Jerawat bisa muncul di seluruh area wajah. Meskipun sangat jarang terjadi, peradangan kulit ini juga bisa terjadi pada bibir. Jerawat di bibir sudah pasti mengganggu penampilan. Selain itu, jerawat ini juga mungkin terasa nyeri saat digunakan untuk bicara atau makan.

Nah, kalau kamu ingin segera menyingkirkan jerawat ini, cari tahu dulu apa arti dan juga faktor pemicunya. Dengan begitu, kamu bisa tentukan langkah yang tepat untuk menanganinya.

Arti Jerawat di Bibir

Jerawat di bibir, faktor penyebab & cara menghilangkannya 4

Kemunculan jerawat di area bibir sebenarnya hal wajar meskipun sangat jarang terjadi. Biasanya jerawat tersebut tumbuh di bibir atas, bibir bawah, sudut bibir, atau batas antara bibir dan wajah.

Meskipun begitu, banyak yang beranggapan bahwa kemunculan jerawat di area tertentu adalah pertanda bahwa ada gangguan kesehatan yang lebih serius. Misalnya saja, kalau ada jerawat di hidung dikaitkan dengan adanya gangguan pada jantung dan sistem sirkulasi darah.

Lantas, bagaimana dengan jerawat di bibir atas atau bawah? Apakah benjolan ini juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan lainnya?

Karena mulut merupakan salah satu organ di sistem pencernaan, maka adanya jerawat pada area bibir bisa jadi merupakan tanda bahwa kondisi pencernaan yang kurang baik.

Hal ini bisa terjadi karena penderitanya mengonsumsi makanan yang berminyak. Terlalu banyak makan gorengan dan juga junk food bisa menjadi pemicu kemunculan jerawat.

Selain itu, banyak yang mengaitkan benjolan seperti jerawat di bibir adalah gejala herpes oral. Meskipun sama-sama berbentuk lesi benjolan kecil, faktanya kedua gangguan kulit ini berbeda.

Jerawat biasanya berisikan nanah. Sementara itu, bintil herpes oral berisi cairan bening. Faktor penyebab kedua permasalahan tersebut juga tidak sama. Penyebab jerawat adalah bakteri. Sedangkan herpes diakibatkan oleh infeksi virus.

Penyebab Jerawat pada Bibir

Jerawat di bibir, faktor penyebab & cara menghilangkannya 5

Sebenarnya, penyebab jerawat di bibir bawah atau atas tidak jauh berbeda dengan jenis jerawat lain yang sering kali muncul di pipi atau dahi. Umumnya, jerawat muncul karena infeksi bakteri, asupan makanan, kurangnya menjaga kebersihan, dan juga perubahan hormon.

Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan berikut.

1. Lipstik Kedaluwarsa

Kaum hawa pastinya kurang percaya diri kalau tampil tanpa lipstik. Kalau kamu punya banyak koleksi produk pewarna bibir baik berupa lipstick, lip cream, atau lip tint, pastikan selalu mengecek masa kedaluwarsanya.

Pasalnya, produk kedaluwarsa ini bisa mengakibatkan iritasi dan berbagai permasalahan lain termasuk jerawat.

2. Kurang Menjaga Kebersihan

Setelah menggunakan make-up terutama lipstik yang waterproof, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh sebelum pergi tidur. Bila perlu, lakukan double cleansing agar semua sisa makeup dan lipstick terangkat.

Caranya, usap area bibir dengan makeup removal terlebih dahulu. Setelah itu, baru cuci muka dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Bibir yang tidak bersih dan masih ada sisa-sisa lipstik bisa menjadi sarang bakteri dan memicu kemunculan jerawat.

3. Asupan Makanan Tidak Sehat

Apa yang kamu konsumsi berefek pada kesehatan. Begitu juga dengan munculnya jerawat juga dapat disebabkan karena makanan.[1]

Konsumsi makanan tinggi gula dan minyak bisa memengaruhi kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum. Hal inilah yang menjadi pemicu jerawat khususnya di area sekitar bibir.

4. Ketidakstabilan Hormon

Perubahan hormon estrogen dan androgen dalam tubuh juga menjadi pemicu jerawat. Biasanya, jenis jerawat ini muncul pada saat masa puber, haid, dan hamil. Kondisi ini tidak cuma terjadi pada perempuan saja tetapi juga laki-laki khususnya di usia remaja.

5. Stres

Tingkat stress seseorang sangat berpengaruh terhadap keparahan jerawat.[2] Artinya, saat jerawat muncul tapi sangat susah sekali hilang dan malah semakin meradang, hal ini menandakan kalau penderitanya sedang mengalami stres.

Penyebabnya adalah hormon kortisol yang diproduksi tubuh pada saat menderita stress. Hormon ini merupakan pemicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Jerawat di bibir, faktor penyebab & cara menghilangkannya 6

Metode perawatan jerawat yang muncul di bibir tidak jauh berbeda dengan jerawat di area wajah lainnya. Kamu bisa mengandalkan obat apotek maupun cara menghilangkan jerawat di bibir secara alami.

Ini dia beragam cara mengatasi jerawat di bibir atas, bawah, atau sudut bibir.

1. Obat Jerawat Topikal

Obat oles ini tersedia di apotek dan bisa kamu peroleh tanpa harus menyertakan resep dokter. Umumnya, obat topikal berbentuk gel atau salep sehingga mudah diaplikasikan pada lesi jerawat.

Obat tersebut memiliki kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid. Kedua zat aktif ini memang ampuh untuk menangani jerawat meradang dan tidak meradang. Tapi, benzoyl peroxide membuat kulit jadi lebih kering.[3]

Jadi, kalau tipe kulitmu sensitif, sebaiknya pilih obat jerawat dengan kandungan salicylic acid. Atau kamu bisa mengombinasikan benzoyl peroxide dengan pelembab bibir untuk mengurangi risiko iritasi.

2. Obat Jerawat Alami

Kalau kamu menginginkan perawatan jerawat tanpa efek samping, cobalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

Misalnya, kamu bisa mengandalkan lidah buaya, tea tree oil, kayu manis dan madu untuk mengatasi jerawat pada bibir. Sebuah studi menyatakan bahwa kombinasi antara madu dan ekstrak kayu manis efektif untuk melawan bakteri penyebab jerawat.[4]  

Cara melakukan treatment ini juga gampang:

  1. Cukup campur madu murni dan bubuk kayu manis secukupnya.
  2. Kemudian, oleskan pada bibir yang berjerawat.
  3. Tunggu beberapa saat lalu bersihkan.

3. Obat Dokter

Umumnya, jerawat bibir bisa membaik hanya dengan obat apotek atau perawatan alami. Namun, kalau ternyata jerawat semakin parah, segeralah periksakan diri ke dokter.

Dengan begitu, dokter dapat menemukan penyebab jerawat yang tak kunjung sembuh ini. Biasanya dokter akan menganjurkan pengobatan antibiotik dan juga bahan aktif yang lebih kuat seperti tretinoin atau retinoid.

Nah, setelah memahami apa arti dari jerawat di bibir, faktor penyebab, serta cara menanganinya, kamu nggak usah panik lagi kalau mengalami masalah kulit ini. Segera lakukan treatment dengan obat apotek maupun bahan alami untuk meredakannya.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version