Pada dasarnya, minyak zaitun atau olive oil bukanlah hal yang baru di dunia kecantikan. Bahan ini sudah lama dipercaya sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Tapi, apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat?

Selain apakah jeruk nipis bisa menghilangkan jerawat, pertanyaan ini termasuk hal yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat awam. Hal yang sama juga terjadi pada pertanyaan apakah es batu bisa menghilangkan jerawat. Karena itu, berikut adalah penjelasan yang lebih lengkapnya! 

Benarkah Minyak Zaitun Bisa Obati Jerawat? 

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? 4

Jika dibandingkan dengan minyak dari buah yang lain, pemakaian olive oil memang sangat umum, terutama di daerah dengan udara panas dan kering. Karena itu, olive oil sangat populer sebagai produk perawatan kulit di daerah Asia Barat. Hal ini karena bahan ini bisa membuat kulit terasa lebih lembap.[1]

Selain di Asia Barat, pemakaian olive oil juga cukup populer di negara tropis seperti Indonesia. Tujuannya pun tidak jauh berbeda, yaitu untuk melembapkan kulit. 

Selain itu, olive oil juga kaya akan antioksidan yang ampuh mengusir radikal bebas. Hal ini dibutuhkan karena kulit wajahmu sering terpapar sinar UV. 

Jadi, secara garis besar manfaat minyak zaitun untuk wajah memang sangat banyak. Namun, apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat dan beruntusan? Ternyata, jawabannya hingga saat ini masih menjadi perdebatan. 

Apabila kamu menelisik apa saja senyawa yang terkandung di dalam olive oil, kamu akan menemukan asam oleat, asam palmitat dan asam linoleat. Ketiga jenis asam ini punya sifat antibakteri dan antifungal.[2] 

Jadi, potensi bahan ini untuk mengobati bacterial acne dan fungal acne cukup tinggi. Hanya saja, belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Karena itu, belum diketahui seberapa efektif olive oil untuk mengatasi jerawat. 

Lalu, apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas jerawat? Hal ini ternyata juga masih menjadi bahan perdebatan di antara para peneliti. Olive oil telah lama digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan kulit. Hanya saja, belum ada bukti yang jelas dan kuat tentang hal ini.[3]

Cara Pakai Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Berjerawat

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? 5

Meskipun hingga kini bukti tentang manfaat olive oil untuk mengobati jerawat masih belum kuat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Hal ini karena olive oil telah terbukti bisa melembapkan, menutrisi, dan melindungi kulit. Selain itu, sifat anti-inflamasi bahan ini juga cukup kuat.[4]

Jika kamu hanya ingin melembapkan, menutrisi, dan melindungi kulit, mengoleskan olive oil ke kulit wajah secara langsung saja sudah lebih dari cukup. Kamu bisa mengoleskannya 1-2 kali sehari sesuai kebutuhanmu, terutama ketika kulit terasa kering dan tidak nyaman.

Sebagai tips, kamu perlu mencoba mengoleskan sedikit olive oil ke bagian bawah telinga terlebih dulu sebelum menggunakannya di kulit wajah. Hal ini untuk mengetahui apakah kamu punya alergi terhadap olive oil atau tidak. Jika area yang sudah diolesi terasa gatal, jangan lanjutkan pemakaian. 

Hanya saja, jika kamu ingin mengobati jerawat, kamu bisa menggunakan produk olive oil yang sudah dicampur dengan bahan aktif lain. Beberapa bahan aktif yang bisa kamu gunakan adalah asam salisilat, AHA, BHA, PHA, dan lain-lain. Dengan cara ini, kerja olive oil bisa lebih efektif. 

Efek Samping Penggunaan Minyak Zaitun Pada Jerawat

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? 6

Secara garis besar, olive oil aman untuk kamu gunakan secara topikal langsung ke kulit wajah. Namun, ada beberapa efek samping minyak zaitun untuk wajah berjerawat yang perlu kamu waspadai. Terlebih jika kamu menggunakan olive oil murni tanpa campuran bahan lain dengan konsentrasi yang pas. 

1. Menyumbat Pori-Pori

Hal ini karena olive oil berbentuk minyak sehingga sangat rentan menyumbat pori-pori dan membuat kondisi jerawat semakin parah bagi sebagian orang.[5] Jadi, jika kamu punya tipe wajah berminyak, lebih baik menghindari pemakaian olive oil secara langsung tanpa ada campuran bahan apa pun. 

2. Kurang Cocok untuk Kulit Sensitif

Selain itu, olive oil juga kurang cocok untuk kamu yang punya kulit yang sensitif. Hal ini karena pemakaian olive oil yang berlebihan bisa saja menimbulkan eksim. Namun, jika olive oil tersebut telah dicampurkan dengan bahan lain, tidak masalah untuk memakainya meskipun kulit wajah kamu  sensitif. 

Hanya saja, hindari untuk membuat campuran skincare sendiri tanpa bantuan dari ahli. Hal ini karena komposisi kandungannya harus pas. Jika tidak, kamu mungkin akan mengalami masalah kulit yang lebih parah. Jadi, agar lebih aman, kamu bisa memakai skincare yang sudah ada di pasaran.  

Jadi, itulah jawaban dari pertanyaan soal apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat atau tidak. Secara garis besar, olive oil punya kandungan antibakteri, antifungal, anti-inflamasi, dan juga antioksidan. Hanya saja, belum ada bukti kuat jika bahan ini ampuh untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version