Ada segudang produk anti jerawat yang tersebar di luar sana, mulai dari obat jerawat alami sampai skincare dan multivitamin. Tapi, mencari produk yang “sakti mandraguna” rasanya seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Nah, kali ini kami sudah merangkum aneka obat jerawat paling ampuh untuk kamu coba.

Untuk kamu yang lagi galau, simak rekomendasi obat jerawat paling ampuh berikut ini untuk melenyapkan jerawat-jerawat nakal.

1. Nomika 100 mg

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 8

Nomika termasuk antimikroba pilihan untuk jerawat. Faktanya, antibiotik obat jerawat paling ampuh ini memang bersifat mematikan bakteri penyebab jerawat.

Selama minum Nomika, mayoritas pengguna merasakan perubahan yang lumayan setelah 6 sampai 8 minggu pengobatan. Kamu bisa meminumnya kapan saja, mau itu setelah makan ataupun dalam perut kosong. Tapi, yang paling recommended adalah minum segelas penuh air di setiap dosis untuk mengurangi iritasi di perut.

Hindari minum atau makan olahan susu seperti keju dan yoghurt selama mengonsumsi obat ini. Pasalnya, bahan-bahan tersebut akan bereaksi dengan minocycline yang terkandung dalam Nomika. Nah, tubuh pun tidak dapat menyerap khasiat obat dengan baik deh.

KelebihanDibandingkan dengan antibiotik lain untuk mengatasi jerawat, Nomika lebih sedikit menimbulkan efek samping
Efektif meredakan peradangan, kemerahan, dan bengkak pada jerawat
KekuranganLebih mahal daripada obat jerawat lainnya
Dilarang keras dikonsumsi selama kehamilan
Tidak cocok untuk jenis jerawat yang lebih ringan
HargaRp143.100 per strip

2. Doxycycline 100 mg

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 9

Kalau cara-cara lain belum juga mempan mengusir jerawat, Doxycycline mungkin bisa jadi alternatif. Doxycycline sejak lama digunakan untuk mengurangi populasi bakteri penyebab jerawat yang bersarang di pori-pori kulit.[1] Jerawat akan mulai hilang dalam waktu 2 minggu. Namun, bisa sampai 3 bulan untuk melihat efek maksimal dari obat ini.

Sama seperti ketika minum Nomika, hindari mengonsumsi olahan susu dan pangan lain yang tinggi kalsium dan zat besi selama pengobatan dengan Doxycycline. Hal ini dapat menghambat penyerapan obat oleh tubuh.

Sementara itu, obat jerawat paling ampuh dan cepat hilang ini paling baik diminum saat perut kosong (setidaknya satu jam sebelum atau dua jam setelah makan), paling tidak sekali sehari.

KelebihanTerjangkau
Efektif menyembuhkan jerawat meradang
Bukan cuma mengatasi jerawat yang sudah ada, tetapi juga mencegah timbulnya jerawat baru
Tergolong aman untuk penggunaan jangka pendek, lazimnya tidak lebih dari empat bulan
KekuranganDilarang keras dikonsumsi selama kehamilan
Dapat memicu mual, diare, dan pusing
HargaRp9.600 per strip

3. Erythromycin 500 mg

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 10

Mengandung 500 mg eritromisin, antibiotik ini adalah salah satu obat jerawat paling ampuh di apotek untuk melawan bakteri yang bertanggung jawab atas jerawat bengkak dan nyeri. Selain itu, Erythromycin juga mampu meredakan peradangan, yang artinya obat ini juga berfungsi mengurangi pembengkakan akibat infeksi.[2]

Sebaiknya konsumsi Erythromycin selama 3 hingga 4 bulan, meski biasanya dalam waktu 2 bulan sudah terlihat ada kemajuan pada kondisi kulit. Dokter umumnya menganjurkan dosin sebanyak 250 mg setiap enam jam atau 500 mg setiap 12 jam.

Minum obat ini ketika perut kosong, setidaknya 30 menit sebelum atau dua jam setelah makan. Seandainya ada rasa mual, konsumsi bersama makanan atau susu.

KelebihanTerjangkau
Aman bagi wanita hamil
Efektif dalam mengobati jerawat berat
KekuranganBeberapa individu dapat menderita mual, diare, dan kram perut saat mengonsumsi obat ini
HargaRp20.200 per strip

4. Eudyna

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 11

Eudyna yang merupakan salep jerawat berbahan aktif tretinoin ini cocok untuk jerawat membandel. Tidak hanya itu, karena mengandung turunan vitamin A, obat jerawat dan beruntusan paling ampuh ini juga berfungsi ganda sebagai anti-aging cream.[3]

Meski awalnya tampak aneh, namun obat ini justru bekerja dengan cara “mengikis” kulit. Dengan begitu, obat ini mempercepat siklus hidup sel-sel kulit. Sel-sel akan membelah lebih awal dan mati lebih dini, agar sel-sel muda yang lebih sehat dapat segera muncul.

