Dari obat totol sampai obat minum dan teknologi laser, dewasa ini hadir aneka metode untuk menangani jerawat. Meski begitu, salah satu opsi yang paling hemat adalah dengan menggunakan salep jerawat dari apotek.

Bagi yang menderita jerawat ringan hingga sedang, krim jerawat yang tersedia di apotek bisa menjadi solusi terbaik. Dengan 9 rekomendasi salep jerawat ini, kamu tak hanya bisa mengobati jerawat yang ada, tetapi juga mengatasi aneka permasalahan kulit lainnya.

1. Vitacid 0.05% Cream

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 10

Vitacid 0,05% Cream merupakan salep jerawat batu yang juga bagus untuk mengurangi tanda-tanda penuaan serta merawat tekstur kulit. Kandungan aktifnya berupa tretinoin 0,05% yang berasal dari vitamin A dalam bentuk asam retinoat.

Untuk penggunaan awal, oleskan Vitacid tiga kali seminggu. Kalau kulitmu mampu menoleransi dengan baik, mulai gunakan setiap malam. Saat menggunakan Vitacid, oleskan secukupnya pada kulit yang berjerawat dan pijat dengan lembut.

KelebihanJuga efektif untuk perawatan anti-aging
Bagus untuk jerawat batu
Hasil penggunaan relatif cepat terlihat
KekuranganMahal
Tidak untuk kulit sensitif
Tidak untuk ibu hamil
HargaRp52.000

2. Acnes Sealing Jell (Mulai Rp16.000)

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 11

Untuk kamu dengan kulit sensitif, Acnes Sealing Jell adalah pilihan tepat berkat formulanya yang lembut.

Salep jerawat kulit sensitif ini mengandung isopropil metil fenol (IPMP), sulfur, dan asam salisilat. IPMP bertindak sebagai agen antibakteri, sementara sulfur mencegah bekas jerawat dan asam salisilat membuka pori-pori dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Saat pertama kali menggunakan Acnes Sealing Jell, cukup aplikasikan sekali sehari. Nah, setelah kulitmu terbiasa, kamu bisa meningkatkan frekuensi penggunaan menjadi dua atau tiga kali sehari. Biasanya hasilnya akan terlihat dalam empat sampai enam minggu.

KelebihanHarga terjangkau
Tidak mengiritasi kulit
KekuranganPenggunaan untuk ibu hamil wajib berkonsultasi dengan dokter lebih dulu
Tidak untuk kulit kering
HargaRp16.000

3. OXY 5

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 12

OXY 5 adalah salep jerawat gel yang mengandung benzoil peroksida sebagai bahan aktifnya. Produk ini cocok apabila kamu memiliki jenis kulit normal, berminyak, atau kombinasi.

Benzoil peroksida berperan dalam membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan menghentikan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Walau pada mulanya akan ada reaksi purging, dalam waktu empat minggu kamu akan melihat perubahan yang signifikan.

Untuk penggunaan awal, cukup pakai sekali sehari. Setelah tiga hari tanpa kemerahan, kamu bisa mengaplikasikan OXY 5 di malam hari.

KelebihanAman untuk ibu hamil
Hasil penggunaan relatif cepat terlihat
KekuranganMahal
Tidak untuk kulit sensitif
HargaRp55.000

4. Dermatix Acne Spot Care

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 13

Walau diiklankan sebagai salep penghilang bekas jerawat, Dermatix Acne Spot Care ternyata juga efektif dalam mengurangi bengkak dan kemerahan akibat jerawat berkat kandungan zinc gluconate-nya.

Di samping itu, lendir siput dalam formulanya membantu dalam pengelupasan kulit, yang berguna untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

Untuk mengurangi tampilan bekas jerawat, produk ini menggunakan niacinamide yang meningkatkan tekstur dan warna kulit secara keseluruhan. Jika kamu menginginkan hasil optimal dalam waktu hanya empat minggu, gunakan Dermatix Acne Spot Care dua kali sehari.

KelebihanHasil penggunaan relatif cepat terlihat
Cocok untuk semua jenis kulit
KekuranganMahal
Penggunaan untuk ibu hamil wajib berkonsultasi dengan dokter lebih dulu
HargaRp185.000

5. Benzolac CL Gel

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 14

Juga bagus sebagai salep jerawat punggung, Benzolac CL Gel ini paling direkomendasikan untuk mengobati jerawat yang meradang diikuti gejala-gejala lain, seperti bengkak dan nyeri.

Di sisi lain, clindamycin bertindak sebagai antibiotik yang menghambat reproduksi bakteri yang terlibat dalam jerawat, sedangkan benzoil peroksida dapat mengurangi komedo hitam dan putih.

