cara merawat muka berminyak

Cara Merawat Muka Berminyak dan Rekomendasi Skincare untuk Kulit Beminyak

Merawat kulit berminyak memang membutuhkan perhatian yang besar. Pasalnya, kulit berminyak benar-benar rentan berjerawat, dan tampak lebih kusam jika tidak mendapat perawatan yang tepat. Kemudian, bagaimana cara merawat muka berminyak? Simak tipsnya didalam artikel ini.

Hal paling penting dari perawatan kulit adalah pemilihan product yang tepat. Ya, perawatan yang tepat bisa memudahkan Kamu dalam mempertahankan kulit wajah, tetap dalam kondisi prima. Tampilan pori-pori tampak lebih kecil, tidak berjerawat, dan tidak kusam karena berminyak. Berikut ini beberapa cara merawat muka berminyak yang perlu Kamu ketahui.

Cara Merawat Muka Berminyak dan Rekomendasi Skincare untuk Kulit Beminyak

1. Pilih pembersih wajah

Jika Kamu punya jenis kulit berminyak, wajib bagi Kamu untuk menghindari sabun pembersih wajah yang berbahan dasar krim atau minyak. Kedua bahan itu justru bisa membuat wajah Kamu semakin berminyak.

Gunakan product pembersih yang punya kandungan asam alpha-hidroxy (Aha), seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA bisa membantuk mengelupas sel-sel kulit mati, dan juga mengurangi minyak di pori-pori.

Silakan cuci muka Kamu dengan air hangat. Karena, air hangat bisa mengangkat minyak lebih baik dari air dengan suhu normal. Pastikan Kamu membilas wajah sampai bersih, tiap-tiap kali habis mencuci wajah, agar tidak tersisa sabun di kulit.

2. Toner

Toner untuk kulit berminyak wajib bebas alcohol, dan memiliki kandungan antioksidan. Bahan-Bahan dalam toner itu bisa membantu penyembuhan kulit, mengecilkan pori-pori yang besar, mengurangi peradangan akibat jerawat, dan mengangkat sel-sel kulit mati, atau sisa makeup yang bisa membuat pori-pori tersumbat.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi, atau scrubbing, merupakan salah satu langkah perawatan penting untuk kulit berminyak. Kulit berminyak cenderung mempunyai lapisan, yang bisa dimasuki oleh sel kulit mati, dan juga bisa membuat pori-pori jadi lebih tebal.

Pengelupasan kulit ini bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pori dan jerawat, sehingga kulit akan terasa lebih halus. Bahan exfoliator terbaik untuk kulit berminyak adalah asam salisilat (Bha).

BHA tidak hanya mengangkat kulit mati di permukaan, tapi juga mengelupaskan kulit yang ada di dalam pori-pori, sehingga bisa melegakan pori-pori. Hasilnya, produksi minyak akan lebih baik dan teratur.

BHA yang digunakan secara rutin, akan membantu memudarkan tkamu merah dari noda bekas jerawat. Fungsi lain dari asam salisilat adalah punyai ciri-ciri antiradang, yang bisa mengurangi iritasi, dan menuurunkan produksi minyak berlebih.

4. Tabir surya di pagi hari

Sering kali, orang dengan kulit wajah berminyak enggan menggunakan tabir surya, dengan alasan akan membuat kulit tambah berminyak. Padahal, tabir surya juga pemtingan bagi kulit berminyak, untuk menghambat keriput dan mengurangi tkamu merah di wajah.

Tipsnya, carilah product tabir surya untuk kulit sensitif, yang punya kandungan bahan ringan, dan gunakan foundation yang punya kandungan SPF 25, atau bedak yang punya kandungan SPF 15.

5. Pelembap di malam hari

Kulit berminyak juga butuh pelembap untuk membantu mengurangi keistimewaan minyak, dan meminimalisir wajah supaya tidak terlihat berminyak. Tapi, memang pemilik jenis kulit ini perlu hati-hati ketika memilih product-product pelembap.

Pelembap untuk kulit berminyak yang baik idealnya memiliki kandungan Alpha Hidroxy Acid (Aha), layaknya asam laktat atau asam glikolat, yang bukan menyumbat pori-pori Kamu (Non-Comedogenic). Tidak hanya itu, bermacam bahan itu juga menolong kulit Kamu untuk menyerap dan menjaga kelembapan tanpa memberi minyak tambahan.

