urutan skincare

Wajib Anda Ketahui! Urutan Skincare yang Benar dan Tepat

Bagi Anda pengguna setia skincare, tentunya hal yang wajib dipahami adalah bagaimana cara penggunaan, takaran hingga urutan skincare digunakan secara benar dan tepat. Skincare dipakai sebagai produk kecantikan yang mampu memancarkan pesona seseorang khususnya kaum wanita dan merawat kulit wajah agar tetap sehat.

Dalam menggunakan skincare perlu diperhatikan bahan dan komposisi apakah sesuai dengan jenis kulit. Namun yang tak kalah penting adalah bagaimana urutan penggunaan skincare yang benar dan tepat sehingga fungsinya lebih optimal. Rutinitas ini akan lebih efektif jika Anda secara menggunakannya secara bijak.

Lalu seperti apa urutan skincare yang benar dan tepat agar fungsinya lebih optimal? Di sini kami akan bahas secara mendalam sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi dan menambah wawasan untuk mempercantik diri secara aman, tepat dan bijaksana.

Rutinitas Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Wajah dengan Memperhatikan Urutan Skincare yang Benar

Penggunaan skincare dengan tahap dan urutan yang benar pastinya akan memberikan dampak positif dengan maksimalnya fungsi dan manfaat dari produk kecantikan tersebut. Rutinitas ini bukan hanya sekedar mengaplikasikan produk skincare dengan cara dan takaran yang pas, namun juga ada langkah dan aturan yang perlu diperhatikan.

Skincare diandalkan untuk merawat kulit dan mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah sehingga sehat, cerah dan glowing. Untuk itu Anda perlu mengetahui seperti apa urutan skincare yang tepat. Hal ini karena ada kemungkinan zat aktif dalam produk skincare yang akan bereaksi dengan komposisi lainnya jika aplikasinya salah.

Urutan penggunaan skincare yang benar perlu dipahami lebih dalam, khususnya bagi Anda yang pemula dalam menggunakan skincare sebagai produk kecantikan. Seperti apa urutan skincare yang benar? Berikut detailnya.

1.      Make Up Remover

Menghapus make up adalah urutan skincare pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perawatan kecantikan secara mandiri. Dalam hal ini Anda bisa mengandalkan make up remover untuk menghilangkan segala kosmetik yang menempel pada kulit wajah.

Produk ini memiliki peran penting dalam menghapus dan menghilangkan berbagai make up dan foundation yang menempel pada kulit wajah Anda. Memiliki kandungan cleansing yang ampuh dalam melunakkan make up yang menempel pada kulit.

Make up pada kulit wajah tidak boleh dibiarkan berlama – lama, sehingga setelah selesai beraktivitas hendaknya Anda menghapus make up secara total. Mengapa demikian? Karena jika make up menempel pada kulit wajah terlalu lama, maka akan menimbulkan masalah pada kulit karena pori-pori kulit tersumbat dan tidak dapat bernafas. Hal ini mengakibatkan penumpukan minyak dan kotoran yang memicu munculnya jerawat dan flek atau noda hitam.

Dalam membersihkan make up dengan produk make up remover apakah Anda sudah tau cara yang tepat? Jika belum berikut kami bagikan tips singkatnya, sebagai berikut.

  • Gunakan eye make up remover terlebih dahulu
  • Bersihkan seluruh wajah menggunakan cleansing oil
  • Pijat dengan lembut seluruh bagian wajah
  • Bilas wajah menggunakan air hingga bersih
  • Pastikan kulit wajah sudah bersih dengan menggunakan micellar water

2.      Facial Wash

Urutan skincare selanjutnya adalah lakukan pembersihan wajah menggunakan facial wash atau facial foam. Membersihkan wajah dengan facial wash tentu akan menghilangkan segala kotoran yang mungkin masih menempel pada kulit wajah yang tidak bisa hilang hanya dengan make up remover.

Facial wash adalah mencuci muka menggunakan air bersih sehingga hasilnya lebih maksimal. Namun bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, sebaiknya menggunakan facial wash atau facial foam yang menggunakan bahan atau kandungan aloe vera.

Beberapa jenis dan produk facial wash juga mampu mengatasi permasalah kulit seperti jerawat, komedo bahkan berminyak. Produk ini berada di urutan kedua setelah membersihkan make up sehingga kulit wajah siap menerima kandungan skincare tahap selanjutnya. Untuk penggunaan facial wash ini Anda perlu mengetahui langkah – langkah yang tepat, antara lain sebagai berikut.

