Apa kulit berminyak serta jerawatan butuh sunscreen? Tentu saja, pakai sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan konsisten sangat direkomendasikan demi mengantisipasi kerusakan karena paparan sinar ultraviolet dari matahari. 

Basic skincare routine ini berguna menurunkan risiko kanker kulit serta menunda munculnya tanda penuaan. Tabir surya juga dapat mempertahankan warna kulit kamu, agar tidak belang atau gosong. 

Nah, demi mendapatkan produk sesuai kebutuhan, kamu perlu banyak referensi review sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat seperti pada artikel ini. Jadi silahkan simak sampai akhir!

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 9

Cari sunscreen untuk kulit sensitif berminyak dan berjerawat? Produk andalan Azarine ini dapat kamu pertimbangkan. Bentuknya gel alias water base, mudah diserap kulit, ringan karena bebas white cast, dan meninggalkan rasa dingin yang nyaman.

Kandungan ekstrak bahan-bahan naturalnya juga memberikan fungsi tambahan yaitu antioksidan dan pelembap.

Star ingredients-nya ada propolis, teh hijau, lidah buaya, dan ekstrak delima.  Bersama-sama, seluruh kandungan bahan berkualitas ini bakal menutrisi kulitmu, sebagai antiseptik alami, pelindung dari radikal bebas, sekaligus anti aging.

Sayangnya beberapa pengguna mengeluhkan sensasi sedikit gerah yang tidak nyaman setelah efek sejuknya hilang.

Kelebihan Sunscreen water base yang ringan dan gampang meresap.
Punya fungsi tambahan: menutrisi, melembapkan, dan anti aging
Kekurangan Meninggalkan sensasi gerah setelah pengaplikasian
HargaRp65.000 (50 ml)

2. Skintific Light Serum Sunscreen SPF50 PA++++

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 10

Sunscreen ber-SPF 50+ PA++++ ini nggak cuma efektif memblokir paparan UVA & UVB juga meminimalkan resiko paparan blue light. Selanjutnya Vitamin C serta Ferulic Acid-nya mempunyai efek antioksidan dosis tinggi, ampuh mengurangi tanda-tanda penuaan.[1] Vitamin C juga berguna menghaluskan wajahmu karena bisa memberikan booster pada tubuh untuk memproduksi kolagen [2]

Teksturnya cair bersahabat untuk kulit berminyak dengan kecenderungan gampang jerawatan. Pengaplikasiannya pun mudah, gampang meresap dan tak meninggalkan bekas putih, walau wajah gradakan parah.

Desain kemasannya pun terlihat estetik, tapi malah bikin sisa gel sulit dikeluarkan kalau tinggal sedikit.

Kelebihan Memberi perlindungan ganda dari sinar UV serta sinar biru 
Kekurangan Sulit mengeluarkan lotion yang tinggal sedikit
Harganya terbilang mahal
HargaRp139.900 (25 ml)

3. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 11

Emina, brand dengan para remaja sebagai target konsumennya, menghadirkan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat remaja: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++. 

Teksturnya lembut serta terbilang balance, tak terlalu watery maupun thick namun cukup tangguh memblokir paparan ultraviolet. Inilah tabir surya yang juga dapat mengunci kelembapan di kulit dengan kombinasi lidah buaya serta emollient-nya. 

Semua tipe kulit bisa pakai sunscreen Emina ini, termasuk yang kulitnya gampang berminyak dan para pejuang jerawat. Harganya juga sangat terjangkau dompet pelajar, pas buat yang cari sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat di bawah 50 ribu.

Untuk minusnya, bagi beberapa orang wajah jadi terlihat lebih oily yang jatuhnya kusam. 

Kelebihan Tabir surya berfungsi ganda sekaligus untuk moisturizer
Teksturnya ringan serta balance
Kekurangan Wajah terkesan sangat berminyak dan agak kusam
HargaRp26.000 (60 ml)

4. NPURE Cica Beat The Sun

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 12

Rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak selanjutnya adalah dari produk NPURE. Ingredients andalannya antara lain Cica Leaf Water 100% alami, ekstrak bunga seruni dan chamomilla, serta ekstrak Camellia Sinensis leaves

Khasiat utama kombinasi bahan-bahan herbal berkhasiat itu akan melembapkan sekaligus menenangkan kulit kamu.[3]

Sementara yang berperan sebagai pelindung kulit dari ultraviolet ada kandungan UV filter agent nan tangguh. Sunscreen ini pasti aman bagi aneka kondisi kulit karena bebas bahan alkohol.  

Bagi beberapa user mengaku pasca pengaplikasian sunscreen justru bikin wajahnya berminyak juga kusam.

Kelebihan Punya UV filter agent yang berperan untuk pelindung kulit yang tangguh
Punya fungsi tambahan: moisturizer serta soothing agent
Kekurangan Membuat kulit terlihat berminyak dan kusam
HargaRp79.000 (35 ml)

5. Wardah UV Shield Aqua Fresh Sunscreen Serum SPF 50 PA++++

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 13

Perintis produk perawatan kulit halal di tanah air ini merilis beberapa produk sunscreen. Untuk masalah kulit berminyak plus acne prone skin, kamu bisa pertimbangkan yang satu ini.

