Pernahkah kamu melihat bintik hitam di tangan atau justru mengalaminya sendiri? Ya, bintik hitam memang tidak selalu muncul di area wajah saja, tetapi juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya.

Kondisi ini juga termasuk hiperpigmentasi, yaitu kemunculan flek atau bintik hitam akibat jumlah melanin yang terus menumpuk di kulit. Secara umum, kemunculan bintik hitam pada bagian tangan bukanlah sesuatu hal yang berbahaya. 

Penyebab Bintik Hitam di Tangan

Penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di tangan 6

Bila tak kunjung mendapat penanganan, kondisi bintik-bintik hitam di tangan bisa semakin parah dan mengganggu penampilan. Lantas, apa sih penyebab kemunculan bintik-bintik hitam pada tangan?

1. Paparan Sinar Ultraviolet

Ultraviolet merupakan faktor penyebab flek hitam di wajah dan tangan yang paling umum, terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan, paparan sinar matahari di negara tersebut terbilang cukup intens.

Memang benar tubuh memerlukan sinar matahari untuk mendukung proses metabolismenya, tetapi bila intensitasnya sudah tinggi, maka akan memicu efek samping. Beberapa di antaranya kulit kemerahan, sunburn, warna menggelap, muncul flek hitam, hingga kanker kulit.[1]

2. Inflamasi

Dalam dunia medis, peradangan kulit ini lebih dikenal dengan istilah PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation. Artinya, hipermelanosis muncul akibat terjadi cedera kulit maupun peradangan. 

Sayang, PIH cenderung lebih sering menyerang orang-orang yang berkulit gelap (Fitzpatrick tipe 4 sampai 6), seperti Asia.[2] Penyebabnya cukup beragam, bisa karena jerawat, psoriasis, eksim, dan lain-lain.

3. Hormonal

Salah satu penyebab flek hitam di tangan adalah hormonal. Kondisi hormon yang sering naik-turun, ternyata juga bisa memicu bintik hitam, misalnya saja pada wanita yang sedang mengandung atau akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Mengapa bisa begitu?

Dua kondisi tersebut bisa memicu kenaikan hormon progesteron yang menyebabkan jumlah melanosis terus mengalami peningkatan.[3] Inilah mengapa, wanita dalam usia subur punya potensi lebih tinggi untuk mengalami bintik hitam.

4. Gigitan Serangga atau Bekas Luka

Bekas gigitan serangga maupun luka yang hampir mengering sering kali memicu rasa gatal. Sangat manusiawi jika kamu pun akan menggaruk pada bagian gatal tersebut, bukan?

Tapi berhati-hatilah, karena tindakan tersebut bisa menimbulkan bintik-bintik hitam. Kondisi seperti ini umumnya bisa hilang sendiri, tetapi butuh waktu yang cukup lama.

5. Efek Penggunaan Obat

Kemunculan bintik hitam pada tangan juga bisa sebagai bentuk efek samping dari penggunaan obat atau terapi yang sedang kamu jalani. Adapun jenis obat-obatan yang bisa memicu bintik hitam, yakni tetrasiklin, NSAID atau antiinflamasi non-steroid, maupun golongan psikotropika.

Selain obat, beberapa terapi juga bisa menjadi penyebabnya, seperti radioterapi pada pengobatan kanker maupun tanning bed. Jika sedang menjalani terapi tersebut, kamu bisa mengimbanginya dengan perawatan yang tepat.

Proses penanganan masalah kulit memang butuh waktu yang tidak sebentar. Lebih mudah, jika kamu meminimalkan paparan dengan pencetusnya dan lakukan perawatan secara rutin.

Cara Mengatasi Bintik Hitam di Tangan

Meski secara umum bintik di tangan tidak berbahaya, tetapi kondisi ini pasti akan menggerogoti kepercayaan dirimu. Jangan biarkan berlarut-larut, kamu bisa mengatasinya dengan menerapkan cara berikut:

1. Pilih Bodycare yang Tepat

Penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di tangan 7

Tak jauh berbeda dengan wajah, kamu juga bisa melakukan perawatan yang benar untuk menyamarkan bintik hitam di kulit. Kabar baiknya, kini sudah banyak produk perawatan tubuh atau bodycare yang beredar di pasaran.

Bukan hanya merek, kandungannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Nah, berikut beberapa kandungan pada bodycare yang bisa menghilangkan flek hitam di tangan:

  • Asam Glikolat

Glycolic acid merupakan zat asam yang termasuk pada kategori alpha hydroxy acids atau AHA. Partikel dalam asam glikolat ini paling kecil, sehingga lebih efektif untuk mengatasi flek hitam.

Berkat kemampuannya tersebut, banyak produsen kosmetika yang memasukkan glycolic acid ke dalam ingredients. Perlu kamu garis bawahi, batas maksimal keamanan asam glikolat ialah 10%. 