  • Pastikan tangan anda bersih dari minyak maupun debu
  • Basuh wajah dengan air hangat secara perlahan dan menyeluruh pada area kulit wajah
  • Tuangkan facial wash pada telapak tangan dan gosok hingga berbusa
  • Usapkan secara perlahan pada kulit wjah sambil lakukan pijatan yang lembut
  • Gunakan gerakan memutar secara perlahan sehingga busa bisa merata
  • Hindari facial wash mengandung scrub
  • Lakukan rutinitas ini minimal dua kali sehari
urutan skincare facial wash

3.      Toner

Toner menjadi urutan skincare ketiga setelah aplikasi facial wash. Produk kecantikan yang satu ini mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kulit wajah. penggunaan toner hendaklah Anda gunakan setelah membersihkan wajah dengan facial wash. Produk skincare ini diformulasikan dengan bahan air sebagai komposisi utama yang berguna untuk menghapus sisa makeup, kotoran dan minyak berlebih yang masih menempel pada kulit setelah Anda mencuci muka.

Namun demikian, toner juga memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang baik untuk kulit wajah, antara lain sebagai berikut.

  • Menyeimbangkan ph
  • Detoksifikasi
  • Menyusutkan dan mengencangkan pori
  • Mengatasi jerawat dan komedo
  • Melembabkan dan menutrisi kulit
  • Menambah lapisan pelindung pada kulit
  • Memaksimalkan fungsi dan kegunaan dari penggunaan skincare lainnya

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan toner juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Meskipun bahan dasarnya adalah air, namun beberapa toner juga dibuat untuk mengatasi permasalah kulit sehingga mengandung bahan lainnya seperti glycerin, hyaluronic acid dan lain sebagainya.

4.      Essence

Penggunaan urutan skincare essence bisa Anda lakukan setelah toner. Produk ini memiliki konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi dengan tekstur cair dan ringan. Essence identik dengan produk kecantikan ala Korea Selatan yang juga sudah banyak dijual di pasaran Indonesia.

Essence mampu menyerap serum atau produk skin care lain dengan lebih baik, melembapkan, hingga mencegah penuaan dini. Produk ini efektif digunakan untuk mengoptimalkan fungsi serum, face oil, pelembab atau masker wajah.

Produk essence ini umumnya dibuat dengan air sebagai bahan dasar dan mengandung berbagai nutrisi dan kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

  • Menjaga kelembaban kulit wajah
  • Menyeimbangan pH kulit wajah
  • Melindungi skin barrier dari kerusakan
  • Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penggunaan produk essence ini perlu perhatian khusus dan uji sensitivitas terlebih dahulu sebelum membeli atau menggunakannya. Kebanyakan essence cocok untuk berbagai jenis kulit, namun tentu ada beberapa merek produk yang juga menggunakan bahan tertentu yang mungkin menyebabkan iritasi atau alergi pada beberapa orang.

Cara penggunaan essence ini hampir sama jika Anda menggunakan toner, yaitu hanya ditepuk – tepuk saja. Setelah essence meresap ke dalam kulit, dianjurkan untuk memakai serum dan pelembab yang sesuai dengan kondisi atau jenis kulit.

5.      Serum

Urutan skincare selanjutnya adalah serum. Produk kecantikan ini sudah banyak digunakan di Indonesia dan hadir dalam berbagai jenis, merek dan tipe. Bagi Anda yang menggunakan rangkaian skincare untuk merawat kecantikan, aplikasikan toner skincare setelah menggunakan toner atau essence.

Serum memiliki manfaat yang banyak untuk kulit wajah dengan bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang mampu menembus ke dalam sel dan jaringan kulit untuk memelihara dan meremajakannya.

urutan skincare essence

Serum ada banyak macam dan jenisnya yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit ataupun masalah kulit seperti jerawat, berminyak, kusam dan lain sebagainya. Produk kecantikan ini mengandung bahan aktif dan nutrisi yang baik untuk kulit serta mampu memaksimalkan produk skincare lainnya dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah.

Beberapa manfaat penggunaan serum kecantikan ini antara lain sebagai berikut.

  • Meminimalisir tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan
  • Membersihkan pori-pori kulit wajah sehingga tidak tersumbat
  • Membuat wajah menjadi cerah dan glowing
  • Menjaga kulit tetap terhidrasi
  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan UV
  • Meremajakan kulit dengan merangsang regenerasi sel kulit
  • Mengatasi berbagai permasalah kulit wajah

Serum adalah urutan skincare kelima yang diaplikasikan sebagai rutinitas perawatan kulit setelah pembersihan dengan essence. Lalu apa bedanya toner dengan essence? Essence berfungsi untuk melembabkan kulit sedangkan toner digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti garis-garis halus dan kerutan untuk memberikan kulit yang kenyal dan segar. Keduanya memiliki peran yang berkesinambungan, sehingga urutan skincare ini harus benar.

