Media sosial memang merupakan ladang subur bagi berbagai kiat kecantikan yang beragam dan out of the box. Salah satu yang cukup populer adalah penggunaan masker do-it-yourself (DIY) dengan bahan utama tepung beras untuk meraih efek kulit tampak cerah. Nah, apakah tepung beras bisa memutihkan wajah?

Komponen Tepung Beras dan Manfaatnya untuk Muka

Apakah tepung beras bisa memutihkan wajah? Ini faktanya 3

Tepung beras apakah bisa memutihkan wajah? Jika menilik dari beberapa komponen yang terdapat di dalamnya, tepung beras memang memiliki sejumlah elemen yang mendukung anggapan bahwa tepung ini bisa “memutihkan”. Berikut adalah contohnya:

1. Ferulic Acid

Ferulic acid adalah senyawa antioksidan yang dapat ditemukan dalam beberapa tumbuhan, seperti beras, oats, dan juga biji-bijian. Senyawa ini menunjukkan jati dirinya sebagai agen pencerah yang bisa menghambat enzim tirosinase

Dengan kapabilitasnya ini ferulic acid membantu mengendalikan produksi melanin pada kulit yang nantinya akan kontribusi pada munculnya efek pencerahan kulit.[1]

2. Para-Aminobenzoic Acid (PABA)

Senyawa kimia ini merupakan senyawa yang populer sekitar tahun 1960-an dan banyak dimasukkan ke tabir surya kala itu berkat sifatnya yang menangkal UVB. 

Dengan daya tahan terhadap sinar UV, PABA mampu mencegah peningkatan produksi melanin sebagai respon terhadap paparan sinar matahari.[2] Dampak positif dari kehandalannya ini adalah kulit akan tampak lebih bening karena aktivitas melanin yang memberi warna pada kulit ditekan. 

3. Phytic Acid

Dalam tepung beras juga ada kandungan phytic acid yang merupakan zat depigmentasi, artinya senyawa ini bisa mengurangi pigmen. Secara fungsional, zat ini bekerja seperti ferulic acid dengan cara menekan kinerja enzim tirosinase agar tidak bekerja secara optimal dalam menghasilkan melanin.[3]

Penting kamu ingat, meskipun tepung beras mengandung ketiga senyawa di atas, konsentrasi dari setiap senyawa tersebut masih belum pasti. Dengan demikian tidak bisa dipastikan secara mutlak bahwa aplikasi dari tepung beras sebagai pemutih muka akan efektif 100%.

Meskipun demikian, bagi kamu yang berminat untuk merawat kecantikan kulit dengan cara alami di rumah, tepung beras tetap dapat kamu manfaatkan. Meskipun efektivitasnya tidak belum terjamin sepenuhnya, banyak orang merasa nyaman menggunakan tepung beras sebagai opsi organik dalam peremajaan kulit. 

Cara Menggunakan Tepung Beras untuk Wajah

Apakah tepung beras bisa memutihkan wajah? Ini faktanya 4

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan tepung beras bisa kamu lakukan dengan menggunakannya sebagai bahan dasar masker muka. 

Bagaimana cara membuat masker wajah dari tepung beras? Untuk variasi peremajaan kulit di rumah, ini berbagai opsi resep masker yang bisa kamu eksplorasi: 

Masker Tepung Beras dan Air Biasa

Metode paling sederhana juga praktis untuk memelihara kulit adalah dengan menggunakan tepung beras tanpa menambahkan bahan-bahan tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ambil sejumlah tepung beras yang cukup untuk proporsi satu muka. Pastikan tepung beras yang kamu pilih merupakan tepung murni tanpa bahan tambahan lainnya.
  2. Kombinasikan tepung beras dengan air hangat dalam jumlah yang cukup sehingga membentuk pasta kental yang akan mudah menempel di muka.
  3. Balurkan campuran yang kamu persiapkan menyebar ke seluruh area muka kecuali daerah sekitar mata juga bibir.
  4. Tinggalkan masker selama 25 hingga 20 menit agar khasiatnya bisa dirasakan oleh kulit secara penuh.
  5. Buang semua sisa-sisa yang campuran yang menempel di kulit dengan membasuh muka menggunakan air serta sabun wajah. 

Masker Tepung Beras dan Kopi

Selain petunjuk yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengembangkan campuran tepung beras dengan menambahkan bahan kopi. Serupa dengan tepung beras, kopi juga mengandung ferulic acid yang memberikan manfaat positif untuk membuat kulit kelihatan lebih bening.[4]

Namun, daya tarik utama dalam memutihkan kulit dengan kopi terletak pada kandungan kafein dan caffeic yang dimilikinya. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan luar biasa dalam menekan produksi melanin berlebihan, yang sering kali menjadi penyebab kulit terlihat kusam.[5]

Dengan menggabungkan kandungan dari tepung beras dan keunikan caffeine serta caffeic di kopi, kamu bisa menciptakan campuran yang dua kali lipat lebih efektif. Begini cara membuatnya: 

  1. Sediakan tepung beras juga bubuk kopi yang cukup untuk menutupi ukuran wajah kamu. 
  2. Tuangkan air hangat suam-suam kuku ke dalam mangkuk campuran tepung beras  juga kopi kemudian karau agar tidak menggumpal. Sesuaikan takaran air dengan konsistensi komposit. 
  3. Sebarkan komposit ke seluruh area muka hingga seluruh area kecuali mata dan mulut tertutup sempurna. 
  4. Beri jeda waktu selama 15 menit untuk komposit tersebut bekerja.
  5. Guyur muka dengan air kemudian aplikasikan sabun muka untuk memastikan tidak ada komposit yang tersisa di muka. 

Jika kamu tertarik dengan beauty hack ini, ada satu fakta penting yang perlu kamu ketahui terkait efek samping tepung beras untuk wajah. Kendati bebas dari bahan berbahaya, tepung beras mempunyai kecenderungan menyerap minyak pada kulit. Terlalu sering memakai bahan ini berpotensi membuat kulit semakin kering.

Nah, selain tepung beras, alternatif perawatan rumahan yang juga bisa kamu coba adalah menggunakan beras. Cek cara membuat masker beras untuk memutihkan wajah di Mamacantik.id. Jadi apakah tepung beras bisa memutihkan wajah? Melihat komposisinya, tepung beras punya potensi memutihkan. Namun kehandalannya masih belum teruji secara klinis.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version