Kalau lagi jerawatan, kamu mungkin enggan pakai moisturizer karena khawatir wajah bakal makin berminyak. Padahal, ada banyak formula moisturizer untuk kulit berjerawat dari merek-merek terkemuka, lho

Fyi, kalau tidak pakai moisturizer kulitmu bakal jadi kering, tubuh merespon kondisi ini dengan menghasilkan lebih banyak sebum. Sementara sebum berlebihan justru semakin menutup pori-pori dan kian menyuburkan jerawat. Kesimpulannya, pakai pelembap justru membantu meredakan masalah jerawatmu.[1]

Tapi jangan pilih sembarang produk, pastikan ada keterangan oil free dan non-comedogenic pada label moisturizer pilihanmu. Agar tidak salah pilih coba simak review pelembap untuk kulit berjerawat dan sensitif berikut:

1. La Roche-Posay Effaclar Duo+ Moisturizer Acne/Oily Skin

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 8

Cari moisturizer untuk kulit berjerawat dan bekas jerawat? Kalau ya, kamu bisa coba moisturizer keluaran La Roche-Posay ini. Formula Duo+M-nya menyediakan hero ingredients yang andal menghambat perkembangbiakan bakteri dan secara bersamaan menipiskan flek pigmentasi bekas jerawat.

Kandungan niacinamide di dalamnya memiliki khasiat soothing agent, mencegah kulit kering, menipiskan flek jerawat, dan mengurangi kemerahan.[1] Selanjutnya ada procerad sebagai solusi masalah iritasi kulit.

Brand ini mengeklaim produknya teruji klinis menyembuhkan peradangan hingga 44% dan mengurangi komedo hingga 66%. Namun beberapa pengguna yang kulitnya sensitif mengeluhkan sensasi cekit-cekit pasca pengaplikasian, serta hasil akhir yang oily.

Kelebihan Punya fungsi ganda atasi jerawat beserta nodanya
Teruji klinis hempas jerawat dan komedo
Kekurangan Muncul tingling sensation bagi yang sensitif
Harganya kurang ramah di kantong dengan volume sedikit
HargaRp. 300.000 (40 ml)

2. ElsheSkin Hydra Boost Oil Free Moisturizer

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 9

Moisturizer untuk kulit berjerawat dan berminyak kedua yang recommended jatuh kepada ElsheSkin. Produsen mengeklaim bahwa moisturizer ini dapat mengurangi sebum berlebih sampai 8 jam sekaligus menghidrasi.

Star ingredients-nya sendiri meliputi, ceramide, triple cica, zinc PCA, Galactosyl Salicylate, juga Beet Root. Kombinasi komposisi unggulan di atas bekerja mengendalikan produksi minyak, meminimalkan efek kemerahan, serta menenangkan kulit. 

Kemudian dalam membasmi jerawat, moisturizer ini mengandalkan four Acne Fighting Agents yang sekaligus punya fungsi tambahan mempertahankan skin barrier. Sayangnya produk ini hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan.

Kelebihan Memberi tampilan matte selama 8 jam
Mengatasi kemerahan, sebagai soothing agent, melembapkan, usir jerawat, dan merawat skin barrier
Kekurangan Hanya tersedia dalam satu pilihan kemasan
HargaRp129.000 (30 ml)

3. BIOAQUA 7X Ceramide Skin Barrier Repair

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 10

Sesuai klaimnya, varian Bioaqua ini dapat memberi kelembapan selama 12 jam, jadi cocok sebagai moisturizer untuk kulit berjerawat dan kering. Teksturnya gel agak cair, jadi nggak terasa tebal atau lengket waktu kamu aplikasikan.

Lalu kandungan bahannya ada 7X ceramide, centella asiatica, witch hazel, dan ekstrak buah citrus. Kombinasi ingredients berkualitas ini bekerja merawat kulitmu secara maksimal, punya efek brightening/pencerah, dan melembapkan sampai seharian.[2] 

Tapi bagi pemilik tipe kulit, kamu sensitif perlu waspada karena beberapa pengguna melaporkan timbul sensasi pedih. Selain itu ada efek peeling kalau diaplikasikan berlebihan.

Kelebihan Merawat kulit dengan optimal, melembapkan, menenangkan, mencerahkan, dan meningkatkan skin barrier
Mudah menyerap tanpa terasa tebal
Kekurangan Untuk kulit sensitif mungkin terasa agak perih
Punya efek peeling yang membuat pelembap rontok 
HargaRp49.000 (50 gr)

4. Teratu Beauty Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 11

Moisturizer untuk kulit berjerawat dan sensitif ini punya tiga keunggulan utama, yaitu melembapkan kulit, membuat warna kulit beberapa tingkat lebih cerah, dan menghempaskan jerawat.