6.      Moisturizer

Moisturizer adalah urutan skincare yang ke-enam yang membantu melembabkan dan merawat kesehatan kulit wajah. bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, produk kecantikan moisturizer adalah solusi yang tepat. Namun demikian pemilihan dari produk skin moisturizer ini harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda apakah normal atau sensitif.

Berperan aktif dalam memberikan kelembaban pada kulit wajah, moisturizer diproduksi dalam bentuk cream atau lotion yang mampu menahan atau menyegel air keluar dari permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih halus dan tidak kering. Penggunaan produk kecantikan ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Moisturizer memiliki peran yang hampir sama dengan pelembab pada umumnya, namun tentu ada perbedaannya. Produk kecantikan moisturizer dibuat dengan tujuan menghidrasi kulit agar lembab dan menjaga kelembaban tersebut agar tidak mudah hilang dengan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit, sedangkan pelembab adalah produk yang menjaga kelembaban kulit wajah yang secara alami sudah ada.

Tidak perlu menunggu malam, produk skincare moisturizer bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja saat kulit wajah terasa kering dan dehidrasi. Selain melembabkan, produk ini jika digunakan secara rutin akan membantu mencerahkan kulit wajah.

Manfaat lain dari moisturizer antara lain sebagai berikut.

  • Membantu melembabkan kulit
  • Menjaga kekenyalan kulit
  • Mengontrol minyak kulit
  • Mencegah jerawat
  • Meratakan warna kulit
  • Menghaluskan kulit
  • Memberikan nutrisi kulit
  • Menghidrasi kulit

7.      Sunscreen

Urutan skincare setelah moisturizer adalah penggunaan sunscreen atau tabir surya. Bagi Anda yang sering melakukan aktivita di luar ruangan, produk kecantikan ini membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dan UV yang langsung mengenai kulit. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya tanda  – tanda penuaan dini, sunburn, bintik hitam, hingga risiko kanker kulit.

Sunscreen efektif digunakan pada pagi hari sebelum beraktivitas. Pastikan Anda menggunakan produk sunscreen mampu memberikan kekuatan maksimal. Lalu seperti apa cara memilihnya? Berikut penjelasan singkatnya.

  • Pilih sunscreen yang mengandung spectrum agar bisa melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA dan UVB.
  • Pastikan sunscreen memiliki tingkat SPF minimal 30
  • Perhatikan dengan baik komposisi dan bahan yang digunakan untuk menghindari iritasi dan alergi pada kulit sensitif.
  • Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah sunscreen yang mengandung water-base
  • Sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit kering, Anda bisa menggunakan sunscreen dengan bahan dasar minyak.

Penggunaan sunscreen atau tabir surya ini sudah umum bagi masyarakat Indonesia, khususnya kaum wanita. Membantu menjaga kulit dari terik matahari yang bisa membuat kulit wajah menjadi gelap, sunscreen diformulasikan khusus dengan bahan aktif yang mampu memantulkan sinar UV yang mengenai kulit.

8.      Masker Wajah / Sheet Mask

Urutan skincare terakhir yang juga merupakan optional adalah menggunakan masker wajah. Masker wajah atau juga disebut sheet mask merupakan produk yang bisa digunakan sebagai tahap akhir dalam perawatan kulit wajah.

Masker wajah ini berbentuk lembaran tipis namun diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya. Memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis masker tersebut.

urutan skincare masker wajah

Meskipun hanya optional, namun produk ini direkomendasikan dari rangkaian skincare untuk mempercantik dan merawat kulit wajah. produk ini hanya bisa digunakan sekali pakai, sehingga tidak perlu mencuci wajah setelahnya. Hal ini bertujuan agar sisa serum yang masih menempel pada kulit secara perlahan akan meresap ke dalam sel dan jaringan kulit.

Penggunaan masker wajah dianjurkan 2 atau 3 kali dalam seminggu, karena kandungannya yang cukup beragam dan terkadang sifatnya terlalu oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air di permukaan kulit. Beberapa manfaat lain dari masker wajah atau sheet mask ini antara lain sebagai berikut.

