Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Bahan Alami Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Memerangi jerawat bisa terasa seperti perjuangan yang berat, terutama ketika Anda berurusan dengan jerawat kistik atau hormonal yang menyakitkan. Ketika itu berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sangat melegakan ketika Anda akhirnya bisa mengendalikannya. Namun, setelah jerawat berhasil diobati, Anda akan menghadapi masalah baru yaitu bekas jerawat. Pekerjaan rumah bagi Anda untuk menemukan komposisi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Meskipun bekas jerawat tidak separah atau bermasalah seperti jerawat itu sendiri, tapi bekas jerawat bisa sangat terlihat. Banyak yang menganggap perjuangan menyembunyikan bekas jerawat sama sulitnya dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Untungnya, bukan tidak mungkin untuk memudarkan bekas jerawat; yang dibutuhkan hanyalah bahan yang tepat!

8 Bahan Alami Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Untungnya, ada perawatan yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Sementara bahan-bahan seperti hydroquinone mungkin efektif untuk menghilangkan bekas luka namun ada efek samping yang ditimbulkan. Karena hidrokuinon sering dibuat dengan benzena beracun, hidrokuinon bisa sangat sensitif. Ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan dermatitis. Dengan kata lain, yang terbaik adalah mencari skincare jerawat yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang kuat.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat:

  1. Turmeric

Kunyit adalah bahan utama dalam pengobatan Ayurveda: salah satu sistem pengobatan holistik tertua di dunia. Di era modern, kunyit telah diakui sebagai bahan anti-inflamasi dan antibakteri. Ini semua berkat komponen utamanya: kurkumin.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu dengan salah satu bentuk paling umum dari bakteri penyebab jerawat: Propionibacterium acnes.

Dalam hal menghilangkan bekas jerawat, kunyit tampaknya bekerja dengan sangat baik.

Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Turmeric
  1. Azelaic Acid

Ketika sampai kepada jaringan parut jerawat, faktor terbesar adalah penggelapan ekstrim yang disebabkan oleh melanin. Hiperpigmentasi ini dapat diatasi dengan asam azelaic: komponen biji-bijian yang terjadi secara alami seperti barley dan rye. Ini membantu mendorong pergantian sel, yang merupakan kunci dalam mengurangi munculnya jaringan parut jerawat yang parah.

  1. Neem

Neem adalah bahan alami skincare untuk menghilangkan bekas jerawat fantastis lainnya untuk memudarkan hiperpigmentasi. Ini berkat komponen azadirachtin dan nimbolide, yang tidak hanya membantu mengurangi munculnya bekas jerawat di wajah, tetapi juga memerangi radikal bebas yang merusak.

Kami tidak menyarankan menggunakan minyak mimba murni dalam perawatan pengobatan rumahan, karena bisa sangat mengiritasi dalam bentuk terkonsentrasi. Plus, jika kita benar-benar jujur: baunya tidak semua orang akan suka.

Sebaliknya, cobalah dalam produk yang telah diformulasikan dengan hati-hati dengan bahan-bahan herbal lainnya. Dojako Skincare menghadirkan pelembab jerawat ringan yang menggunakan kombinasi minyak mimba, kunyit, dan asam azelaic untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Vitamin E
Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Vitamin E

Vitamin E kaya akan antioksidan, yang menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat. Mengurangi keparahan noda pada akhirnya dapat membantu memudarkan bekas jerawat dalam jangka panjang.

Untuk perawatan yang stabil dan andal yang dapat Anda gunakan di malam hari untuk menghilangkan bekas jerawat, kami merekomendasikan produk Dojako Skincare yang memanfaatkan sinergi vitamin yang distabilkan untuk menyeimbangkan warna kulit dan menghaluskan bekas jerawat. Retinol membantu menghilangkan kotoran dari pori-pori, sementara vitamin C memberikan efek mencerahkan kulit.

  1. Lactic Acid

Anda mungkin paling akrab dengan istilah ‘asam laktat’ dari berolahraga, karena berkaitan dengan nyeri otot. Tapi tahukah Anda bahwa itu juga memiliki potensi yang signifikan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat?

Asam laktat sangat efektif untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, yang pada gilirannya mendorong perkembangan lapisan kulit baru yang tampak lebih cerah. Ini juga dapat menghaluskan jaringan parut yang kasar atau tidak rata, dan mengurangi munculnya pori-pori.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah bahan favorit untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Pertama, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin ini mampu meningkatkan sintesis kolagen untuk kulit yang lebih sehat. Kedua, membantu mencerahkan dan merevitalisasi kulit – aset yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat.

