Menggunakan skincare bukan hanya untuk kecantikan saja, tapi untuk tetap menjaga kesehatan kulit dari berbagai kondisi seperti sinar matahari, debu, polusi dan lain sebagainya. Tapi, meski sudah menggunakan skincare, ternyata ada banyak sekali kesalahan yang kerap dilakukan dan tidak disadari. Apa saja kesalahannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Menggunakan Skincare

Merawat kulit wajah agar tetap sehat tentu saja akan memberikan banyak sekali manfaat kepada Anda. Namun, ketika Anda menggunakan skincare lebih baik menghindari kesalahan yang ada di bawah ini, dimana banyak sekali yang tidak menyadarinya. Berikut kesalahan yang harus dihindari: 

Tidak membersihkan make up

Bagi Anda yang setiap hari menggunakan make up, lebih baik tidak langsung menggunakan facial wash untuk membersihkannya. Gunakan terlebih dahulu make up remover. Hal ini sendiri sangatlah penting sekali agar semua make up benar-benar hilang. 

Ketika Anda langsung menggunakan facial wash, maka akan ada sisa make up yang menempel. Hal ini sendiri nantinya akan menyebabkan pori-pori yang kotor tidak dapat dibersihkan dan dapat menimbulkan jerawat.

Tidak menggunakan toner

Kesalahan selanjutnya yang juga banyak sekali dilakukan adalah tidak menggunakan toner. Pada proses perawatan skincare, toner memiliki peranan yang sangat penting sekali. Dimana dengan toner, maka pH pada wajah akan kembali seimbang. Dengan menggunakan toner, kulit wajah akan terhindari dari berbagai masalah seperti iritasi, kulit kering atau memerah. 

Pakai bedak untuk mengusir minyak di wajah

Wajah berminyak memak kerap kali bikin kesal, tapi jika Anda menggunakan bedak untuk mengusirnya lebih baik segera ubah kebiasaan ini. Kulit yang berminyak harus dirawat dengan cara yang tepat, dimana menggunakan bedak untuk menghilangkannya sesaat hanya akan membuat pori-pori menjadi tersumbat. Hasilnya pun bisa membuat kulit wajah berjerawat. 

Tidak menggunakan sunscreen

Kesalahan selanjutnya yang juga kerap dilakukan adalah tidak menggunakan sunscreen. Padahal sunscreen memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu melindungi wajah dari sinar matahari. Anda harus tahu bahwa sinar UV yang berasal dari matahari tidak baik untuk kulit wajah. Dapat menyebabkan kusam dan noda hitam, maka daripada itu Anda harus cegah dengan menggunakan sunscreen ini. 

Tidak paham tipe kulit

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan skincare, maka harus tahu tipe kulit wajah sendiri. Karena setiap tipe wajah mempunyai cara perawatan yang berbeda, termasuk untuk bahan yang boleh dan tidak boleh digunakan. Kebanyakan yang menggunakan skincare tidak memahami hal ini dan berakhir pada kesalahan pemilihan produk skincare. 

Tidak memperhatikan kandungan skincare

Selain dari tipe kulit, Anda juga harus memperhatikan kandungan dari skincare yang digunakan. Anda harus tahu bahwa ada beberapa bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan bisa jadi Anda memiliki alergi terhadap bahan yang ada dalam skincare tersebut. Anda harus benar-benar memperhatikan apakah bahan skincare mengandung mercury atau tidak. Perlu Anda tahu bahwa mercury adalah bahan yang sangat berbahaya sehingga tidak boleh digunakan. 

Demikianlah beberapa kesalahan ketika menggunakan skincare yang sering kali tidak disadari. Dari semua kesalahan tersebut, memang terlihat sangat sepele tapi dapat memberikan pengaruh yang besar. Bisa jadi perawatan yang Anda lakukan akan sia-sia saja. Maka daripada itu, usahakan Anda tidak melakukan kesalahan di atas agar kulit tetap sehat.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version