Untuk kandungan pelembapnya ada Hyaluronic acid, shea butter, serta Centella asiatica. Sedangkan untuk memutihkan kulit, Teratu telah menambahkan glycerin serta diglucosyl gallic acid.[3] Terakhir, ada ekstrak Centella asiatica yang mempunyai khasiat anti jerawat.

Untuk pengalaman penggunaannya, tekstur moisturizer ini lumayan gampang diratakan, dan meresap. Ada sensasi sejuk yang menenangkan sekaligus mengurangi redness saat kulit sedang bermasalah.

Produk ini terbukti bersahabat untuk kulit sensitif karena diformulasikan bebas pewangi dan bebas alkohol. Untuk minusnya, ada efek peeling setelah beberapa saat dan membuat kulit kering kalau tidak cocok. 

Kelebihan Pelembap multifungsi yakni sebagai moisturizer, pencerah kulit, penghilang noda, serta mengatasi jerawat
Kekurangan Punya efek peeling yang membuat kulit terkelupas setelah beberapa saat
HargaRp50.000 (30 gr)


5. AIZEN DERMALOGY Elixskin Nutritive Cream

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 12

Aizen Dermalogy mengkhususkan diri merancang produk skincare sebagai solusi beragam permasalahan kulit orang Indonesia. Termasuk produk Elixskin Nutritive Cream, moisturizer untuk kulit berjerawat dan beruntusan. 

Produk ini mampu menipiskan flek hitam bekas jerawat, meratakan bopeng ringan, dan mengurangi kemerahan.

Formula unggulannya adalah Medixscar® 26X, gabungan dari 26 macam star ingredients meliputi: teh hijau, minyak pohon teh, azeclair, niacinamide, minyak tamanu, dll.

Saat diaplikasikan, ada cooling sensation yang mungkin kurang nyaman untuk sebagian orang. Selain itu untuk menghilangkan bekas jerawat butuh waktu cukup lama. 

Kelebihan Dapat mengurangi bekas jerawat berupa flek dan bopeng ringan, juga redness
Kekurangan Terasa sejuk saat diaplikasikan yang mungkin kurang nyaman untuk beberapa orang
Perlu waktu lama untuk mendapat hasil sesuai harapan
HargaRp139.000 (15 gr)

6. Fanbo Acne Solution Moisturizer

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 13

Brand kosmetik legendaris Fanbo ternyata juga punya moisturizer lembut dengan formula water base untuk kulit berjerawat. Teksturnya berupa jel ringan yang gampang meresap di kulit.

Kandungan bahan aktif alaminya ada minyak pohon teh, minyak buah anggur, serta lidah buaya di sini akan bahu-membahu merawat kulitmu dengan tiga khasiatnya: 

  • mengunci kelembapan di kulit
  • mengendalikan produksi sebum
  • menipiskan flek hitam bekas jerawat. 

Sementara efek anti jerawatnya bekerja mengurangi peradangan.

Moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat ini untuk efek moisturizing-nya memang tak perlu diragukan, tapi untuk efek anti acne-nya dirasa kurang maksimal menurut beberapa pengguna.

Kelebihan Selain melembapkan, Fanbo Acne Solution Moisturizer juga memberikan tampilan yang fresh, mengurangi peradangan, dan menipiskan bekas jerawat
Kekurangan Efek anti jerawatnya tidak memberikan hasil signifikan
HargaRp33.400 (40 gr)

7. Celeteque Dermoscience Acne Solutions Acne Clearing Facial Moisturizer Gel 50 ml

7 rekomendasi moisturizer untuk kulit berjerawat 14

Terakhir, ada moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat sensitif dari Celeteque yang membuat kulit senantiasa lembap dan terawat. Sementara kandungan salicylic acid-nya bekerja aktif basmi jerawat dengan membersihkan pori-pori kulit dan meredakan inflamasi.

Tak lupa Celeteque juga menambahkan niacinamide yang berkhasiat mengontrol minyak berlebih, mempertahankan elastisitas kulit, dan mengatasi kemerahan. Produk ini tidak berbau apa-apa karena memang bebas pewangi untuk menghindari resiko iritasi bagi kulit sensitif.

Kelebihan Bebas pewangi dan alkohol
Dapat membasmi jerawat sekaligus merawat kulit dengan melembapkan dan menjaga tekstur kulit tetap kenyal awet muda
Kekurangan Manfaat anti acne-nya masih kurang memberikan hasil sesuai harapan
HargaRp40.000 (50 ml)

Cara memilih moisturizer untuk kulit berjerawat, yaitu harus memiliki tiga fungsi utama, yaitu menjaga kelembapan pada permukaan kulit, membuat bagian dalam kulit selalu terhidrasi, dan melembutkan kulit.[4]

Ketiga fungsi tersebut bisa kamu temukan pada daftar moisturizer untuk kulit berjerawat di atas. Tinggal pilih saja sesuai ketersediaan budget kamu.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version