Toner untuk Kulit Berminyak

Toner untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami, baik oleh remaja maupun orang dewasa. Penggunaan toner untuk kulit berminyak tentunya menjadi solusi untuk mengontrol kadar minyak di kulit wajah, serta membersihkannya dari make up dan debu yang mungkin menempel. Namun untuk memilih toner sebagai skincare yang tepat, perlu Anda perhatikan dari segi bahan dan komposisinya.

Secara umum, toner merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk membersihkan dan menyegarkan kulit. Namun penggunaan toner tidak sekedar itu saja, banyak produsen produk kecantikan yang menambahkan komposisi pada toner untuk kebutuhan lain seperti toner yang cocok untuk digunakan pada kulit wajah yang berminyak.

Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

Memilih toner untuk perlu diperhatikan dengan baik, mulai dari komposisi, kandungan hingga berbagai pantangan yang dianjurkan. Ada beberapa kosmetik yang tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan.

Kulit berminyak terjadi karena kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak minyak. Dalam kondisi normal, minyak sangat baik untuk kulit wajah karena memberikan proteksi alami pada paparan radiasi matahari dan bluelight gadget. Jika kadar minyak pada kulit wajah terlalu berlebih tentunya harus diatasi dan dinormalkan kembali sehingga wajah cerah dan glowing.

Bagi Anda yang memiliki karakteristik kulit wajah berminyak, kami berikan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memilih toner yang sesuai dengan kebutuhan, antara lain sebagai berikut.

1.      Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit

Toner dan produk kosmetik lainnya memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Sebelum Anda menggunakannya pastikan sesuai dengan kulit wajah apakah normal atau sensitif. Kulit sensitif cenderung mudah terkena alergi dan iritasi jika terkena bahan atau kandungan material logam dan pewangi.

2.      Pastikan toner memiliki komposisi anti minyak

Produk toner yang dibuat khusus untuk mengontrol kadar minyak pada kulit wajah, umumnya mengandung beberapa komposisi seperti alpha hydroxy alpha (AHA), seperti asam salisilat, asam glikolat, dan lactic acid. Komposisi – komposisi tersebut memiliki peran aktif dalam mengurangi produksi minyak berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati.

3.      Pilih toner yang memiliki kandungan alami

Toner yang memiliki kandungan atau komposisi witch hazel bisa Anda pilih sebagai toner untuk kulit berminyak. Kandungan ini diklaim memiliki efektivitas yang baik dalam mengurangi produksi minyak yang berlebih khususnya di kulit wajah. Selain itu, witch hazel juga mampu mengecilkan pori-pori dan mengangkat zat-zat dalam produk perawatan kulit atau make up yang rentan menyumbat pori-pori wajah.

4.      Hindari toner yang memiliki kandungan alkohol dan parfum

Toner yang memiliki kandungan alkohol sering disebut dengan istilah Astringent. Produk toner ini tidak disarankan untuk diaplikasikan pada kulit wajah, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif.

Toner untuk Kulit Berminyak tanpa minyak kelapa

5.      Hindari toner yang mengandung minyak kelapa dan minyak mineral

Toner dengan kandungan minyak kelapa dan minyak mineral umumnya digunakan untuk kulit kering. Sehingga toner jenis ini tidak dianjurkan sebagai toner yang cocok untuk kulit wajah berminyak.

Kulit berminyak rentang terhadap timbulnya masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo dan flek hitam. Hal ini karena pori – pori cenderung terbuka lebih lebar. Jika ini terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir karena di era modern ini sudah banyak dikembangkan berbagai produk kecantikan dan skincare yang cocok untuk kulit berminyak, serta mengatasi kadar minyak yang berlebih.

Dojako Skincare hadir sebagai solusi dengan menawarkan produk face toner untuk berbagai jenis kulit, salah satunya adalah kulit berminyak. Mengembalikan kelembaban kulit serta mengangkat sel kulit mati, produk ini memberikan karakteristik kulit wajah yang cerah dan glowing.

