Facial Wash Untuk Wajah Berjerawat

Tips Memilih Facial Wash Untuk Wajah Berjerawat

Jerawat adalah kondisi yang cukup membuat penderitanya menjadi insecure atau tidak percaya diri. Tentu saja untuk menghentikan munculnya jerawat, maka Anda harus menggunakan skincare. Dimana salah satu produk yang harus dipakai secara rutin adalah sabun muka atau facial wash. 

Facial wash khusus wajah berjerawat sendiri juga harus dipilih dengan tepat, agar jerawat bisa hilang atau bahkan tidak muncul lagi. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga harus berhati-hati agar kulit tidak kering. Jika Anda ingin mencari sabun muka yang tepat bagi kulit berjerawat, maka di bawah ini akan dibagikan tipsnya. 

Tips Memilih Sabun Muka Khusus Kulit Wajah Berjerawat

Berikut ini adalah tips memilih sabun muka khusus untuk kulit wajah yang berjerawat: 

Cek kandungan surfaktan

Surfaktan adalah zat yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dari wajah dan bentuknya menyerupai deterjen. Tidak hanya itu saja, zat ini pun yang menghasilkan busa pada produk-produk facial wash. Ketika Anda mencari sabun muka yang khusus untuk kulit berjerawat, maka carilah yang ada keterangan gentle surfaktan atau kandungan surfaktannya tidak tinggi. 

Ketika Anda menggunakan sabun muka dengan kandungan surfaktan terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Jika kering dan kandungan minyak dalam wajah habis, maka akan menyebabkan kulit mengelupas. Apabila tidak menemukan Surfaktan, coba cari kandungan SLES (sodium laureth sulfate), alkyl sulfosuccinate serta natrium cocoyl isethionate. 

Perhatikan kandungan yang bisa menyebabkan kulit iritasi

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan dalam skincare yang bisa jadi penyebab kulit iritasi, misalnya adalah wewangian serta alkohol. Kedua bahan ini sendiri memang kerap ada pada sabun muka. Sebenarnya Anda tidak dilarang menggunakan facial wash yang mengandung kedua bahan tersebut. 

Tapi, jika terlalu tinggi lebih baik hindari dengan segera. Apabila dalam kemasan tidak tertulis berapa kandungan alkohol dan pewanginya, maka Anda dapat menciumnya. Jika ternyata baunya sangat menyengat, lebih baik hindari. Kandungan pewangi dan alkohol yang sangat tinggi bisa menyebabkan iritasi pada kulit berjerawat, terlebih jika Anda juga memiliki kulit sensitif. 

Pilih yang memilih pH rendah

pH adalah satuan untuk mengukur derajat keasaman pada sebuah zat atau larutan. Dimana ketika Anda mencari sabun muka yang khusus untuk kulit berjerawat, maka lebih baik memilih yang memiliki pH rendah. Untuk Anda yang ingin mengatasi masalah jerawat, pH yang disarankan adalah 4,5 hingga 6,0. 

Apa akibatnya jika memilih pH yang terlalu tinggi? Hal ini sendiri bisa mengacaukan keseimbangan pada wajah. Ada kemungkinan kulit wajah akan semakin kering atau malah jerawat akan semakin parah. Untuk mengecek kandungan pH sendiri, Anda dapat melihatnya di kemasan produk facial wash. 

Hindari produk dengan scrub

Scrub pada facial wash adalah bahan yang sering ditemukan. Dimana scrub ini sendiri telah terbukti akan membantu mengangkat kotoran dan kulit mati dari wajah. Tapi, untuk kulit yang berjerawat, lebih baik tidak menggunakan sabun muka yang ada scrub. Kenapa? Karena sehalus apapun scrub yang ada pada facial wash bisa jadi melukai wajah dan membuat jerawat pecah. Jika ini terjadi, maka sudah jelas masalah jerawat tidak akan selesai. 

Itulah beberapa tips yang harus Anda ikuti ketika ingin memilih facial wash khusus kulit berjerawat. Jika Anda masih tidak yakin dengan produk yang ada, tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli agar jerawat bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.