Eksfoliasi muka memainkan peran penting dalam melepaskan sel kulit mati yang buat wajah tampak kusam dan menghalangi penyerapan produk perawatan.[1] Dari sekian produk, scrub wajah untuk memutihkan wajah bisa menjadi solusi mengikis sel kulit usang sekaligus membuat kulit berseri dengan kandungan pencerahnya. 

Belum punya referensi produk scrub yang bisa kamu andalkan? Untuk hasil optimal dalam membangkitkan kulit yang cerah, ini beberapa pilihan scrub yang bagus untuk memutihkan wajah:

1. ST. Ives Radiants Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Face Scrub

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 8

Apa scrub wajah untuk mencerahkan wajah dari merek terpercaya yang bisa kamu gunakan? Kamu bisa menggunakan scrub dari St. Ives yang sudah cukup terkenal dengan beragam produk eksfolian. 

Sebagai eksfoliator alami, varian Radiant Pink mendayagunakan cangkang kacang kenari yang dihaluskan. Sifat lembut dari cangkang kacang kenari memastikan pengelupasan sel kulit mati dilakukan secara lembut dan tidak menyebabkan iritasi.[1]

Selanjutnya, untuk penampilan yang lebih bersemangat pada wajah, produk ini mengantongi elemen ekstrak buah pink lemon yang kaya vitamin C. Peran besar senyawa ini terletak pada peningkatan warna kulit juga efek pengencangan yang dihasilkannya.[2]

Kelebihan – Produk bebas dari kandungan paraben
– Terdapat glycerin dalam formula ini untuk memberikan kelembaban yang diperlukan
Kekurangan – Bagi beberapa individu, aroma parfum terlalu intens
HargaRp55.000 (170 gr)

2. Erha Exfoliating Cleansing Scrub 

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 9

Product scrub untuk memutihkan wajah dari Erha ini mempunyai peran ganda yakni sebagai exfoliator fisik serta sabun muka. Penggunaan sabun muka tidak lagi kamu butuhkan setelah menyematkan produk ini dalam rutinitas kamu.

Selain eksfoliator fisik, produk ini dirumuskan dengan beta hydroxy acid (BHA) untuk membantu proses kimia dalam menghilangkan sel kulit mati.[3] Dengan ini, proses regenerasi sel kulit dapat berjalan dengan lebih efisien.

Dalam produk juga terdapat niacinamide yang telah teruji secara klinis dapat menyulap citra muka jadi lebih bening dan memerangi hiperpigmentasi setelah empat minggu implementasi.[4]

Kelebihan – BHA bisa melambat produksi sebum sehingga cocok untuk kulit berminyak 
– Lebih hemat karena kamu tidak butuh face wash lagi
Scrub halus yang tidak memberikan efek iritasi
Kekurangan – Masih melibatkan fragrance
– Memuat beberapa bahan preservatif yang dapat menimbulkan iritasi pada beberapa orang
HargaRp81.000 (60 gr)

3. Sensatia Botanicals Coconut and Vanilla Facial Scrub 

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 10

Sensatia Botanicals Coconut and Vanilla Facial Scrub adalah exfoliating scrub wajah yang efektivitasnya ditingkatkan dengan penggunaan ekstrak lidah buaya. Sebagai informasi, ekstrak lidah buaya punya aloesin, yakni penghambatan tirosinase kompetitif yang  pemakaiannya dapat memberikan efek pemutihan pada muka.[5]

Kecerahan pada muka kamu juga dapat ditingkatkan dengan adanya ekstrak buah pepaya yang kaya flavonoid dalam produk ini. Dengan cara membendung kinerja enzim pembentuk pigmen, flavonoid dapat mempertahankan keadaan muka yang lebih bersih dan juga cerah.[6]

Kelebihan – Rekomendasi ideal untuk pemilik kulit normal juga kering
– Rentang pH yang seimbang berkisar antara 4,5 dan 5,5
– Bisa dipakai tanpa masalah oleh ibu hamil maupun menyusui
– Formulasi tanpa paraben
Kekurangan – Aroma produk agak kuat
– Butiran scrub tidak terlalu lembut 
HargaRp120.000 (60 ml)

4. Azarine Fresh Radiant Lightening Scrub

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 11

Dalam usahanya melepaskan sel kulit usang yang menumpuk, scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati ini memanfaatkan biji buah aprikot sebagai exfoliator fisik. Di samping itu, ada tiga bahan eksfoliasi kimia, AHA, BHA, dan PHA, yang dirancang untuk secara optimal menghapus sel kulit yang tidak efektif lagi. 