Perlu Anda Ketahui! Macam – Macam Kandungan Toner untuk Kulit Berminyak

Toner merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk membersihkan wajah dari debu, make up dan partikel kotoran lainnya yang mungkin menempel pada wajah saat beraktivitas. Toner ada banyak macam dan ragamnya, khususnya dalam hal kandungan atau komposisi, salah satunya adalah toner yang cocok untuk kulit berminyak.

Produk pembersih yang khusus untuk kulit wajah berminyak ini umumnya dibuat dari kandungan dan bahan yang tentu aman dan sudah teruji klinis. Apa saja kandungan toner yang disarankan untuk jenis kulit ini? Berikut ulasannya.

1.      Retinol

Kandungan retinol untuk skincare tentu sudah tidak asing lagi. Memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit wajah sebagai anti aging, juga efektif digunakan untuk mengontrol kadar minyak di kulit wajah. Merupakan salah satu bahan yang banyak dipakai untuk toner yang direkomendasikan untuk kulit berminyak.

2.      Niacinamide

Efektif dalam mengatasi minyak di kulit wajah, bahan ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori – pori dan menjaga kelembaban kulit.

3.      Hyaluronic Acid dan Salicylic Acid

Kedua bahan ini banyak digunakan sebagai campuran pada produk skincare wajah, salah satunya adalah toner yang bertujuan sebagai pembersih dan penyegar, salicylic acid bersifat anti-inflamasi dan cocok untuk jenis kulit berminyak.

Toner untuk Kulit Berminyak serum

4.      Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Bahan Alpha Hydroxy Acid efektif untuk produk toner yang bisa digunakan bagi Anda dengan karakteristik kulit wajah berminyak. Kandungan AHA ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit, dan mengecilkan pori-pori.

5.      Tea Tree Oi

Bahan ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit wajah yaitu untuk membunuh bakteri dan melarutkan minyak berlebihan pada kulit. Penggunaan bahan tea tree oil pada produk toner juga direkomendasikan untuk kulit berminyak.

Toner umumnya memiliki bentuk liquid atau cair, sehingga cara menggunakannya harus dengan bantuan media kapas agar lebih efektif. Bagi Anda yang memiliki karakteristik wajah berminyak, penggunaan toner untuk membersihkan wajah perlu memperhatikan kandungan dan komposisinya. Hal ini bertujuan selain mendapatkan wajah bersih dari make up dan berbagai debu juga kotoran, produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah bisa diatasi sehingga kembali normal.

Toner untuk Kulit Berminyak Dojako

Cara Benar Penggunaan Toner pada Kulit Wajah

Bagi Anda yang sering menggunakan make up, toner tentu tidak asing lagi. Produk ini dibuat khusus untuk membersihkan kulit wajah. Namun apakah Anda sudah tau cara menggunakan toner yang tepat? Berikut kami berikan beberapa tips cara benar penggunaan toner pada kulit wajah.

1.  Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan toner. Jika Anda menggunakan make up menggunakan make up remover terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar toner bisa meresap dengan baik pada kulit sehingga manfaatnya bisa dirasakan.

2.  Gunakan kapas untuk mengusapkan toner pada kulit wajah. Kapas lebih efektif dari pada langsung menggunakan tangan, karena kapas telah teruji steril dari berbagai kuman dan bakteri.

3.  Gunakan hanya dua kali sehari saja untuk efek yang optimal. Jika terlalu banyak atau terlalu sering, maka akan memberikan efek yang malah tidak diinginkan, khususnya untuk kulit sensitif.

4.  Gunakan pelembab setelahnya. Pelembab ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan membuatnya lebih halus, sehingga kulit wajah jadi lebih sehat!

Ada banyak macam dan ragam toner yang dijual dipasaran, salah satunya adalah toner untuk kulit berminyak. Karakteristik kulit berminyak membutuhkan perlakuan khusus sehingga selain mendapatkan manfaat toner, Anda juga bisa sekaligus menyembuhkan dan mengontrol kadar minyak agar tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.