  • Melembabkan kulit wajah
  • Membuat kulit wajah menjadi segar dan kencang
  • Menutrisi kulit dengan baik
  • Menjadikan kulit wajah cerah dan glowing
  • Meminimalisir tanda – tanda penuaan dini

Penggunaan skincare agar lebih optimal perlu diperhatikan urutan skincare yang sesuai, sehingga saling mendukung agar rutinitas skincare ini bisa lebih maksimal. Anda perlu pahami dengan baik produk atau jenis apa yang digunakan terlebih dahulu sehingga penggunaan produk skincare selanjutnya bisa lebih efektif.

Urutan skincare bukan hanya sekedar mana yang lebih dahulu, namun juga ada hal lain di samping itu, yaitu efektivitas dan keterkaitan. Misal toner tidak akan berfungsi baik jika kulit wajah masih kotor karena sisa make up. Pentingnya memahami urutan penggunaan skincare merupakan hal yang utama, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam rutinitas penggunaan skincare.

Pentingnya Urutan Skincare untuk Efektivitas Produk yang Optimal

Bagi Anda pengguna produk skincare yang lebih dari satu karena untuk mendapatkan fungsi dan manfaat berbeda – beda, pastikan Anda tahu benar urutan skincare dan cara penggunaannya sehingga produk yang digunakan bisa lebih optimal dalam hal fungsi dan kegunaan.

Urutan skincare sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa? Karena jika urutannya terbalik ada kemungkinan skincare atau produk kecantikan yang digunakan tidak akan berfungsi atau hanya sia –sia saja. Dalam hal ini, urutan skincare bisa Anda mulai dari produk yang ringan dengan tujuan membersihkan wajah sebelum melakukan tahap lainnya seperti toner, serum dan pelembab.

Lalu apa alasannya harus memperhatikan urutan skincare? Berikut kami berikan ulasan singkat.

1.      Memaksimalkan fungsi dan manfaat dari setiap produk

Dengan memperhatikan urutan skincare yang benar, pastinya Anda akan mendapatkan efektivitas dan fungsi yang lebih maksimal dari setiap produk skincare yang digunakan. Memakai secara untuk setiap produk kecantikan ini bisa Anda mulai dari tahap awal yaitu membersihkan wajah dari make up maupun debu yang mungkin menempel pada kulit wajah.

Setiap produk skincare memiliki bahan dan kandungan tertentu yang dibuat dengan tujuan khusus. Hal ini membuat urutan skincare menjadi cukup penting agar penggunaan tidak sia – sia.

2.      Meminimalisir produk skincare terbuang sia – sia

Urutan skincare yang terbalik hanya akan menjadikan produk tersebut terbuang sia – sia karena manfaatnya tidak bisa maksimal. Mengapa bisa demikian? Skincare memiliki efektivitas maksimal jika digunakan secara tepat dan benar, seperti kulit harus bersih dari sisa make up dan debu yang masih menempel sebelum mengaplikasikan skincare.

Urutan skincare lagi – lagi menjadi sangat penting. Produk skincare membutuhkan persyaratan khusus untuk penggunaannya, salah satu yang paling penting adalah harus bersih dari kotoran dan minyak.

Misalnya jika Anda menggunakan produk serum kecantikan, tetapi kulit wajah masih ada sisa make up atau ada debu yang masih menempel, toner tersebut hanya akan terbuang sia – sia karena tidak bisa diserap sempurna oleh kulit wajah.

3.      Menghindari timbulnya masalah kulit wajah

Permasalah kulit wajah bisa muncul karena berbagai faktor, salah satunya adalah urutan skincare yang salah. Selain akan meminimalisir manfaatnya, urutan skincare yang tidak tepat juga bisa memicu tumbuhnya jerawat, komedo hingga flek hitam.

Beberapa produk skincare dibuat dengan bahan campuran kimia dan alami, sehingga bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif akan lebih rentan terkena alergi dan iritasi karena cara penggunaan yang salah.

Sehingga dalam hal ini Anda perlu memperhatikan urutan skincare yang benar dan tepat mulai dari menghapus make up hingga menggunakan serum. Jangan sampai terbalik, bila perlu cari referensi lain untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

4.      Penggunaan produk skincare menjadi lebih irit

Manfaat aplikasi urutan skincare yang ini tentunya menarik perhatian Anda. mengapa? Karen menggunakan skincare atau produk kecantikan secara urut tidak membutuhkan takaran yang terlalu banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun cukup perhatikan penggunaan urutan skincare dan gunakan produk sewajarnya.

