Cara Merawat Wajah Berjerawat

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Di Rumah

Jerawat bisa sangat menyebalkan dan seringkali muncul tiba – tiba di saat yang tidak tepat. Kabar baiknya adalah bahwa berbagai macam pengobatan untuk jerawat cukup mudah di cari baik di toko obat, toko kecantikan, dan online shop. Kabar buruknya adalah beberapa produk jerawat dapat menyebabkan efek samping seperti kemerahan, perubahan warna, atau kekeringan. Untuk alasan ini, beberapa orang lebih suka cara merawat wajah berjerawat di rumah dengan menggunakan bahan – bahan yang lebih  alami yang sudah tersedia di rumah.

Biasanya, semakin ringan jerawat, semakin mudah untuk melakukan tips cara merawat wajah berjerawat ini di rumah. Anda dapat mencampur makanan dan bahan-bahan umum, seperti mentimun, oatmeal, anggur, dan ragi, ke dalam masker wajah dan membuat pengobatan jerawat. Facial buatan sendiri dapat membantu mencegah atau menghilangkan jerawat, serta menjaga kulit Anda tetap bercahaya, lembap, dan sehat.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Bahan – Bahan Yang Ada Di Rumah

  1. Pembersih Anggur

Anggur adalah buah yang kerap menjadi camilan yang menyegarkan, baik dimakan polosan sebagai camilan, dibelah dua sebagai topping salad, atau dibekukan sebagai makanan penutup yang sehat. Tetapi anggur mungkin tidak muncul di benak Anda saat memikirkan bagaimana cara merawat wajah berjerawat dengan bahan alami.

Namun menurut sebuah artikel yang sudah pernah diterbitkan pada tahun 2016 di bulan april di Advances in Dermatology and Allergology, resveratrol di kulit anggur merah dapat menunjukkan aktivitas bakterisida terhadap Cutibacterium acnes. sebelumnya disebut Propionibacterium acnes, C. acnes adalah bakteri di kelenjar sebaceous yang berkontribusi terhadap jerawat.

Jadi ambil beberapa buah anggur segar yang Anda simpan di lemari es, dan Anda akan mendapatkan pembersih alami wajah yang cukup mudah. Potong dua atau tiga buah anggur menjadi dua dan gosokkan dagingnya ke wajah dan leher Anda. Setelah itu lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

  1. Masker Wajah Mentimun

Apakah Anda pernah pergi ke tempat spa? Atau Anda pernah melihat di televisi atau youtube mungkin ketika seseorang pergi ke spa untuk melakukan perawatan, sering kali kita melihat matanya di tutupi mentimun. Ternyata irisan mentimun tersebut bermanfaat untuk mengurangi bengkak dan itu bukan mitos tapi nyata adanya.

Sebuah tinjauan di sebuah artikel yang lainnya menyebutkan bahwa mentimun dapat memiliki efek menenangkan pada kulit, mengurangi iritasi, pembengkakan, dan rasa sakit. Oleh karena itu, mentimun berpotensi meredakan peradangan yang secara khusus terkait dengan jerawat.

Dalam kasus jerawat, peradangan berkembang di dalam kelenjar minyak dan folikel, yang menyebabkan benjolan merah dan kemerahan di kulit. Ketika jerawat berkembang jauh di dalam kulit, kista dapat berkembang dan menjadi penuh dengan minyak. Jika dinding kista pecah dan minyak terpapar ke lapisan kulit yang lebih dalam, reaksi inflamasi yang kuat sering terjadi.

Bagaimana mentimun bisa membantu?

Mentimun memiliki manfaat menenangkan dan menghidrasi kulit, jadi jika kulit Anda meradang karena jerawat, mentimun mungkin menawarkan manfaat menenangkan yang sederhana.

Inilah cara memanfaatkannya : Buat pasta dengan mencampurkan satu mentimun kecil dan 1 cangkir oatmeal. Campurkan 1 sendok teh [sdt] pasta ini dengan 1 sdt yogurt dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

  1. Paket Wajah Mentimun

Jika Anda tidak memiliki oatmeal atau yogurt di dapur Anda, gunakan obat mentimun ini sebagai gantinya. Masker yang menyejukkan dan menenangkan ini akan membantu menghaluskan kulit Anda, yang mungkin terasa kasar akibat jerawat. Hancurkan satu mentimun utuh, saring airnya, tambahkan 1 sendok makan gula, dan aduk rata. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air dingin.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Di Rumah dengan Memakai Masker Madu
  1. Masker Madu Sederhana

Madu memiliki banyak khasiat untuk proses penyembuhan. Beberapa orang menggunakannya sebagai sirup obat batuk alami dan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2016 bulan agustus di Central Asian Journal of Global Health, penelitian in vitro menunjukkan bahwa sifat antibakteri madu juga dapat meningkatkan penyembuhan luka bakar dan infeksi luka, serta menghambat pertumbuhan C. acnes.

