Apakah susu Dancow bisa memutihkan wajah? Pertanyaan inilah yang mungkin membuat kamu penasaran melihat banyak orang yang menjadi susu Dancow sebagai salah satu bahan masker wajah. Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, mari eksplorasi manfaat susu Dancow lebih lanjut melalui ulasan berikut:

Kandungan dan Manfaat Susu Dancow untuk Kulit Muka

Apakah susu dancow bisa memutihkan wajah? Usut faktanya 3

Secara medis, susu murni memang sudah diakui sebagai bahan yang punya kemampuan meningkatkan kondisi kulit. Contohnya seperti mengurangi jumlah lesi jerawat dan komedo, mengatur produksi sebum, mengencangkan kulit, bahkan mencerahkan muka.[1]

Namun jika berbicara secara spesifik terkait susu Dancow, sejauh ini belum ada jurnal yang bisa membuktikan klaim bahwa susu merek ini dapat memutihkan kulit. 

Walaupun begitu, melihat kandungan gizinya, susu Dancow punya beberapa komponen yang jika ditelusuri manfaatnya, cukup punya peran dalam mencerahkan kulit. Seperti:

  • Vitamin C

Susu Dancow menempatkan vitamin C sebagai salah gizi yang dimilikinya. Dalam konteks kecantikan, vitamin ini dikenal sebagai agen pencerah kulit. Dikatakan demikian karena vitamin ini yang memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.[2]

  • Vitamin B

Dalam kandungan susu Dancow juga menyimpan vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B2 serta vitamin B12. 

Dalam dunia kecantikan, vitamin B2 atau riboflavin menunjukkan kemampuan dalam memperbaiki warna kulit dan membuatnya lebih bercahaya. Sedangkan vitamin B12 atau kobalamin memegang peranan yang efektif dalam meningkatkan kecerahan kulit kusam serta mereduksi bintik hitam.[3]

  • Vitamin E 

Selain kedua vitamin di atas, produk susu ini juga mengandung vitamin E yang mana perannya dalam dunia perawatan juga dapat dikatakan sebagai agen pemutih. Secara khusus, vitamin E dalam bentuk alpha-tocopherol memiliki peran dalam mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit.[4]

Jadi apakah susu Dancow bisa mencerahkan wajah? Jika hanya melihat dari kandungannya ini maka susu Dancow memang punya kemungkinan membantu dalam mencerahkan wajah. Akan tetapi, perlu dilakukan penelitian yang lebih intensif untuk memastikan efisiensi pemakaian susu Dancow ini. 

Cara Membuat Masker Wajah dari Susu Dancow

Apakah susu dancow bisa memutihkan wajah? Usut faktanya 4

Terkait dengan peremajaan muka, susu Dancow orang manfaatkan sebagai salah satu komponen masker yang nantinya mereka oleskan pada wajah. Jika kamu tertarik, berikut adalah sejumlah cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan susu Dancow yang bisa kamu ikuti:

1. Masker Susu Dancow dan Air Putih

Jika tidak ingin melibatkan metode yang rumit, kamu dapat membuat masker dengan menambahkan air putih saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kombinasikan tiga hingga empat sendok makan susu Dancow dengan satu hingga dua sendok makan air putih. 
  2. Gabungkan dua elemen ini hingga menciptakan tekstur mirip pasta yang dapat dengan simpel dioleskan ke wajahmu.
  3. Usapkan merata campuran dua bahan ini ke seluruh permukaan muka serta leher.
  4. Biarkan susu melakukan aksinya selama 15 menit.
  5. Bersihkan  lapisan masker dari wajah dengan mencucinya menggunakan air  juga sabun muka.

2. Masker Susu Dancow dan Air Mawar

Dari penelitian yang  sudah ada, penggunaan air mawar pada kulit membawa efek hidrasi serta mencerahkan wajah karena kandungan polyphenolnya.[5] Dengan sifat anti-tirosinase, polifenol dapat menghambat pigmen yang mempengaruhi warna kulit sehingga mampu memberikan efek mencerahkan.[6]

Nah, untuk membuat masker dengan kombinasi susu serta air mawar, caranya sama seperti pembuatan masker sebelumnya. Hanya saja posisi air putih kamu gantikan dengan posisi air mawar. 

3. Masker Susu Dancow dan Kopi

Buat kamu yang punya kopi di rumah, kamu juga bisa menambahkan komponen ini untuk perawatan dengan susu Dancow. Kopi mengandung beberapa senyawa yang juga bisa menekan pembentukan pigmen di kulit, seperti kafein, caffeic acid, citric acid, dan quinic acid.[7]

Selain senyawa-senyawa itu, butiran kopi yang akan kamu pakai sebagai campuran juga bisa kamu manfaat sebagai eksfoliator fisik yang mengangkat sel kulit mati. Berikut langkah-langkah membuat masker kombinasi susu Dancow dan kopi:

  1. Satukan tiga hingga empat sendok makan susu Dancow dengan dua sendok makan kopi. 
  2. Beri air secukupnya dan karau hingga tercampur rata dan konsistensinya nyaman untuk kamu pakai di muka. 
  3. Aplikasikan ke muka juga leher.
  4. Tinggalkan campuran selama 15 menit. 
  5. Basuhkan sedikit air untuk membuat campuran di muka kembali basah lalu dengan gerakan memutar, lakukan eksfoliasi fisik untuk mengikis sel kulit mati. 
  6. Lepaskan impuritas dengan membilas muka menggunakan air juga sabun muka.

Nah, bolehkah memakai masker susu Dancow setiap hari? Perlu kamu ketahui, efek samping masker susu Dancow seperti ruam, jerawat, hingga gatal-gatal bisa saja muncul jika penggunaan masker berlebihan. Sebaiknya, lakukan perawatan ini hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Demikianlah pembahasan terkait dengan apakah susu Dancow bisa memutihkan wajah. Mengingat belum ada penelitian yang memastikan efektivitas dari penggunaan susu kemasan ini, pemakaian produk perawatan sudah pasti bisa memutihkan kulit lebih direkomendasikan.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version