  • Kojic Acid

Keberadaan kojic acid untuk menghilangkan flek hitam juga bukan sesuatu hal yang baru lagi. Hal ini dikarenakan asam kojic mampu menghambat proses pembentukan tirosin dengan cara mencegah aktivasi ultraviolet. 

Perlu kamu ketahui, bahwa tirosin merupakan sejenis asam amino yang berperan dalam proses pembuatan melanin. 

  • Vitamin C

Kemampuan vitamin C dalam menjaga daya tahan tubuh memang bukan rahasia lagi, tetapi bagaimana dengan dunia kecantikan? Sama saja, faktanya vitamin C memang kaya akan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

Jenis vitamin ini memiliki sifat yang mudah mengalami oksidasi, sehingga melanin gelap bisa berubah warna menjadi lebih cerah.[4] Itulah mengapa, banyak yang menggunakan vitamin C dalam terapi bintik hitam. 

  • Licorice

Jika kamu mencari produk untuk menghilangkan flek hitam, pastikan dalam komposisinya ada licorice. Di dalamnya terdapat kandungan liquiritin, yaitu bahan aktif yang mampu menyebarkan tumpukan melanin sekaligus menghilangkannya dari kulit.

Itu artinya, licorice tak hanya bantu menghambat pembentukan bintik-bintik hitam yang baru, tetapi juga menyelesaikan permasalahan lama. Double manfaat dalam satu produk? Jelas sangat menguntungkan, bukan?

Apabila kondisi bintik hitam di wajah maupun tangan belum terlalu parah, biasanya langkah-langkah ini cukup efektif. Namun jika flek tersebut disertai dengan cincin dengan warna lebih gelap, segera periksakan ke spesialis kulit. Sebab, ada kemungkinan tanda-tanda ini merupakan gejala awal kanker kulit.

2. Eksfoliasi atau Peeling

Penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di tangan 8

Apakah eksfoliasi dan peeling sama? Secara garis besar, ya. 

Kedua tindakan ini sama-sama bertujuan untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori, baik karena kotoran maupun sel-sel kulit yang telah mati.

Kalau mau hemat, kamu bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah dengan membeli produknya di drugstore. Di samping itu, kamu juga bisa membuat eksfoliator alami menggunakan pepaya, caranya yaitu:

  • Tumbuk pepaya yang sudah matang, kemudian masukkan dalam mangkuk
  • Oleskan pada kulit secara merata, diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit
  • Setelah mengering, bersihkan pepaya dengan gerakan melingkar
  • Selesai, kamu bisa lanjut mandi dan aplikasikan lotion untuk menghidrasi sekaligus menutrisi kulit

Apabila cara di atas terbaik ribet, kamu bisa menerapkan chemical peeling. Selain di rumah, kamu juga bisa mendatangi klinik kecantikan untuk melakukannya. Ini jauh lebih aman, karena chemical peeling yang tidak tepat justru bisa memicu iritasi, kemerahan, sampai kulit mengalami dehidrasi.

3. Intense Pulsed Light atau IPL

Penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di tangan 9

Cara mengatasi flek hitam di tangan ini juga populer dengan nama terapi sinar atau laser. IPL pertama kali muncul pada tahun 1992 dan semakin tenar, seiring peningkatan jumlah permasalahan pada kulit. 

Terapi laser menggunakan flash lamp untuk memunculkan cahaya berspektrum luas serta berenergi tinggi dengan gelombang tertentu. Cahaya tersebut akan melakukan pembakaran pada sel-sel kulit yang menghitam, sehingga warnanya pun memudar.

Bagaimana jika terkena kulit yang normal? Jangan cemas, karena sinar laser memang hanya terfokuskan untuk menyerap bintik hitam saja, sehingga lapisan kulitmu yang normal akan tetap aman.

4. Mikrodermabrasi

Penyebab dan cara mengatasi bintik hitam di tangan 10

Apabila permasalahan sudah semakin parah, misalnya saja kemunculan bintik hitam di wajah seperti kutil, kamu bisa mempertimbangkan tindakan mikrodermabrasi. Mirip seperti eksfoliasi, mikrodermabrasi juga bertujuan untuk mengelupasi lapisan kulit.

Tindakan ini mampu memperbaiki beragam permasalahan kulit, seperti garis halus, kerutan, jerawat, hingga hiperpigmentasi. Tak perlu takut, karena risiko tindakan mikrodermabrasi cenderung rendah, serta proses pemulihannya pun tergolong cepat.

Satu hal yang tak kalah penting dari bintik hitam di tangan ialah langkah pencegahannya. Sebelum beraktivitas, pastikan kamu mengaplikasikan tabir surya atau sunblock yang memadai, terutama pada bagian yang sering terpapar. Cari rekomendasi tabir surya yang bagus? Kamu bisa mencari referensinya di MamaCantik, situs paling mengerti kebutuhan wanita.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version