Gunakan Benzolac CL Gel sekali sehari pada malam hari. Butuh waktu dua hingga lima minggu sebelum efek produk ini dapat terlihat.

KelebihanTerjangkau
Hasil penggunaan relatif cepat terlihat
Cocok untuk kulit normal, berminyak, dan kombinasi
KekuranganTidak untuk ibu hamil
Tidak untuk kulit sensitif
HargaRp36.000

6. Medi-Klin TR Gel

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 15

Dengan gabungan tretinoin dan clindamycin, Medi-Klin TR Gel menawarkan jalan keluar dalam mengatasi jerawat berkat efek sinergis keduanya.

Pertama-tama, tretinoin meningkatkan regenerasi sel kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Sebaliknya, clindamycin melawan bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan.

Gel ini ampuh mengatasi jerawat meradang maupun komedo hitam dan putih. Oleskan Medi-Klin TR Gel sekali sehari sebelum tidur di area yang berjerawat. Untuk hasil maksimal, perlu waktu hingga 12 minggu. Ibu hamil tidak disarankan menggunakan produk ini.

KelebihanJuga efektif untuk mengatasi komedo di samping menghilangkan jerawat
Dapat memperbaiki tekstur kulit yang bopeng
Cocok untuk hampir semua jenis kulit
KekuranganMahal
Hasil penggunaan baru terlihat setelah cukup lama
Tidak untuk ibu hamil
HargaRp63.000

7. Erymed 2% Gel

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 16

Untuk mengatasi jerawat yang meradang level ringan sampai sedang, Erymed dapat menjadi alternatif lainnya. Dengan kandungan eritromisin sebagai antibiotik, Erymed mampu menjaga jerawat tetap terkendali dengan mengurangi populasi Propionibacterium acnes di kulit.

Gunakan Erymed dua kali sehari, di pagi dan malam hari, dengan mengoleskannya langsung pada jerawat. Namun, perlu dicatat bahwa hasilnya baru terlihat dalam rentang waktu delapan hingga 12 minggu pemakaian rutin. Adapun penggunaan Erymed dalam jangka pendek terkonfirmasi aman selama kehamilan.

KelebihanAman untuk ibu hamil
Bagus untuk jerawat batu dan yang disertai peradangan
KekuranganHasil penggunaan baru terlihat setelah cukup lama
Tidak untuk kulit kering
HargaRp40.000

8. Zelface 20% Cream

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 17

Untuk kamu yang terganggu dengan kulit sensitif, Zelface adalah jawabannya. Dengan formula yang terdiri dari asam azaleat, produk ini dapat membuka pori-pori dari luar, mengurangi peradangan, dan mencegah pembentukan jerawat baru.

Tidak hanya itu, Zelface juga efektif dalam mencegah flek hitam. Kamu bisa melihat hasilnya dalam waktu yang relatif cepat. Sekitar enam minggu atau lebih, kulit akan tampak lebih baik.

Akan tetapi, untuk menghilangkan pigmentasi, rata-rata perlu waktu hingga enam bulan. Gunakan Zelface dua kali sehari, pagi dan sore.

KelebihanTidak mengiritasi kulit
Juga efektif untuk mengatasi flek hitam di samping menghilangkan jerawat
Aman untuk ibu hamil
Terjangkau
KekuranganTidak untuk kulit gelap
HargaRp38.000

9. Bioacne

9 rekomendasi salep jerawat dan bekasnya yang ampuh di apotek 18

Bahan lain yang tidak kalah bagus untuk mengatasi jerawat adalah cetrimide, sejenis antiseptik yang dapat melindungi kulit dari infeksi. Kalau kamu punya jerawat meradang, kamu dapat menggunakan Bioacne yang mengandung cetrimide.

Dengan tambahan resorsinol dan sulfur, Bioacne meluruhkan sel-sel kulit mati dn mencegah penyumbatan folikel rambut serta peradangan. Meski begitu, catat bahwa resorsinol dalam beberapa kasus berpotensi mengiritasi kulit.

Gunakan Bioacne dua kali sehari. Jika kulit mengering atau mengelupas, kurangi frekuensi penggunaan menjadi sekali sehari atau dua hari sekali.

KelebihanBekerja cepat mengempeskan jerawat meradang dan yang terindikasi terkena infeksi
Terjangkau
Cocok untuk kulit normal
KekuranganTidak untuk kulit sensitif
Belum diketahui keamanan penggunaan selama masa kehamilan
HargaRp26.000

Apabila kamu ragu mana obat jerawat paling ampuh, pertimbangkan untuk mulai dari salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida karena umumnya zat ini lebih mudah ditoleransi kulit. Selain itu, awali dengan konsentrasi yang paling rendah. Yang terpenting, jangan lupa konsisten, ya!

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version