Setelah berbagai treatment untuk menyembuhkan jerawat tidak berhasil, kadang dokter tidak punya pilihan selain meresepkan antibiotik untuk jerawat. Kamu mungkin harus minum obat oral seperti antibiotik sekaligus mengaplikasikan salep antibiotik untuk jerawat sebagai obat luarnya.

Apa saja obatnya?

Daftar Antibiotik untuk Jerawat

Obat jerawat memang tersedia dalam dua jenis, yaitu antibiotik oral (minum), dan antibiotik topikal (penggunaan luar/oles). Obat antibiotik untuk jerawat meradang bekerja dengan dua cara: meminimalkan jumlah bakteri (Propionibacterium acnes) pada permukaan kulit dan folikel dan meredakan peradangan dengan khasiat anti-inflamasinya.[1]  

Penggunaan antibiotik harus di bawah pengawasan dokter karena bakal berisiko resistensi bakteri jika digunakan sembarangan. Resistensi bakteri adalah kondisi ketika bakteri mengembangkan kemampuan untuk mengalahkan obat antibakteri yang seharusnya bisa mematikannya.

Jadi kalau terjadi resistensi bakteri jerawat, maka jerawat berhenti merespon antibiotik sehingga semakin sulit disembuhkan.[2]

Ini dia daftar antibiotik topikal dan oral yang umum dilibatkan dalam penanganan jerawat dengan tingkat keparahan sedang sampai tinggi. Untuk antibiotik topikal adalah Clindamycin dan Erythromycin, sementara untuk antibiotik oral ada Minocycline, amoxicillin, dan Doxycycline.  

1. Clindamycin (Topikal)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 8

Clindamycin kerap diresepkan sebagai antibiotik saat kamu sedang berjuang dengan jerawat. Obat ini memiliki 5 manfaat sekaligus untuk jerawat, yaitu:

  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Mengurangi nyeri
  • Bakterisida 
  • Mencegah sumbatan pada pori-pori
  • Mencegah kerusakan kulit

Aturan Pakai:

Salep Clindamycin bisa dioleskan 1-2 kali sehari (pagi dan sore) tipis-tipis merata pada kulit berjerawat selama 6-8 minggu.

2. Erythromycin (Topikal)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 9

Terapi mandiri Erythromycin biasanya tidak bisa menyembuhkan jerawat secara total, tetapi bisa membantu mengendalikan pertumbuhanya. Inilah sebabnya antibiotik ini biasanya dikombinasikan dengan obat lain.

Erythromycin bekerja dengan menekan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes dalam pori-pori, mengurangi kemerahan dan peradangan. Di apotik antibiotik ini tersedia dalam bentuk salep atau gel 2%.

Aturan Pakai:

Saran pemakaian yang umum adalah dua kali sehari setiap pagi dan malam ke area kulit yang berjerawat.

3. Dapsone (Topikal)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 10

Dapson antibiotik termasuk dalam kelas obat sulfa yang bekerja mengatasi infeksi bakteri dengan memblokir jalur metabolisme asam sulfat. Tujuannya adalah untuk meredakan peradangan.

Aturan Pakai:

Sama seperti pada umumnya antibiotik topikal, Dapson gel dapat kamu oleskan tipis-tipis ke bagian kulit yang berjerawat dua kali sehari. Dokter bisa saja menyarankan aturan pakai yang berbeda sesuai kasus jerawat kamu. Jangan gunakan obat melebihi dari aturan dokter. 

4. Minocycline (Oral)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 11

Minocycline merupakan antibiotik tetrasiklin yang juga tersedia dalam bentuk topikal namun tidak terlalu banyak diresepkan karena menyebabkan perubahan warna kulit.

Obat ini bekerja dengan mengurangi bintil-bintil memerah yang bisa disebabkan oleh jerawat maupun rosacea. 

Caranya adalah dengan memblokir pembentukan protein yang menjadi sumber makanan bakteri sehingga pertumbuhan bakteri terhambat dan pada akhirnya mati. Dengan begitu, jerawat lambat laun akan berkurang.

Aturan Pakai:

Rekomendasi penggunaan secara umum untuk dewasa adalah 2 kali sehari (50 mg Minocycline) atau 1 kali sehari  (100 mg Minocycline).

5. Amoxicillin (Oral)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 12

Amoxicillin Adalah bagian dari antibiotik golongan penisilin yang bisa jadi alternatif bagi mereka yang alergi terhadap antibiotik tetrasiklin. Tipe antibiotik ini juga dipercaya punya efek samping yang lebih minim daripada jenis lainnya.

Amoxicillin mampu membasmi bakteri dengan cara menghentikan pembentukan dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Aturan Pakai:

Saran penggunaan amoxicillin untuk jerawat biasanya adalah dua kali sehari.

6. Doxycycline (Oral)

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 13

Antibiotik Doxycycline dapat mengatasi berbagai jenis infeksi mulai dari jerawat sampai infeksi saluran kemih. 

Cara kerjanya dalam mematikan bakteri adalah dengan menghentikan terbentuknya protein sebagai sumber makanan bakteri sehingga lama-kelamaan akan mati. Selanjutnya kekebalan tubuh kita sendiri yang akan mengatasi infeksi.

Salah satu merek dagang antibiotik Doxycycline yang umum adalah Dohixat.

Aturan Pakai:

Untuk pengobatan jerawat saran penggunaan oleh dokter biasanya 50 – 100 mg Doxycycline per hari yang dapat kamu minum 1 atau dua kali sesuai petunjuk dokter. Durasi pengobatan dengan antibiotik jerawat Doxycycline adalah mulai 6 sampai 12 minggu.

Efek Samping Antibiotik untuk Jerawat

6 antibiotik untuk jerawat: topikal, oral & aturan pakainya 14

Walaupun pengobatan jerawat dengan antibiotik kebanyak efektif, namun ada efek samping yang perlu kamu pertimbangkan selain resistensi bakteri. Untuk antibiotik topikal misalnya, risiko yang berpotensi terjadi adalah:

  • Kulit kering
  • Iritasi
  • Reaksi alergi berupa gatal-gatal dan kulit memerah, dll

Sementara efek samping antibiotik oral yang bisa terjadi adalah:

  • Reaksi alergi ringan sampai berat mulai dari timbul ruam sampai sesak nafas
  • Gangguan pencernaan seperti diare dan mual
  • Sariawan, dll

Sebagai langkah pencegahan, jangan skip pakai moisturizer saat sedang mengaplikasikan salep antibiotik untuk jerawat. 

Secara umum, mengikuti petunjuk dokter dengan patuh akan membantu pengobatan lebih baik. Jangan mengonsumsi atau mengaplikasikan antibiotik lebih daripada saran aturan pakai. Untuk antibiotik oral, ini akan memberikan hasil yang lebih optimal jika dikonsumsi pada jam yang sama setiap hari.

Jangan lupa, beritahukan kepada dokter secara detail riwayat alergi yang kamu miliki agar dokter dapat memberikan rekomendasi antibiotik untuk jerawat sesuai kondisi.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version