Sebelum menerapkan masker ini, bilas wajah Anda dengan air hangat, kemudian oleskan madu dan biarkan di kulit selama 30 menit. Bilas madu dengan air hangat.

  1. Masker Ragi dan Yogurt untuk Kulit Berminyak

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, bukti yang diterbitkan pada tahun 2016 bulan april di International Journal of Women’s Dermatology menunjukkan bahwa produk susu fermentasi seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan kulit. Yogurt juga merupakan probiotik, yang telah terbukti dapat menghambat C. acnes.

Untuk membuat masker, campurkan 1 sdt ragi dengan sedikit yogurt tawar untuk membuat campuran yang tipis. Oleskan secara menyeluruh ke semua area berminyak dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat; lalu gunakan air dingin untuk menutup pori-pori.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Di Rumah dengan Menggunakan Masker Yogurt
  1. Wajah Oatmeal

Sifat anti inflamasi oatmeal secara alami menenangkan dan dapat meredakan iritasi yang disebabkan oleh kondisi dermatologis seperti ruam, eritema, luka bakar, gatal, dan eksim, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 bulan januari di Journal of Drugs and Dermatology.

Oatmeal memiliki manfaat melindungi, menghidrasi, dan anti-inflamasi kulit. Ini tidak secara khusus efektif dalam mengobati jerawat, tetapi dapat membantu menenangkan kulit yang kering dan meradang. Direkomendasikan pelembab berbasis oat untuk pasien yang menggunakan perawatan jerawat yang berpotensi mengiritasi.

Campurkan 2 sdt oatmeal, 1 sdt baking soda, dan air secukupnya untuk membentuk pasta. Ratakan pasta ke seluruh wajah Anda dan gosok perlahan. Bilas sampai bersih sesudahnya.

  1. Masker Wajah Kunyit

Untuk kulit cantik, pengantin di India secara tradisional menggunakan masker kunyit sebelum pernikahan mereka. Ini kemungkinan karena sifat anti inflamasi, antimikroba, dan antioksidan rempah-rempah, dan kemampuannya untuk secara signifikan menurunkan keparahan kondisi kulit seperti jerawat, alopecia, dermatitis atopik, lichen planus oral, pruritus, dan psoriasis, menurut ulasan yang diterbitkan. pada tahun 2016 bulan agustus di Penelitian Fitoterapi.

Bahan untuk obat jerawat tradisional ini tersedia di pasar tradisional rempah-rempah dan toko sembako di daerah – daerah.

Campur 1/2 cangkir tepung buncis dan 2 sdt masing-masing bubuk kunyit, bubuk cendana, dan minyak almond, lalu campurkan dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pada wajah sampai leher dan biarkan selama 5 sampai 10 menit. Usap – usap dengan tekanan dengan kedua telapak tangan dan jari untuk menghilangkan semua pasta. Lalu selanjutnya bilas dengan baik dengan air.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Di Rumah dengan Menggunakan Masker Wajah Kunyit

Cara Merawat Wajah Berjerawat Tidak Boleh Sembarangan

Sudah pasti baik itu wanita maupun pria sangat mendambakan kulit wajah yang putih, bersih, dan sehat tanpa jerawat yang menyelimutinya. Namun apabila di prosentase baik itu pria maupun wanita sebagian besar mengalami permasalahan kulit wajah yang sangat mengganggu yaitu berjerawat.

Saat ini cukup mudah menemukan obat jerawat, apalagi saat ini bisa di beli secara online dengan banyak sekali jenis dari berbagai merek terkenal. Jangan sembarang dalam melakukan perawatan wajah yang berjerawat, jangan sembarang membeli produk obat jerawat hanya berdasarkan karena produk itu dipromosikan oleh artis luar negeri yang memiliki wajah putih, halus dan sehat berseri. Pastikan membeli produk skincare yang cocok dengan kulit wajah Anda sehingga tidak berdampak buruk pada kulit wajah Anda.

Kata Terakhir Tentang Cara Merawat Wajah Berjerawat Di Rumah

Masker wajah buatan sendiri dapat meremajakan kulit Anda dan membantu menghilangkan jerawat dan semua resep ini menggunakan bahan-bahan umum yang ditemukan di dapur dan lemari es Anda. Cobalah satu atau lebih dari tips cara merawat wajah berjerawat ini dan lihat bagaimana kulit Anda meresponnya.

Jika perawatan di rumah tidak membantu setelah dua hingga empat minggu, hubungi dokter kulit untuk mendapatkan bantuan. Sayangnya, keterlambatan dalam perawatan meningkatkan risiko munculnya noda di kulit, atau dalam beberapa kasus, bekas luka permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.