6. Product penyerap minyak

Rutin gunakan product yang sanggup menyerap minyak berlebih di wajah, layaknya kertas minyak dan bedak yang punya kandungan SPF 15. Kenakan kedua product itu adalah tidak benar satu langkah optimal yang bisa Kamu melaksanakan untuk kurangi produksi minyak di wajah.

Dan itulah beberapa cara merawat kulit berminyak. Selanjutannya, penulis akan menambahkan rekomendasi skincare untuk mengatasi kulit berminyak. Apa saja? berikut ulasannya:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Product ini merupakan pembersih wajah yang aman untuk tiap-tiap jenis kulit, mulai dari jenis kulit normal sampai sensitif. Ini karena product ini punya takaran sodium laureth sulfate (Sls) yang terlampau minim, agar punya persentase ph yang seimbang untuk kulit.

Pembersih wajah ini bukan menyumbat pori-pori kulit dan bukan memicu kulit wajah kering, menjadi meminimalisir timbulnya jerawat mengganggu.

2. Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin

Product ini merupakan tidak benar satu rekomendasi skincare paling baik untuk menangani kulit wajah berminyak, gara-gara memang kandungannya diformulasikan spesifik untuk menanggulangi suasana itu.

Tidak cuman diperuntukkan sebagai pembersih wajah, product ini juga sanggup digunakan untuk menghapus make up. Mulai dari foundation, bedak, eye shadow, sampai eye liner.

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Jika kamu sedang toner paling baik untuk menanggulangi kulit berminyak, product ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Product ini memiliki kandungan Aha, Bha, Pha, niacinamide, tea tree 2 Persen, raspberry, witch hazel, dan juga aloe vera yang juga dapat berguna untuk menangani jerawat.

4. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Produk yang satu ini sangat populer di Indonesia, terlebih setelah banyak beauty influencer yang turut merekomendasikan produk ini sebagai serum untuk mengatasi kulit berminyak.

5. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Salah satu produk skincare terbaik untuk mengatasi kulit berminyak adalah produk yang berbentuk gel, karena teksturnya ringan di wajah. Nature Republic Aloe Vera Gel ini merupakan salah satu produk terlaris dan banyak digunakan oleh beauty influencer.

Serum ini juga efektif untuk mencerahkan kulit kusam, memudarkan bekas jerawat, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit. Kandungan tersebut berperan efektif sebagai eksfoliasi kulit untuk mengangkat kotoran dari wajah.

6. Secret Key Starting Treatment Essence

Produk ini merupakan skincare jenis essence yang sangat berguna untuk menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit. Kandungan galactomyces yang terdapat pada produk ini diklaim efektif untuk meningkatkan pertahanan serta menjaga keseimbangan kulit.

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin juga mengeluarkan produk jenis essence dengan tekstur cair yang mudah diserap oleh wajah. Produk ini sangat nyaman digunakan di wajah karena tekstur dan aromanya sangat menenangkan.

8. Derma Angel Acne Care Intensive Gel

Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak dan rentan berjerawat, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, produk ini memang ditujukan untuk memberikan perawatan intensif pada kulit berjerawat akibat produksi minyak berlebih.

9. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Mengatasi kulit berminyak tak cukup dengan ritual skincare harian saja, tapi juga harus disempurnakan dengan ritual skincare mingguan. Produk ini merupakan masker wajah yang efektif digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah serta mengempiskan jerawat.

Baca Juga: Cara Menggunakan Paket Skincare Acnes

10. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Merek Innisfree merupakan salah satu merek skincare Korea terbaik yang tinggi peminat. Melalui produk ini, Innisfree menghadirkan sebuah masker wajah yang mampu mengatasi minyak berlebih hingga mengecilkan pori-pori.

Masker wajah ini juga merupakan skincare Korea untuk kulit berminya terbaik yang mudah dijumpai di pasaran. Dan berakhir sudah ulasan tentang merawat kulit berminyak dan rekomendasi skincarnya. Semoga informasinya bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *