Tahukah kamu jika sinar matahari dapat membuat jerawat atau jerawat muncul dan juga memperparah keadaannya? Karena itulah, meski sedang jerawatan, kamu wajib memakai tirai atau sunscreen untuk kulit berjerawat di setiap harinya. Tidak hanya untuk mengobati, namun juga agar jerawat tidak muncul lagi. 

Sayangnya, memang tidak semua sunscreen yang ada di pasaran cocok untuk kulit acne prone. Jadi, kamu memang perlu lebih teliti agar produk yang kamu beli tidak akan menimbulkan peradangan pada jerawat di kulit wajah.

Ingin tahu apa saja sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat? Ini rekomendasi produk yang dapat kamu coba! 

1. Dear Me Beauty Acne Care Sunscreen Gel

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 7

Product sunscreen untuk kulit berjerawat dan bruntusan pertama yang dapat kamu coba adalah tirai dari brand Dear Me Beauty. Hal yang membuatnya istimewa adalah muatan ekstrak centella asiatica. Tanaman ini adalah “ramuan ajaib kehidupan” yang sangat populer di pengobatan Tiongkok. 

Dalam beberapa tahun terakhir, ekstrak tanaman ini pun booming di industri perawatan kulit di Korea Selatan. Hal ini karena efek ekstrak centella asiatica yang ampuh untuk meredakan peradangan dan eksim di kulit.[1] Jadi, tirai yang satu ini dapat memberi efek calming sekaligus mengobati jerawat. 

Lalu, ada pula muatan asam suksinat yang punya sifat antibakteri serta ekstrak Canadian willowherb yang ampuh mengurangi inflamasi. Jadi, bila kamu mencari sunscreen untuk kulit berjerawat dan sensitif, kamu dapat mempertimbangkan tirai ini. 

KelebihanAmpuh mengatasi bacterial acne maupun fungal acne
Memberi efek calming pada jerawat yang masih aktif 
Tidak menimbulkan whitecast dan residu
Muatan SPF tinggi
KekuranganKurang efektif mengontrol minyak jika dipakai dalam waktu yang lama
Harga Mulai dariRp75.000 (35 gram) 

2. ERHA Acneact Acne Protection Sunscreen SPF 45 PA+++

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 8

Lalu, ada pula product dari brand ERHA yang termasuk ke dalam sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak. Alasannya adalah karena ada muatan zinc gluconate di dalam product ini. Senyawa mineral yang satu ini sudah terbukti efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat di wajah.

Selain itu, mineral tersebut pun punya sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri P. Acnes. Lalu, mineral ini pun dapat menghambat 5α-reduktase yang punya tanggung jawab mengatur produksi sebum di jaringan folikel. Zinc gluconate pun punya muatan antioksidan yang dapat menyembuhkan luka.[2]

Menariknya, dalam product ini ada pula muatan niacinamide yang ampuh membuat bekas jerawat dan wajah sirna. Jadi, bila kamu sedang mencari sunscreen untuk kulit berjerawat dan bekas jerawat, product ini bisa jadi pilihan tepat. 

KelebihanAmpuh untuk mengatasi bacterial acne dan mencegahnya datang lagi
Ampuh membuat bekas jerawat di wajah semakin samar
Cocok untuk kulit sensitif 
KekuranganHasilnya lembap, sehingga perlu waktu lama agar bisa ditimpa bedak
Muatan SPF cukup tinggi, namun masih ada banyak produk yang SPF-nya lebih tinggi
Harga Mulai dariRp112.000 (30 gram) 

3. Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen for Face and Body

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 9

Apabila kamu membutuhkan tirai untuk wajah sekaligus untuk badan, product dari brand Teratu Beauty ini bisa jadi pilihan. Hal ini karena ada muatan ekstrak camellia sinensis yang cukup efektif untuk mengatasi beberapa jerawat tertentu, khususnya yang jerawat disebabkan oleh bakteri.[3]

Selain itu, product ini cocok untuk kamu yang mencari sunscreen untuk menghilangkan bekas jerawat dan beruntusan. Sebab, ada muatan ekstrak kayu broussonetia papyrifera dan ekstrak kayu mulberry yang aktif sebagai agen pencerah wajah. Lalu, ada pula muatan niacinamide yang bisa mengatasi masalah kulit ini. 

KelebihanAmpuh untuk mengatasi bacterial acne
Ampuh membuat bekas jerawat di wajah semakin samar 
Bisa kamu pakai sebagai tone-up sunscreen, namun tidak meninggalkan whitecast 
KekuranganMuatan SPF di dalam product lebih rendah dari produk yang lain
Harga Mulai dariRp125.000 (100 gram) 

4. Rose All Day Don’t Forget Sunscreen Spray SPF 49 PA+++

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 10

Bagi kamu yang menyukai hal-hal simple, product dari Rose All Day ini bisa kamu pertimbangkan. Hal ini karena cara penggunaan tabir surya ini adalah dengan di-spray, jadi lebih praktis dan hemat waktu. Kamu bisa reapply produk ini kapan saja dan di mana saja tanpa merusak riasan yang sudah kamu pakai. 

Di dalamnya pula ada kandungan sunscreen untuk kulit berjerawat, seperti asam sitrat yang bertindak sebagai eksfoliator kulit. Senyawa asam ini aktif membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori. Selain itu, asam sitrat pula punya sifat antibakteri, sehingga bisa membunuh bakteri P. Acne.[4]

Lalu, ada pula muatan coconut oil, ekstrak daun camellia sinensis, dan juga ekstrak buah kakadu plum yang tidak kalah efektif untuk mengusir bakteri penyebab jerawat. 

KelebihanMengandung bahan-bahan non-comedogenic dan ampuh untuk mengatasi bacterial acne 
Mudah kamu gunakan
Tidak meninggalkan whitecast
Muatan SPF tinggi untuk ukuran tirai spray
KekuranganPerlu sering reapply
Harga Mulai dariRp120.000 (50 ml) 

5. Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 11

Bila kamu punya budget berlebih, tidak ada salahnya untuk mencoba physical sunscreen untuk kulit berjerawat asal Jepang ini. Alasannya adalah karena ada muatan potentilla erecta di dalam product. Tanaman ini terkenal punya sifat anti-inflamasi yang ampuh mengatasi peradangan di kulit akibat jerawat. 

Selain itu, ada pula sifat antijerawat yang cukup tinggi dari tanaman ini. Sifat ini terdapat pada senyawa aktif tormentil liquid B yang ada di dalam ekstrak kayu potentilla erecta.[5] Lalu, ada muatan jeruk Satsuma yang bisa berperan sebagai agen pencerah di kulit wajah sekaligus melindunginya dari radiasi sinar UV. 

KelebihanLebih ampuh melindungi kulit dari sinar matahari dari produk lain
Tahan terhadap air dan keringat
Mengatasi peradangan pada jerawat yang masih aktif
Mencegah jerawat baru muncul di kulit wajah
KekuranganHarga yang relatif mahal
Harga Mulai dariRp180.000 (20 ml) 
Rp444.000 (60 ml) 

6. Skintific All Day Light Sunscreen Mist SPF 50 PA+++

6 sunscreen untuk kulit berjerawat, aman & teruji klinis 12

Apabila kamu sedang mencari sunscreen untuk kulit berjerawat murah, product dari Skintific ini bisa jadi pilihan. Bahkan, meskipun harga tirai ini relatif murah, kualitas perlindungannya tetap bisa maksimal dengan muatan SPF 50. Selain itu, cara pemakaiannya pun mudah dan praktis. 

Tidak hanya itu saja, tirai ini pun ramah untuk kulit acne prone. Sebab, ada muatan ekstrak centella asiatica dan lidah buaya yang bisa memberi efek calming dan cooling pada jerawat yang masih aktif. Jadi, kamu akan terbebas dari peradangan jerawat. 

KelebihanMemberi sensasi calming dan cooling pada jerawat
Mudah kamu gunakan
Ampuh menjaga kesehatan skin barrier 
Muatan SPF tinggi untuk ukuran tirai spray
Harga relatif murah
KekuranganPerlu sering re-apply
Harga Mulai dariRp69.000 (50 ml) 
Rp88.000 (120 ml) 

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan sunscreen untuk kulit berjerawat mana yang akan kamu coba? Sebagai tips, jangan lupa untuk re-apply tirai setiap 5-6 jam sekali, terlebih jika kamu sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Jika SPF kurang dari 50, gunakan lebih sering.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version