Rutinitas menggunakan skincare perlu memperhatikan urutannya. Hal ini sangat penting khususnya bagi Anda yang pemula dalam rangkaian perawatan kecantikan wajah ini. Urutan skincare yang benar dan tepat akan memberikan efektivitas yang sangat baik untuk memiliki wajah cantik dan glowing.

urutan skincare dojako

Mulai dari Make Up Remover hingga Sheet Mask, Urutan Skincare yang Tepat Membantu Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Jika Anda memiliki masalah pada kulit wajah seperti berjerawat, komedo, berminyak, kulit kering, flek hitam dan lain sebagainya. Melakukan rutinitas produk kecantikan dengan urutan skincare yang benar diklaim mampu membantu mengatasi berbagai permasalah kulit tersebut.

Efektivitas dari setiap produk skincare akan lebih optimal dengan memanfaatkan kandungan dan bahan pembentuk atau komposisinya. Skincare dibuat dengan tujuan khusus tergantung dari produknya. Dalam hal ini, sebelum Anda menggunakan produk untuk mengatasi masalah kulit wajah tentu harus melakukan serangkaian aktivitas pembersihan terlebih dahulu.

Urutan skincare ini penting untuk diterapkan sehingga selain memaksimalkan fungsi dan kegunaannya, juga akan membantu dalam menghilangkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Secara umum, skincare adalah produk kecantikan yang dibuat dengan tujuan tertentu seperti mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak dan lain sebagainya. Memperhatikan urutan skincare ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memaksimalkan segala manfaat dan kegunaan tertentu, khususnya untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah.

Dampak Negatif dari Urutan Skincare yang Salah

Produk kecantikan atau skincare digunakan untuk kebutuhan mempercantik diri serta merawat permasalah pada kulit wajah. ada beberapa produk skincare yang digunakan secara berurutan seperti facial wash, toner, hingga serum. Urutan skincare tersebut harus benar sehingga fungsinya lebih optimal.

Lalu bagaimana jika penggunaan produk skincare tersebut salah dalam hal urutannya? Hal ini dijelaskan oleh para dermatologi jika prosedur penggunaan skincare atau produk kecantikan tidak benar maka akan berdampak negatif, salah satunya adalah munculnya masalah pada kulit wajah.

Bagi Anda yang seorang pemula dalam menggunakan rangkaian skincare, perlu memahami lebih detail dari setiap produk skincare mulai dari cara penggunaan hingga prosedur dan hal yang tidak boleh dilakukan. Karena ada beberapa produk skincare yang tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan.

Dampak lain dari urutan skincare yang tidak tepat adalah efektivitasnya yang minim dari setiap produk, sehingga produk skincare hanya akan terbuang sia – sia. Jadi perhatikan benar cara menggunakan rangkaian skincare sehingga tujuan Anda bisa tercapai yaitu mendapatkan kulit bersih, sehat dan cerah.

Urutan Skincare Facial Wash Menjadi Kunci Utama untuk Memaksimalkan Fungsi Skincare yang Lain

Apakah Anda pengguna produk kosmetik yang aktif dan rutin? Jika iya, perlu Anda ketahui bahwa hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah membersihkan wajah. membersihkan wajah bukan hanya sekedar menghapus make up dari kulit wajah, namun juga secara maksimal menyingkirkan sisa make up dan kotoran yang masih menempel pada kulit wajah.

Facial wash adalah salah satu produk kecantikan yang diformulasikan untuk mencuci muka secara efektif menghilangkan debu, kotoran dan minyak. Dalam rangkaian urutan skincare,membersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam diklaim menjadi kunci utama. Mengapa demikian? Karena produk skincare seperti toner, serum bahkan pelembab tidak akan berfungsi baik jika kulit wajah masih belum terbebas dari sisa make up da kotoran yang masih menempel.

Memilih dan menggunakan facial wash atau facial foam untuk membersihkan wajah tentunya harus diperhatikan dari segi komposisi dan kandungan, sehingga bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif tidak akan mudah terkena iritasi atau bahkan alergi. Beberapa manfaat dari membersihkan wajah dengan facial wash, antara lain sebagai berikut:

  • Membuat wajah menjadi bersih
  • Mencegah penumpukan sel kulit mati
  • Menghilangkan debu dan kotoran
  • Mencegah terjadinya jerawat
  • Melembutkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencerahkan wajah
  • Melembabkan wajah

Urutan skincare harus diterapkan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang optimal. jangan hanya sekedar mengaplikasikan pada wajah, namun juga perlu Anda ketahui dan pahami lebih detail seperti apa manfaat, cara penggunaan serta takaran yang sesuai dari setiap produk skincare sehingga lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published.