Banyak yang salah kaprah karena beranggapan bahwa kulit oily atau berminyak tidak butuh pelembap. Padahal, semua jenis kulit tetap memerlukan moisturizer untuk menjaga kelembapan dan kekenyalannya. Tapi, kamu harus tetap selektif dalam memilih moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Pastikan produk tersebut berbahan dasar air, tekstur ringan, dan non-comedogenic agar pelembap tidak memperparah sekresi minyak di wajah. Ini dia beberapa rekomendasi moisturizer untuk tipe kulit yang oily dan acne-prone, beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Acnes Oil Control & Whitening Cream

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 9

Moisturizer Acnes untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah produk multifungsi. Pelembap ini tidak cuma bisa menghidrasi kulitmu tapi juga bisa mengurangi sekresi minyak berlebih serta mencerahkan wajah.

Kandungan utamanya adalah Hyaluronic Acid yang bisa mengunci kadar kelembapan kulitmu. Selain itu, moisturizer untuk kulit berjerawat juga punya kandungan arbutin yang berguna untuk memudarkan noda hitam bekas jerawat.[1]

KelebihanFormulasi ringan
Bisa menghilangkan noda jerawat
KekuranganTerasa berat saat digunakan dengan sunscreen
Ada kandungan parfum
Harga mulaiRp25.000

2. Azarine Oil Free Brightening Daily Moisturizer

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 10

Dari sekian banyak merk pelembap, Azarine moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah salah satu yang recommended. Produk ini punya tekstur gel ringan sehingga bisa kamu pakai pagi atau malam hari. Efeknya, minyak bisa terkontrol dan tampilan kulit jadi lebih matte.

Produk ini diperkaya ekstrak Centella asiatica yang punya zat antimikroba sehingga bisa mengurangi bakteri penyebab jerawat.[2] Tidak cuma itu, Azarine juga mengandung ekstrak kayu manis yang berfungsi sebagai pengontrol minyak.

KelebihanBumil dan busui friendly
Bebas parfum
Bisa untuk sensitive skin
KekuranganBeberapa pengguna merasa wajah jadi kering
Harga mulaiRp53.000

3. Emina Ms.Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 11

Produk ini bisa jadi opsi moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat remaja. Target konsumen brand ini memang para remaja yang sedang mengalami perubahan hormon, yang menyebabkan kulit wajah jadi oily dan rentan berjerawat.

Pelembap ini mengandung bahan natural seperti lidah buaya, witch hazel, dan juga rosebay willowherb. Beragam ekstrak alami ini mampu meredakan kemerahan di kulit, membunuh bakteri, dan mengontrol sebum.

KelebihanAda SPF 15
Kemasan travel friendly
Ringan dan cepat meresap
KekuranganEfek hidrasi kurang
Ada efek peeling saat digunakan pada tipe kulit kering
Harga mulaiRp24.000

4. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 12

Yang satu ini adalah krim multifungsi karena bisa dipakai sebagai skincare dan base make up. Dengan formula water-based, krim ini gampang banget meresap dan mengunci kelembapan kulitmu selama 24 jam.

Keunggulan lain dari krim ini adalah memperkuat skin barrier-mu sehingga tidak mudah breakout. Sementara itu, kandungan niacinamide di moisturizer ini akan memberikan efek cerah dan mengurangi tampilan noda bekas jerawat.

KelebihanBisa untuk pengunci serum
Memberikan proteksi dari blue light
Bisa mengatasi jerawat
KekuranganHarga cukup pricey
Harga mulaiRp129.000

5. Originote Hyalureca Moisturizer

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 13

Buat yang suka scrolling TikTok pasti sudah familiar dengan brand ini. Brand skincare viral ini punya varian Hyalucera Moisturizer yang cocok buat kulit oily dan juga acne-prone.

Bahan utamanya adalah hyaluronic acid yang mampu melembapkan tanpa membuat kulit tampak oily. Produk ini juga punya beragam natural ingredients seperti ekstrak licorice dan spirulina yang dapat membuat kulit tampak sehat.

Selain itu, jerawat yang meradang juga akan membaik dengan lebih cepat karena gel ini mengandung tea tree oil.

KelebihanTekstur gel ringan
Cocok untuk remaja
KekuranganKemasan jar sehingga kurang higienis
Harga mulaiRp38.000

6. Cetaphil Dermacontrol Oil Absorbing Moisturizer

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 14

Lotion ringan dan bebas minyak ini bisa menghidrasi tipe kulit oily dan membantu mengurangi kilap pada permukaannya. Dengan teknologi Micropearl dan Oleosome, pelembap ini menawarkan hasil akhir yang matte dan mengurangi iritasi akibat jerawat.

Tidak cuma itu, moisturizer ini telah dilengkapi SPF 30 sehingga kamu tidak perlu lagi memakai sunscreen saat beraktivitas di luar.

KelebihanBebas paraben dan pengharum
Tidak menyumbat pori
Hypoallergenic
KekuranganHarga mahal
Harga mulaiRp431.000

7. Garnier Men Acno Fight Serum Cream

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 15

Siapa bilang kalau skincare cuma untuk kaum hawa saja? Kulit pria juga butuh perawatan khususnya pemilik tipe kulit yang oily. Nah, kalau kamu cari moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat pria, Garnier Men Acno Fight layak untuk dicoba.

Serum cream ini menawarkan beragam manfaat seperti menyamarkan noda dan pori, melawan komedo dan jerawat, menghaluskan dan menghidrasi kulit, serta memproteksi dari sinar UV.

KelebihanBisa mengatasi jerawat
Mencerahkan kulit
KekuranganAda kandungan parfum
Harga mulaiRp95.000

8. Skintific Acne Calming Water Gel

8 moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat 16

Untuk jerawat yang meradang, Skintific moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bisa menawarkan efek yang menenangkan. Saat dioleskan, gel ini terasa ada sensasi dingin yang nyaman.

Dengan kandungan panthenol, moisturizer Skintitific ini bisa mengurangi kemerahan di kulit. Tidak cuma itu, dalam gel bening ini juga terdapat Ceramide untuk meningkatkan kekuatan skin barrier. Saat skin barrier membaik, kulit tidak akan gampang berjerawat dan tampak semakin sehat.

KelebihanMampu mengurangi peradangan
Memperkuat lapisan pelindung kulit
KekuranganHarga lumayan mahal
Harga mulaiRp125.000

Itu dia beragam rekomendasi produk pelembap mulai dari brand lokal sampai internasional. Setiap produk tentunya punya kandungan yang berbeda. Jadi, pilih saja produk pelembap sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Meskipun tipe kulitmu oily, kamu tetap butuh moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat agar tingkat hidrasi kulit terjaga. Tapi, pastikan moisturizer yang kamu pilih bebas minyak sehingga produksi sebum dapat terkontrol dengan baik.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version