Kalau kamu termasuk yang pilih treatment rumahan untuk mengobati jerawat, kamu bisa coba pakai es batu. Lalu apakah es batu bisa menghilangkan jerawat? 

Faktanya, es batu tidak bisa secara langsung menyembuhkan jerawat, namun perawatan rumahan ini dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Terutama, untuk jerawat nanah, jerawat batu, atau jerawat kistik.

Tapi kalau tidak digunakan secara hati-hati kulit bakal teriritasi dan jerawat makin parah.  Simak di sini kalau tertarik mencoba metode tersebut.

Apakah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Faktanya

Apakah es batu bisa menghilangkan jerawat? Caranya? 4

FYI, pengobatan jerawat menggunakan terapi dingin sudah dipraktikkan sejak tahun 1925, lho. Penggagasnya adalah dua orang dokter dari Inggris, Giraudeau dan James Arnott.[1] 

Mereka menemukan menempelkan es batu efektif mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. 

Es juga memberikan efek mati rasa pada kulit serta memperlambat aliran darah, sehingga mengurangi nyeri secara instan pada jerawat yang menyakitkan.

Seperti yang kita tahu, pemicu utama jerawat adalah kombinasi sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori kulit. Nah, es batu bisa membantu memperkecil pori-pori sehingga tidak terisi bakteri dan bahan iritan lainnya.

Tapi efek tersebut berlangsung sementara. Setelah efeknya menghilang, pori kulit akan kembali ke ukuran awal.

Home treatment ini lebih efektif untuk kasus jerawat meradang seperti jerawat batu, pustula (jerawat bernanah), dan jerawat kistik. Sementara untuk jerawat non-inflamasi kompres dingin tak akan terlalu membawa hasil.

Jadi kalau kamu bertanya-tanya apakah es batu bisa menghilangkan beruntusan, atau komedo, silakan skip treatment ini karena tidak akan berimbas apa-apa.

Khusus untuk masalah komedo, kamu bisa mencari informasi mengenai Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat komedo atau apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat komedo.

Cara Menggunakan Es Batu untuk Menghilangkan Jerawat

Apakah es batu bisa menghilangkan jerawat? Caranya? 5

Untuk menghilangkan jerawat dengan es batu berapa kali sehari? Simak tips pengaplikasiannya di sini:

Cara Menggunakan Es Batu untuk Meredakan Nyeri Jerawat

Metode yang pertama ini untuk lumanya efektif untuk mengurangi nyeri jerawat yang mengganggu.

  1. Ambil es batu kecil dan bungkus dengan handuk tipis
  2. Pastikan wajah sudah bersih dari kotoran dan bekas riasan 
  3. Tempelkan handuk pada jerawat selama 1 menit, jangan terlalu lama
  4. Diamkan 5 menit
  5. Kamu bisa mengulang lagi mengompres selama semenit, lalu mendiamkannya lagi 5 menit. 
  6. Metode 1 menit tempel dan 5 menit istirahat ini dapat membantu mengurangi bengkak tanpa merusak kulit.

Cara Menggunakan Es Batu untuk Meredakan Jerawat Ringan

Untuk jerawat ringan, coba tips berikut:

  1. Ambil es batu kecil dan bungkus dengan handuk tipis
  2. Kompres jerawat 5 menit saja menjelang tidur
  3. Selanjutnya pada pagi dan sore hari percikkan air dingin sesudah double cleansing

Cara Meredakan Jerawat Ringan dengan es Batu dan Campuran Buah

Masih untuk jerawat ringan, kamu juga bisa mencoba mengompresnya dengan es batu dan campuran buah yang sudah terkenal ini:

  1. Siapkan air dalam baskom
  2. Masukkan beberapa buah es 
  3. Tambahkan potongan lemon dan mentimun
  4. Celupkan wajah yang sudah dibersihkan ke dalam air selama beberapa detik
  5. Ulangi lagi sekitar 2 atau 3 menit.

Waspada! Penggunaan lemon tidak disarankan untuk jerawat parah dengan luka terbuka karena menimbulkan sensasi perih yang menyakitkan.

Cara Meredakan Jerawat Ringan dengan Bahan Alami Beku

Untuk meningkatkan efek terapi kompres es, alih-alih es batu biasa, bekukan saja teh hijau, gel lidah buaya, dan susu, yang sudah dikenal moncer untuk jerawat:

  • Es Batu Teh Hijau kaya antioksidan dan berkhasiat untuk menenangkan, meminimalkan inflamasi, mengurangi minyak, serta memberikan tampilan kulit yang fresh.[2]
  • Es Batu Gel Lidah Buaya merupakan soothing agent untuk mengurangi iritasi dan kemerahan.[3]
  • Es Batu Susu mengandung asam laktat untuk meluruhkan sel kulit mati,menyamarkan bekas jerawat, sekaligus meremajakan kulit.

Efek Samping Es Batu untuk Jerawat

Apakah es batu bisa menghilangkan jerawat? Caranya? 6

Walaupun termasuk perawatan alami, tapi es batu juga punya efek samping kalau pengaplikasiannya kurang tepat, seperti:

1. Iritasi Kulit

Hindari mengoleskan es batu secara langsung pada wajah, apalagi kalau kulit kamu sensitif karena bisa menimbulkan iritasi. Reaksi yang sering terjadi adalah kemerahan, gatal, sampai luka bakar ringan, jika es dibiarkan terlalu lama di kulit. 

2. Penyempitan Pori-Pori hanya Sementara

Seperti sudah disinggung, kompres es dapat meringkas pori-pori, sehingga kulit terlihat halus, namun efek ini hanya sementara. Setelah kulit kamu secara bertahap kembali ke suhu normal, pori-pori kulit akan kembali melebar. 

Karena itu kompres es bukan solusi efektif untuk menyempitkan pori -pori atau pengobatan jerawat jangka panjang.

3. Memperburuk Jenis Jerawat Tertentu

Hati-hati untuk penderita jerawat kistik yang meradang, sebaiknya hindari menempelkan kompres es dalam waktu lama. Pasalnya, terapi dingin ini berpotensi memerangkap peradangan di bawah kulit sehingga memperburuk kondisinya.

4. Tidak Menyelesaikan Akar Masalah

Faktor-faktor penyebab jerawat sangat bervariasi pada tiap individu: ketidakseimbangan hormon, produksi minyak berlebihan, infeksi bakteri, alergi, genetik, dan sebagainya. 

Mengaplikasikan es di wajah saja tidak akan mengatasi akar permasalahan ini, namun hanya bantuan sementara. Untuk mendapatkan saran perawatan yang lebih tepat sasaran, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.

Jadi untuk pertanyaan apakah es batu bisa menghilangkan jerawat, kamu sekarang sudah tahu jawabannya. Es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit, kemerahan, dan bengkak, namun untuk menyembuhkan jerawat secara total, diperlukan treatment lain sesuai petunjuk dokter kulit.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version