Dalam hal ini, Anda perlu mengenali jenis kulit apakah sensitif, berminyak, kering dan lain sebagainya. Penggunaan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat jangan sampai menimbulkan masalah baru, sehingga Anda patut jeli dan teliti dalam memilih skincare.

2.      Pakai skincare yang memiliki karakteristik lembut

Wajah berjerawat pasti menimbulkan bekas yang kadang sulit hilang. Namun Anda tidak perlu khawatir karena banyak produk skincare yang menawarkan manfaat menghilangkan bekas jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih skincare yang memiliki karakteristik lembut, sehingga dan mengandung skin barrier.

3.      Gunakan masker dengan bahan Chemical Exfoliant

Chemical Exfoliant memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA yang sangat baik untuk peremajaan sel – sel kulit wajah. Bahan dalam skincare ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbentuk cair yang yang meresap ke dalam kulit, serta membantu meregenerasi sel kulit yang baru ketika sel kulit mati sudah terangkat.

4.      Selalu gunakan Sunscreen dengan SPF 30

Sunscreen atau tabir surya memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan pada kulit wajah terhadap sinar UV dan radiasi cahaya matahari yang merusak kulit. Gunakan produk sunscreen dengan SPF 30, sehingga mampu secara maksimal melindungi wajah agar bekas jerawat merah tidak semakin menggelap.

5.      Konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi

Antioksidan bisa didapat dari buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai sumber terbaik antioksidan untuk kulit. Antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi serta membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal.

6.      Gunakan retinol

Secara umum, retinol mampu menunda penuaan dini dengan merangsang proses regenerasi kulit. Produk skincare dengan kandungan retinol terbukti ampuh menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Gunakan produk yang mengandung retinol secara teratur, sehingga kulit rusak atau mati akan cepat terangkat dan digantikan oleh sel kulit baru.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Perawatan Laser

7.      Lakukan perawatan laser

Perawatan laser sudah banyak dijumpai di berbagai klinik kecantikan. Efektif dalam  menghilangkan bekas jerawat merah atau hiperpigmentasi pada kulit wajah.

8.      Bersihkan wajah secara teratur

Untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah, Anda juga perlu melakukan pembersihan area wajah minimal 2 kali sehari. Dengan ini bisa meminimalisir penyumbatan pori – pori karena debu atau kotoran lainnya. Membersihkan wajah secara rutin dengan pijatan lembut juga bisa memperlancar peredaran darah sehingga merangsang regenerasi kulit wajah.

9.      Lakukan pola hidup sehat

Selain penggunaan skincare, cara yang satu ini tentu perlu Anda terapkan bukan hanya untuk menghilangkan bekas jerawat saja, namun juga untuk kesehatan badan. Pola hidup sehat bisa berupa istirahat atau tidur yang cukup, rajin berolahraga serta menjaga makanan yang dikonsumsi.

Konsumsilah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan C sehingga bisa secara alami mencerahkan kulit wajah.

Bekas jerawat di kulit wajah tentunya memberikan efek psikologis dengan menurunkan rasa percaya diri, khususnya bagi para remaja. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak produk kecantikan dan skincare yang memiliki khasiat tersendiri dalam menghilangkan bekas jerawat membandel, salah satunya adalah Dojako Skincare yang merupakan skincare wajah impor dari Korea.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Wajib Anda Ketahui

Selain menggunakan skincare dan produk kecantikan, menghilangkan bekas jerawat juga bisa menggunakan bahan – bahan alami yang praktis dan mudah didapat. Lalu bagaimana caranya dan apa saja bahannya? Berikut ulasannya.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah dengan kentang

1.      Kentang

Kentang banyak mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat dalam mengembalikan kesehatan kulit setelah mengalami radang jerawat. Produk ini juga berkhasiat dalam menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Caranya cukup mudah, yaitu tinggal iris tips dan tempelkan pada area bekas jerawat, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

2.      Mentimun

Mentimun sering dijadikan masker wajah karena mampu mengencangkan kulit. Bukan hanya itu saja, mentimun juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa mencerahkan kulit serta menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya hampir sama dengan aplikasi kentang, hanya saja Anda bisa mendiamkannya selama 30 menit sebelum melakukan pembersihan wajah.

3.      Lemon

Buah yang satu ini mengandung vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C sangat diperlukan untuk kesehatan kulit dan mencerahkannya. Lemon berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit. Caranya mudah, yaitu ambil perasan lemon dan oleskan di area bekas jerawat, tunggu hingga kering lalu bersihkan.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Lidah Buaya

4.      Lidah Buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk rambut, namun juga untuk kulit wajah. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Caranya ambil gel lidah buaya, haluskan dulu. Lalu oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 10-15 menit.

5.      Madu Murni

Madu juga dikenal sebagai bahan yang efektif dan ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat. Memiliki kandungan antibiotik yang mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Anda cukup mengoleskan madu murni pada area bekas jerawat, tunggu hingga kering lalu bersihkan dengan air hangat.

6.      Bawang Putih

Bumbu dapur ini mengandung senyawa thiacremonon sulfur memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya tinggal menghaluskannya dan mengalihkan ke area bekas jerawat. Tunggu hingga 2 menit lalu bilas dengan air hangat.

7.      Bengkoang

Buah yang satu ini tentunya sudah banyak dikenal dengan khasiatnya memutihkan kulit. Bukan hanya itu saja, bengkoang juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Anda cukup menghaluskannya dan oleskan pada wajah yang ada bekas jerawat, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menghilangkan bekas jerawat merah bisa dilakukan dengan penggunaan bahan alami secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda juga bisa mengandalkan skincare berkualitas untuk membantu meregenerasi kulit wajah. Namun demikian, pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan adalah hal yang sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.