Keunggulannya antara lain: mengusung teknologi SkinBoost DNA™ yang efektif  menjaga kulit dari efek samping sinar UV dan berbagai penyebab kulit bermasalah. Pengaplikasian secara berkala akan menjaga kulit senantiasa glowing.

Teksturnya seringan awan, meresap dalam beberapa detik, dan memberi hasil  glowing finish bebas white cast.

Produk ini masih mempunyai kelemahan yaitu meninggalkan rasa pedih di mata, dan teksturnya yang sangat watery harus diaplikasikan dengan hati-hati karena mudah bleber. 

Kelebihan Memberi perlindungan ekstra pada kulit
Membuat wajah glowing lembap tapi tidak seperti kilang minyak
Kekurangan Pedih di mata (subyektif, tidak terjadi pada semua orang)
Sunscreen gampang bleber
HargaRp59.000 (35 ml)

6. Acnes UV Tint

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 14

Kalau kamu cari sunscreen untuk kulit berjerawat dan beruntusan, ini dia UV Tint Acnes, brand produk perawatan ternama dengan spesialisasi kulit berjerawat. Kemasannya mungil, praktis untuk kamu yang aktif dengan kesibukan harian seabrek.

Formulanya ringan, dengan tambahan vitamin E dan B6, berkhasiat sebagai pelembap dan menjaga kesehatan kulit.

Kamu bisa pilih salah satu dari dua varian, yakni beige dan green. Varian beige ampuh hempas masalah flek hitam, sementara varian green diformulasikan untuk mengatasi kemerahan karena jerawat.

Acnes UV Tint bisa kamu aplikasikan daily, tanpa perlu tambahan foundie atau bedak lagi, kulit sudah terlihat cerah berseri seperti pakai base make up

Namun UV Tint ini cenderung membuat kulit sangat kering, terutama kamu dengan tipe dasar kulit kering. Solusinya, jangan lewatkan mengaplikasikan moisturizer dulu sebelum pakai UV Tint ini.

Kelebihan Praktis, tidak perlu aplikasi tambahan apa pun
Punya kandungan Vitamin E dan Vitamin B6 yang bermanfaat bagi kulit
Kekurangan Membuat kulit sangat kering terutama untuk yang tipe kulitnya kering
HargaRp63.000 (30 gr)

7. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF50 50gr

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 15

Bagi pecinta skincare water base, produk dari Biore ini layak masuk dalam list belanja bulan ini. Sunscreen praktis ini bisa jadi teman setiamu yang sibuk beraktivitas karena gampang di-blend dan tidak butuh waktu lama sampai terserap kulit. 

Hasil akhirnya matte dan fresh sama sekali tidak ada kesan oily maupun lengket. Buat yang hobby berenang, Biore yang diformulasikan waterproof dan tak gampang longsor gara-gara air atau keringat ini bisa jadi andalan. 

Tabir surya ini juga bisa banget jadi base sebelum mengaplikasikan riasan agar make up semakin stunning.

Untuk harga, bagi beberapa pengguna memang lumayan pricey, dan beberapa mengeluhkan finish yang agak kusam. 

Kelebihan Waterproof
Gampang membaur dengan make up, memberikan hasil riasan terbaik
Kekurangan Hasil akhir agak kusam
Harganya lumayan mahal
HargaRp124.500 (50 gr)

8.  Garnier Bright Complete Vitamin C Super UV Matte SPF 50+ PA+++

8 sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat 16

Butuh rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan bekas jerawat? Kamu bisa mempertimbangkan tabir surya Garnier dengan kandungan vitamin C dosis tinggi ini. 

Seperti yang kita ketahui, skincare berbasis vitamin C dipercaya ampuh mencerahkan flek hitam juga kulit yang menggelap karena hiperpigmentasi.[4]

Ditambah lagi kandungan Vitamin E-nya alias antioksidan, efektif jadi benteng kulitmu dari efek samping radikal bebas sebagai akibat paparan sinar UV terus-menerus dan polusi lingkungan.

Teksturnya juga tak kalah ringan dengan sunscreen lain di kelasnya serta memberikan tampilan matte. Tabir surya dari Garnier ini bisa kamu pakai berenang atau saat cuaca gerah, karena formulanya waterproof dan transferproof.

Untuk minusnya, bagi yang kulitnya sensitif, timbul sensasi cekit-cekit (tingling sensation) saat berkeringat.

Kelebihan Melindungi dari sinar UV dan radikal sekaligus menipiskan noda bekas jerawat
Menjaga kesehatan kulit
Kekurangan Terasa cekit-cekit kalau kena keringat
HargaRp75.000 (30 gr)

Itu dia rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk referensi kamu. Kalau masih ingin mengeksplorasi merek  sunscreen untuk kulit berjerawat lainnya, upayakan pilih yang berlabel oil free dan comedogenic.

Artinya, produk tersebut diformulasikan dari bahan-bahan yang tak berpotensi menutup pori-pori kulit. Ini memang bukan jaminan bahwa sunscreen itu dapat menyembuhkan jerawatmu, tapi paling tidak, tidak akan membuatnya semakin parah.[5]

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version