Bagi seorang muslim, usaha wajib disertai dengan doa. Begitu juga saat kamu berusaha menghilangkan jerawat di muka. Tentunya sangat menyebalkan saat sudah mencoba berbagai treatment tapi jerawat tak juga sembuh. Untuk itu, cobalah memohon pada Sang Pencipta dengan melafalkan doa penghilang jerawat.

Jadi, setelah berikhtiar dengan menggunakan obat jerawat, saatnya bertawakal dengan cara membaca doa penghilang jerawat dan bekasnya.

Doa Penghilang Jerawat Menurut Islam

Doa penghilang jerawat dalam islam: arab, latin, dan artinya 3

Sebagian besar orang mungkin bertanya-tanya, memangnya ada doa khusus untuk menghilangkan permasalahan kulit wajah ini? Jawabannya, ada. Bahkan doa ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah saw.

Diriwayatkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar,[1] pada suatu hari Nabi Muhammad saw. datang ke salah satu istrinya. Kemudian, beliau mengetahui bahwa di bagian ujung jari istrinya melepuh karena ada bisul.

Setelah itu, Nabi Muhammad saw. mengoleskan obat pada jari istrinya yang bengkak seraya mengajarkan sebuah doa:

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allahumma mushagghiral kabir wa mukabbairas shaghir, shaghir maa bi.

Artinya: “Wahai Tuhan yang kuasa mengecilkan sesuatu yang besar dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku”

Setelah mengamalkan doa tersebut, bisul pada jari istri Rasulullah saw. akhirnya berangsur-angsur kempes dan sembuh.

Sementara itu, dalam hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa’I, disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw. meminta istrinya untuk mengoles bedak pada bagian wajah yang berjerawat. Setelah itu, Rasulullah saw. memanjatkan doa penghilang jerawat Arab berikut:

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allahumma muthfi’al kabiiri wa mukhbirash shogiri athfi’haa annii

Artinya: ”Ya Allah Dzat yang Maha memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah atau hilangkanlah jerawat ini dariku.”

Nah, jadi ada 2 doa penghilang jerawat dan beruntusan yang bisa kamu amalkan agar wajahmu kembali mulus seperti sedia kala. Kamu bisa membacanya sambil mengoleskan obat atau krim jerawat sebagai ikhtiarnya.

Cara Mengobati Jerawat

Doa penghilang jerawat dalam islam: arab, latin, dan artinya 4

Jerawat tentunya tidak akan lenyap begitu saja hanya dengan doa. Harus ada ikhtiar yang kamu lakukan untuk menghilangkannya. Nah, untuk menangani jerawat yang tak hilang-hilang, cobalah beberapa cara mengatasi jerawat di bawah ini.

1. Krim atau Obat Oles

Untuk jerawat yang meradang, memerah, nyeri, atau bahkan bernanah, kamu perlu mengkonsultasikan hal ini pada ahlinya. Dokter akan memberimu resep sesuai keluhan tersebut.

Tapi, untuk jenis jerawat ringan, kamu bisa atasi dengan memberikan krim jerawat atau obat oles di apotek. Biasanya, krim tersebut mengandung salicylic acid yang mampu meredakan peradangan pada jerawat.[2]

2. Treatment Alami

Selain mengandalkan obat kimia, jerawat juga bisa kamu rawat dengan cara alami. Di antaranya adalah dengan memberikan kompres dingin untuk meredakan nyeri yang muncul.

Selain itu, pemberian tea tree oil pada lesi jerawat juga terbukti klinis ampuh untuk mengobati peradangan jerawat.[3] Ini karena tea tree punya kandungan antijamur dan antibakteri sehingga mampu membunuh mikroba yang memperparah kondisi jerawatmu.

3. Treatment Klinik

Saat ini, teknologi di bidang kecantikan terus berkembang. Begitu juga dengan treatment wajah. Kini banyak klinik yang menawarkan perawatan wajah berjerawat sehingga mempercepat proses penyembuhannya.

Selain itu, treatment ini juga tidak menyebabkan bekas seperti noda hitam atau bahkan bopeng. Ada beragam treatment yang disesuaikan dengan jenis jerawatmu. Misalnya, ada IPL, laser, dan juga light terapy.

Treatment ini bisa terlihat hasilnya secara instan. Tapi, siapkan diri untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk biayanya.

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai doa penghilang jerawat. Pastikan membaca doa tersebut secara rutin dan disertai dengan usaha baik menggunakan obat jerawat, treatment alami maupun di klinik kulit. Yakinlah bahwa semua penyakit pasti bisa sembuh, begitu juga dengan permasalahan kulitmu.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version