Memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat merupakan tantangan tersendiri. Alih-alih wajah jadi sehat, salah pilih facial wash malah bisa membuat produksi sebum meningkat dan jerawat tambah parah.

Oleh sebab itu, selektif dalam menentukan sabun muka untuk jerawat adalah suatu keharusan. Biar nggak salah pilih, cek dulu rekomendasi sabun cuci muka yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat ini.

1. Clean & Clear Face Wash

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 9

Brand ini adalah icon sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat remaja. Seluruh produk Clean & Clear memang dikhususkan bagi konsumen yang berusia belasan.

Facial wash ini punya formulasi khusus untuk kulit remaja yang sedang struggle dengan perubahan hormon. Formula barunya mengandung lebih banyak anti-acne dan pelembap sehingga bisa mengatasi jerawat tanpa mengakibatkan dry skin.

KelebihanTidak menyebabkan dry skin
Cocok buat semua tipe kulit
KekuranganAda kandungan paraben dan SLS
Harga MulaiRp21.000

2. Acnes Natural Care Oil Control Face Wash

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 10

Kalau ingin memperoleh manfaat alami tumbuhan dalam bentuk facial wash, kamu bisa mencoba Acnes sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sabun ini punya kandungan beragam ekstrak tumbuhan seperti Jojoba Esters, Chamomile, Horse Chestnut, dan Rosemary.

Dalam sabun ini juga ada microbids lembut yang membantu membersihkan kulit secara menyeluruh. Ini sebabnya, produk ini bisa mengangkat minyak dan kotoran pemicu jerawat.

Dengan formula lembut dan aroma yang tidak menyengat, facial wash ini akan menghempaskan minyak dan sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

KelebihanMengandung bahan natural
Busa melimpah
KekuranganBeberapa pengguna merasa wajah seperti ketarik setelah pemakaian
Harga MulaiRp16.000

3. Wardah Perfect Bright + Oil Control

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 11

Seperti namanya, facial wash ini memang diperuntukkan sebagai pengontrol minyak. Meskipun begitu, sabun ini menawarkan manfaat lain yaitu mencerahkan kulit karena diperkaya 4 kali lebih banyak ekstrak berries.

Dengan kandungan Kaolin Clay, sabun ini mampu mengangkat sebum yang bisa menyumbat pori. Tidak cuma itu, sabun ini mengandung ekstrak olive oil yang melembapkan dan menghaluskan kulitmu.

KelebihanBumil dan busui friendly
Halal
Non-comedogenic
KekuranganPerlu dipadukan dengan moisturizer untuk hasil optimal
Harga MulaiRp20.700

4. Cetaphil Oily Skin Cleanser

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 12

Walaupun sabun ini minim busa, formulanya bisa menjangkau hingga ke pori-pori terdalam. Sehingga, seluruh minyak, debu, dan sisa-sisa make-up bisa terangkat dengan sempurna.

Facial wash dari Cetaphil ini punya kandungan pro-Vit B5 atau phantenol yang ampuh dalam menghidrasi bahkan untuk tipe kulit sensitif.[1] Sabun ini membantu mengunci kelembapan alami sehingga kulit tidak akan terasa kering.

KelebihanTidak menyumbat pori
Hypoallergenic
Bebas pewangi
KekuranganHarga lumayan tinggi
Harga MulaiRp186.000

5. Emina Ms Pimple

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 13

Kalau kamu cari produk yang ramah di kantong, sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat Emina adalah opsi yang tepat. Hanya dengan merogoh kocek belasan ribu Rupiah, kamu sudah bisa membersihkan muka sekaligus mengurangi sebum berlebih.

Face wash ini formulanya lembut sehingga aman buat kondisi kulit yang acne-prone. Setelah penggunaan, efeknya langsung terasa karena wajah jadi kesat, segar, tanpa ada sensasi ketarik. Selain itu, face wash ini ada kandungan salicylic acid yang berguna untuk mengatasi peradangan jerawat.[2]

KelebihanAman untuk sehari-hari karena tidak membuat kering
Aman bagi pengguna yang acne-prone
Harga terjangkau
KekuranganBusa sedikit
Harga MulaiRp17.000

6. Safi Acne Expert Sebum Cleanser

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 14

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat wanita ini mengandalkan kombinasi AHA, BHA, serta ekstrak Neem untuk mengontrol sebum. Face wash ini cocok buat yang suka melakukan kegiatan outdoor.

Ini karena produk Safi ini bisa mengangkat seluruh kotoran sampai ke dalam pori. Dengan penggunaan teratur, kulit akan bersih, halus, dan bebas jerawat.

KelebihanHalal
Kemampuan kontrol minyak cukup baik
KekuranganPerlu dipadukan dengan produk Safi Acne Expert lainnya
Harga MulaiRp37.000

7. Kahf Oil and Acne Care Face Wash

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 15

Oily skin dan jerawat bukan cuma masalah kaum hawa saja. Permasalahan kulit ini juga sering terjadi pada pria. Nah, buat yang nyari sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat cowok, produk dari Kahf ini adalah opsi yang tepat.

Diperkaya ekstrak French Cypressnya dan Mediteranean Sage, face wash ini mampu mengontrol sebum di kulit wajah sampai 12 jam. Jadi, bisa dipastikan wajahmu bebas kilap seharian. 

KelebihanKontrol minyak 12 jam
Halal
Ada cooling sensation
KekuranganBeberapa pengguna merasa kulit jadi kering
Harga MulaiRp36.000

8. Garnier Bright Complete Anti Acne Face Wash

8 sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat 16

Produksi sebum yang berlebihan membuat muka jadi kusam. Untungnya, kamu bisa mengandalkan Garnier Face Wash untuk mengatasinya.

Dalam facial wash ini terkandung salicylic acid yang efektif melawan bakteri pemicu jerawat dan menekan produksi minyak yang berlebihan. Lain daripada itu, formulanya juga diperkaya Vit C yang berfungsi sebagai pencerah wajah.[3]

KelebihanMengandung scrub sehingga pembersihan lebih efektif
Bisa mencegah jerawat
KekuranganPemakaian rutin bikin kulit kering
Harga MulaiRp29.000

Itulah beberapa brand lokal dan internasional yang menawarkan produk face wash khusus untuk tipe kulit oily dan berjerawat. Setiap produk tentunya punya kandungan berbeda, sehingga efek di kulit juga tidak sama.

Oleh sebab itu, selektiflah dalam memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya agar bisa menentukan produk terbaik untuk kulit wajahmu. Jangan lupa gunakanlah setiap hari terutama setelah beraktivitas agar wajah bebas debu, minyak, dan bakteri pemicu jerawat.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version