Melalui pemakaian rutin, Eudyna akan membasmi jerawat yang sudah ada sekaligus mengurangi jumlah dan tingkat keparahannya. Oleskan Eudyna sekali sehari, lebih bagus lagi sebelum tidur. Kemudian, obat ini akan mulai bekerja sekitar 2 hingga 3 minggu. Namun, untuk hasil optimal, tunggu sampai 6 minggu atau lebih, ya.

KelebihanJuga ampuh menangani bekas jerawat, garis-garis halus, dan kerutan
Mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan jerawat
KekuranganMahal
Tidak cocok untuk kulit sensitif
Dilarang keras digunakan selama kehamilan
Kulit bakal langsung purging setelah penggunaan pertama
HargaRp58.000 per tube

5. Cindala Gel

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 12

Kamu punya jerawat super parah yang meradang, seperti jerawat batu? Jangan ragu mencoba Cindala Gel yang mengandung clindamycin. Studi pada 2013 membuktikan bahwa clindamycin topikal terbukti mengurangi jerawat pada orang dengan jerawat inflamasi sedang.[4]

Kamu akan mulai melihat hasilnya dalam waktu sekitar 4 hingga 6 minggu setelah menggunakan obat jerawat batu paling ampuh ini. Namun, jangan kaget jika kulitmu bakal purging dulu selama beberapa minggu pertama pengobatan. 

Sayangnya, Cindala Gel tidak lagi manjur setelah 2 bulan kecuali jika kamu kombinasikan dengan skincare yang mengandung benzoyl peroxide. Oleskan Cindala Gel dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

KelebihanTerjangkau
Mengurangi bakteri penyebab jerawat
Mencegah breakout
Menghalau pertumbuhan bakteri penyebab jerawat
KekuranganDapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas
Dilarang keras digunakan selama kehamilan
Tidak mempan untuk jerawat beruntusan
HargaRpRp38.000 per tube

6. Acnol Gel for Acne

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 13

Acnol Gel for Acne mengandung dua bahan terbaik untuk memerangi jerawat, yakni tea tree oil dan salicylic acid. Bahan-bahan ini mengemban tanggung jawab masing-masing.

Tea tree oil mengincar bakteri utama dan peradangan yang timbul dan memperbaiki jerawat ringan hingga sedang.[5] Sementara itu, salicylic acid berperan dalam mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di permukaan dan pori-pori kulit, yang mana keduanya mempermudah penetrasi bakteri untuk menginfeksi.

Walau salep obat jerawat paling ampuh ini bereaksi sedikit lebih lambat daripada obat jerawat lainnya, namun efeknya tidak terlalu mengiritasi kulit. Untuk hasil maksimal, oleskan sekali atau dua kali sehari.

KelebihanTerjangkau
Tidak mengiritasi kulit
Mengurangi peradangan
Membuka pori-pori yang tersumbat
Mencerahkan kulit
Aman selama kehamilan
KekuranganButuh waktu lebih lama agar hasilnya terlihat
HargaRpRp15.000 per tube

7. Xpeditions Acne Spot Gel

Rekomendasi 7 obat jerawat paling ampuh di apotek 14

Sekiranya kamu benar-benar dalam keadaan terdesak, Xpeditions Acne Spot Gel boleh jadi jalan terakhir. Obat ini mengandung hidrogen peroksida yang bisa mengeringkan jerawat. Namun, catat baik-baik jika obat ini hanya bekerja pada jerawat meradang atau yang bernanah, ya.

Selain itu, Xpeditions Acne Spot Gel tidak boleh kamu andalkan sebagai obat jerawat reguler. Anggap saja salep ini sebagai solusi jangka pendek, sebab terlalu strong untuk pemakaian rutin.

Misalnya, seandainya ada tiga jam sebelum acara penting, dan kamu tak bisa membatalkan janji, kamu boleh mengoleskan gel ini sekadar untuk mengeringkan jerawat.

Oleskan gel tepat pada jerawat. Hati-hati jangan sampai mengenai kulit di sekitarnya. Aplikasikan maksimal dua kali sehari selama tidak lebih dari satu atau dua hari berturut-turut.

KelebihanEfektif membunuh bakteri penyebab jerawat
Meredakan peradangan
KekuranganMahal
Berpotensi mengiritasi dan mengeringkan kulit
Dilarang keras digunakan selama kehamilan
HargaRp55.000 per tube

Yang namanya bertarung dengan jerawat memang bukan pengalaman menyenangkan. Tapi kamu beruntung, karena sekarang hadir aneka obat jerawat paling ampuh untuk mewujudkan cita-citamu memiliki kulit bening dan sehat. Dan untuk kasus jerawat membandel, sebaiknya percayakan pada dokter kulit, ya.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version