Dengan melibatkan kolaborasi eksfoliator fisik dan ketiga zat eksfoliasi kimia yang apik, produk ini bisa secara efektif mentransformasi kulit kamu menjadi lebih cerah. 

Kelebihan – Komposisi tanpa kandungan alkohol
– Ada bahan lidah buaya yang dapat meningkatkan tampilan cerah pada muka
Kekurangan Scrub produk memiliki butiran yang sedikit kasar
– Mengandung parfum yang mungkin menyebabkan kulit sensitif bagi sebagai orang
HargaRp32.000 (50 gr)

5. Melanox Premium Face Scrub 

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 12

Scrub untuk memutihkan wajah ini menempatkan komponen ekstrak kulit jeruk Jeju dalam formulasinya. Sebagaimana bahan pencerah lain, ekstrak ini juga mampu menekan efektivitas enzim yang memproduksi pigmen. Dengan demikian, warna cerah muka dapat dipertahankan.[7]

Tidak hanya ekstrak jeruk Jeju, face scrub ini juga diperkaya dengan charcoal powder. Keberadaan charcoal powder adalah sebagai elemen kunci yang signifikan dalam membatasi pembuatan sebum, menyembunyikan bekas jerawat, juga  menyapu sel-sel kulit usangi.[8]

Kelebihan – Ideal untuk kulit berminyak
– Bentuk scrub adalah butiran yang halus
– Dalam formulanya, terdapat tambahan BHA untuk melakukan eksfoliasi kimia
Kekurangan – Komponennya masih mengandung mineral oil
– Ada tambahan parfum 
HargaRp38.000 (50 gr)

6. Clinelle Skin Smoothing Scrub 

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 13

Scrub apa yang bisa memutihkan kulit selanjutnya? Kamu bisa memperhitungkan Clinelle Skin Smoothing Scrub ini.

Scrub ini memiliki fungsi eksfoliasi ganda yang unik, selain memanfaatkan scrub untuk membuang sel kulit usang, produk ini juga mengandalkan salicylic acid. Bukan hanya menghilangkan sel kulit yang dapat membuat kulit terlihat kusam, senyawa ini juga mereduksi penyumbatan di pori-pori, sehingga kulit lebih cerah.[9]

Keampuhan produk ini dalam membuat kulit tampak seakan-akan lebih putih juga terletak pada kandungan ekstrak bunga calendulanya. Penggunaan ekstrak bunga ini dalam produk peremajaan dapat mengurangi jumlah melanin content yang mana akan berhubungan dengan hadirnya muka yang lebih cerah.[10]

Kelebihan – Dapat digunakan pada segala jenis kulit
– Formula tanpa pewangi
– Bebas dari bahan dasar mineral oil
– Tidak mengakibatkan penyumbatan pori-pori wajah
Kekurangan – Terdapat asam sitrat di dalamnya, yang mungkin menyebabkan iritasi pada sebagian orang
HargaRp110.000 (75 ml)

7. Dermies Clear Me Facial Scrub

7 pilihan scrub wajah untuk memutihkan wajah yang ampuh 14

Mengelupas sel kulit usang, menumpas kotoran di pori-pori, serta mengontrol sebum, itulah tiga hal yang akan kamu dapatkan dari produk ini.

Komponen salicylic acid juga lactic acid akan membantu kamu mengangkat sel kulit yang tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga area yang terlihat kusam berkurang. Partisipasi kedua senyawa ini juga akan ikut serta dalam membersihkan pori-pori, sehingga rona alami muka yang cerah dapat terpancar maksimal. 

Berikutnya, niacinamide akan berfungsi menstimulasi kecerahan pada wajah dan mengatasi masalah yang mengurangi daya tarik, seperti kerutan dan garis halus. Sehingga, visual muka akan tampak lebih segar daripada sebelumnya.

Kelebihan – Sesuai untuk perawatan kulit berminyak
Scrub dengan butiran halus
Kekurangan – Terdapat tambahan pewangi serta alkohol
HargaRp75.000 (100 gram)

Itulah beberapa produk yang bisa kamu implementasikan pada rutinitas perawatan kamu guna membersihkan sel kulit lama sebagai langkah awal mencerahkan muka. 

Untuk urutan pemakaian scrub wajah, kamu bisa menggunakan produk di atas sesudah membersihkan muka dengan sabun pemutih wajah. Selanjutnya untuk mengoptimalkan perawatan pakain juga toner, serum, juga masker wajah untuk memutihkan muka.

Rekomendasi scrub wajah untuk memutihkan wajah ini hanya sebagian kecil dari rangkain produk yang bisa kamu pakai untuk muka lebih bening dan cerah. Dapatkan rekomendasi skincare untuk kulit kusam lainnya di Mamacantik.id.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version