Memilih sabun muka untuk jerawat yang tepat merupakan langkah awal dalam menunjang perjalanan pemulihan masalah kulit kamu. Lalu bagaimana kriteria sabun muka untuk jerawat dan beruntusan yang ideal?

Sebaiknya hindari facial wash dengan tambahan pewarna serta pewangi karena berpotensi mengiritasi juga memburuk kondisi jerawat. Sabun wajah yang terlalu keras juga mengakibatkan kulit menjadi terlalu kering, sehingga merangsang kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.[1] Pada akhirnya kulit jadi jadi semakin banyak ditumbuhi jerawat.

Kalau bingung pilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat, coba simak artikel ini sampai akhir.

1. Simple Kind To Skin Refreshing Facial Wash 150 ml

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 8

Sabun muka untuk jerawat dan berminyak ini tidak memberi klaim apa pun karena minim ingredients, tapi paling andal dalam menghapus make up serta kotoran. Kandungan bahan utamanya hanya Triple Purified Water.

Keunggulan face wash ini: teksturnya yang super lembut, bebas parfum, pewarna, deterjen, juga sudah lolos dermatologically tested, ophthalmologically tested

Satu lagi bukti kalau sabun wajah ini aman, termasuk yang kulitnya sensitif adalah berlabel hypoallergenic dan non-comedogenic. Saat diaplikasikan sangat minim menghasilkan busa, tapi perlu effort untuk membilasnya karena bakal terasa licin.

Kalau tidak terbiasa, mungkin kamu mengira sabunnya belum terbilas bersih.

Kelebihan Lembut untuk semua jenis kulit termasuk yang sensitif
Dapat membersihkan semua kotoran di wajah dan riasan
Kekurangan Meninggalkan rasa licin setelah dibilas
HargaRp56.700 (150 ml)

2. Acnemed Facial Wash for Oily Skin 50 g

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 9

Kalau wajahmu sering terlihat seperti kilang minyak ditambah punya acne prone skin, bolehlah sabun ini dicoba. Manfaat produknya yakni mengurangi sebum serta menunjang peluruhan sel kulit mati.

Ini karena ada bahan salicylic acid yang punya khasiat exfoliating agent.[2] Selanjutnya sebagai penetral efek samping salicylic acid yang dapat mengeringkan kulit, Acnemed sudah menambahkan ekstrak aloe vera.

Terakhir kandungan sodium PCA-nya bertugas mengunci kelembapan kulit dari dalam serta melembutkan kulit.

Namun untuk mereka yang punya tipe kulit super kering, kandungan aloe vera face wash ini masih belum mencukupi. Jadi kamu perlu mengkombinasikannya dengan hydrating toner.

Kelebihan Ada tiga khasiat dalam satu produk, yaitu eksfoliasi, melembapkan, dan melembutkan 
Kekurangan Cenderung membuat kulit kering
Mengandung alkohol dan SLS
HargaRp31.500 (50 gr)

3.  JF The Skin Specialist Bar Soap Acne Spot Care

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 10

Sabun JF kini juga merilis varian sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya, yaitu JF Sulfur Acne Spot Care Cleanser Bar. Setelah kandungan sulfurnya membantu proses pengelupasan sel kulit yang sudah tua, kandungan asam laktat-nya bekerja menipiskan noda bekas jerawat.

Sedangkan vitamin B3-nya dapat mencerahkan kulitmu hingga beberapa tingkat. Sekali lagi untuk yang tipe kulitnya tipis atau super sensitif, soap bar ini mungkin bisa mengeringkan kulit. Jadi lakukan tes dulu sebelum menggunakannya.

Kelebihan Ampuh menipiskan flek hitam bekas jerawat
Efektif mencerahkan kulit
Kekurangan Menyebabkan kulit kering untuk kulit sensitif dan tipis
Bentuknya bar sehingga sabun cepat habis
HargaRp. 15.000 (90 gr)

4. SENKA Perfect Whip Acne Care

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 11

Satu lagi rekomendasi sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya untuk kulit sensitif, yaitu Perfect Whip Acne Care dari Senka. 

Bahan utamanya adalah ekstrak chamomile asli dari Kyoto, Jepang, juga salycid acid yang merupakan agen antiacne sekaligus antioksidan. Jadi kulitmu bakal terlindung dari efek buruk radikal bebas.[3]

Sementara gabungan white cocoon beserta white hyaluronic acid-nya dapat mengunci kelembapan dari dalam sekaligus punya khasiat oil control.

Butiran halus pada foam-nya dapat menunjang proses eksfoliasi sehingga regenerasi kulit berlangsung optimal. Hasilnya noda dan flek bekas jerawat lambat-laun akan hilang.

Sabun ini bagi beberapa orang meninggalkan efek drying yang bisa diatasi jika mengaplikasikan moisturizer setelah mencuci wajah.

Kelebihan Ampuh redakan jerawat plus membentengi kulit dari radikal bebas
Penggunaan secara teratur bisa menipiskan flek bekas jerawat
Kekurangan Cenderung membuat kulit kering bagi yang sensitif
HargaRpRp. 65.000 (50 gr)

5. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 12

Brand Sebamed bisa dibilang jagonya dalam menghadirkan sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya untuk remaja, anak-anak, juga dewasa. Klaim produsen bahkan kandungan antibakterinya (montaline C40) efektif memusnahkan hingga 100.000 bakteri dalam 5 menit saja.

Cleansing foam ini diformulasikan sesuai pH alami kulit 5,5 jadi aman untuk semua kondisi kulit. Khasiat utamanya yakni, control oil, memblokir calon jerawat baru, dan mencerahkan kulit.

Ini karena face wash ini menunjang regenerasi kulit yang rusak akibat jerawat/iritasi, membentuk lapisan kulit baru yang lebih sehat, fresh, dan cerah.

Sabun wajah ini bagi beberapa pengguna meninggalkan efek kering dan ketat. 

Kelebihan Dilengkapi kandungan antibakteri yang mampu membasmi ratusan bakteri dalam hitungan menit
Mencegah munculnya jerawat baru
Dapat mencerahkan kulit
Kekurangan Ada sensasi ketarik pada beberapa orang
Tergolong pricey untuk sekedar cleansing foam 
HargaRp220.000 (150 ml)

6. Evershine Moringa Fresh & Gentle Cleanser

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 13

Cleanser dari Evershine ini mengandung ingredients yang dijamin aman bagi tipe kulit sensitif dan gampang jerawatan, termasuk ibu hamil. Salah satunya adalah moringa stemprotect yang kini sedang hits di kalangan para beauty enthusiast

Pasalnya bahan tersebut mampu mempercepat regenerasi sel dan produksi kolagen, juga membentengi kulit dari efek samping polusi.[4] Sebagai moisturizer-nya Evershine menambahkan ekstrak lidah buaya, sodium hyaluronate dan barbadensis leaf extract

Sama seperti Sebamed, face wash ini terbilang mahal dibandingkan produk lain di kelasnya. 

Kelebihan Face wash yang diformulasikan lembut dan aman untuk berbagai tipe kulit, termasuk bagi bumil 
Menunjang proses pembaruan kulit 
Melindungi kulit dari polusi
Kekurangan Harga lumayan mahal
HargaRp129.000 (100 ml)

7. Kahf Oil and Acne Care Face Wash

7 produk sabun muka untuk jerawat: harga, plus dan minusnya 14

Kalau cari sabun muka untuk jerawat dan beruntusan pria, kamu bisa mengandalkan Kahf, skincare halal yang diformulasikan khusus untuk pria. Kandungan utama face wash ini adalah kombinasi Hydro Balance dan Pure Cleanse yang ampuh membersihkan kulit sekaligus memberi efek moist.

Sementara bahan antibakterinya diperoleh dari ekstrak Mediterranean Sage serta French Cypress yang juga berfungsi sebagai oil control dengan matte finish selama 12 jam. 

Keunggulan lain sabun muka ini adalah ada cooling sensation yang nyaman saat cuaca panas. Selain itu aroma aquatic-nya yang lembut namun punya efek menenangkan.

Sabun muka Kahf sayangnya agak memberi efek drying walaupun tidak sampai ketarik. 

Kelebihan Punya fungsi pembersih sekaligus pelembap dalam satu produk
Dilengkapi kandungan anti bakteri serta oil control sampai setengah harian
Harganya super affordable 
Kekurangan Membuat kulit agak kering
HargaRp33.500 (100 ml)

Kalau sudah menemukan produk yang sesuai budget dan kondisi kulitmu, kamu juga harus tahu frekuensi tepat dalam mencuci wajah. Ternyata, idealnya adalah sekali pada pagi hari sebelum mengaplikasikan riasan dan sekali pada malam hari menjelang tidur.

Kalau terlalu sering cuci muka kamu bisa merusak lapisan kulit yang disebut acid mantle. Ini adalah lapisan pelindung tempat berkumpulnya keringat, minyak alami kulit, serta bakteri baik.[5] Nah, selain memilih sabun muka untuk jerawat dengan tepat, kamu juga perlu bijak dalam mencuci wajah, ya.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version