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang akan membantu mengobati bekas jerawat yang membandel di wajah, kami merekomendasikan produk skincare dengan konsentrasi 50% vitamin C didukung oleh kunyit dan asam laktat, dua bahan pencerah bekas luka lainnya yang kami sukai. Bahan tambahan lainnya termasuk enzim pepaya, asam kojic (ditemukan dalam sake), dan camu camu yang kaya antioksidan.

  1. Grapeseed Oil
Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Grapeseed Oil

Jika Anda cenderung menghadapi bekas jerawat, atau hanya ingin mengurangi munculnya jerawat, minyak biji anggur bisa menjadi cara pertama yang sangat baik. Minyak biji anggur mengandung asam linoleat yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi kelebihan sebum di kulit – sehingga mengurangi risiko noda dalam.

Jika Anda mencari perawatan yang akan membantu memudarkan bekas jerawat tanpa membuat kulit Anda dehidrasi, kita mulai dengan produk skincare yang mengandung komposisi bahan minyak biji anggur adalah bahan pertama, diikuti oleh vitamin E. Minyak wajah ini bahkan aman untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat, berkat peringkat komedogenik rendah dari bahan-bahan yang disertakan.

  1. Salicylic Acid

Asam salisilat adalah bagian dari kelas asam beta-hidroksi, atau BHA. Kelas asam ini termasuk yang paling populer untuk membersihkan kulit dan memurnikan pori-pori.

Sebagai senyawa alami yang ditemukan di kulit pohon willow, asam salisilat dapat memudarkan noda dan bekas jerawat. Ini dilakukan dengan membersihkan kotoran di pori-pori, sekaligus mengurangi kemerahan dan pembengkakan di area tersebut.

Asam salisilat sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat, tetapi juga cocok untuk digunakan pada bekas jerawat. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang benar-benar berfungsi untuk membersihkan kulit, cobalah produk skincare yang mengandung asam azelaic, kunyit, asam laktat, dan nimba.

Apa Penyebab Bekas Jerawat Terbentuk?

Biasanya, bekas jerawat disebabkan oleh pori-pori yang dipenuhi dengan sebum dan bakteri berlebih, yang menyebabkan noda yang meradang. Noda ini bisa mulai membengkak, menyebabkan dinding folikel pecah.

Ketika noda ini dangkal, mereka dapat sembuh dengan cepat. Namun, jika dalam, ada risiko penyebaran bakteri yang lebih tinggi. Sayangnya, ini dapat menyebabkan noda yang lebih dalam.

Bahkan noda yang dalam pada akhirnya akan sembuh, karena kulit Anda membentuk serat kolagen baru. Kolagen adalah molekul protein, yang dianggap sebagai ‘bahan pembangun’ kulit Anda. Namun serat baru ini tidak selalu menyatu dengan mulus ke seluruh kulit Anda – yang menyebabkan munculnya bekas luka.

Terkadang, tubuh Anda dapat memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen. Ketika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup kolagen, mereka membuat bekas jerawat yang tertekan di wajah. Ketika tubuh menciptakan terlalu banyak, ini menjadi bekas jerawat yang terangkat.

Saat jaringan ini membangun kembali dirinya sendiri, kelebihan melanin juga bisa menjadi produk sampingan dari proses penyembuhan. Melanin adalah pigmen kunci di kulit kita yang dapat meningkat di dalam jaringan parut, menyebabkan penampilan yang lebih gelap berbeda dengan kulit kita yang biasa.

Tips Memilih Bahan Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Tepat

Meskipun 8 bahan yang kami sebutkan diatas idealnya dapat menghilangkan bekas jerawat, kami harus menyarankan kepada Anda, apa pun yang Anda lakukan, jangan coba gunakan semua bahan ini sekaligus atau memasukkan semuanya ke dalam rutinitas skincare kulit harian Anda! Bahan – bahan tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat namun tiap bahan punya caranya sendiri. Jika Anda menerapkannya terlalu sering, atau dalam konsentrasi yang sangat tinggi, Anda dapat merusak kulit Anda daripada membantu menyembuhkan dan beregenerasi.

Jadi, gunakan hanya satu atau dua bahan alami skincare untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut lalu ganti frekuensinya dan selalu gunakan konsentrasi yang lebih rendah. Dan yang terpenting, pastikan untuk mengoleskan SPF setiap hari setelah mengoleskan bahan-bahan ini untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Plus, jangan lupa sisa perawatan kulit Anda! Anda harus memastikan bahwa Anda memberi nutrisi dan menghidrasi kulit Anda dengan bahan-bahan lain dalam rutinitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.