Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Cara Menemukan Produk Skincare Untuk Kulit Berjerawat Yang Tepat

Jika Anda bergumul dengan jerawat, artikel ini akan membantu Anda memahami lebih baik tentang bagaimana mengatur rutinitas skincare untuk kulit berjerawat Anda untuk meminimalkan iritasi lebih lanjut dan menjaga kulit tetap bersih dan menghindari peradangan. Setiap kali Anda harus berjuang dengan jerawat yang meradang, sepertinya perjalanan untuk menghilangkan jerawat dan bebas masalah jerawat itu semakin menjauh.

Tentu bukan hal yang membahagiakan apabila memiliki genetik jenis kulit wajah yang mudah berjerawat. Kalau Anda memiliki kulit berjerawat jangan salah dalam memilih skincare karena itu dapat memperburuk kulit Anda. Perlu diingat untuk mendapatkan kulit yang halus tanpa jerawat tidak melulu selalu cenderung tentang produk skincare. Pola hidup yang sehat itu juga akan mempengaruhi kulit yang akan Anda miliki.

Tips Menemukan Produk Skincare Untuk Kulit Berjerawat

  1. Sadarilah tidak ada obat ajaib

Jerawat adalah masalah yang menjengkelkan dan seringkali memalukan, sehingga perusahaan skincare memasarkan produk yang menjanjikan segala macam hasil secepat kilat yang biasanya tidak dapat mereka berikan. Itu sebagian karena jerawat disebabkan oleh berbagai faktor. Hormon berperan, seperti halnya bakteri dan peradangan. Dan Anda juga tidak bisa mengabaikan peran kepekaan dan alergi. Tidak ada produk skincare kulit tunggal yang dapat secara efektif mengatasi setiap kemungkinan penyebab jerawat. Jadi, jika janji suatu produk terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, hampir pasti itu benar.

  1. Pilih rutinitas pembersihan yang lebih lembut
Skincare Untuk Kulit Berjerawat dengan Pembersihan yang Lembut

Apakah Anda sedang menghadapi jerawat sesekali atau rentetan jerawat yang terus-menerus, salah satu langkah pertama untuk menemukan produk yang tepat untuk kulit Anda adalah menyadari bahwa rutinitas pembersihan Anda mungkin terlalu keras. Banyak orang mengira jerawat disebabkan oleh kebersihan yang buruk, yang telah berulang kali terbukti tidak benar. Dan sama seperti banyak yang berpikir bahwa mereka dapat “mengeringkan” jerawat mereka dengan menggunakan produk yang keras atau astringent. Tetapi dengan menggunakan pembersih yang keras, sabun, pencuci berbusa, atau perawatan tempat mengeringkan, Anda hanya membuat kulit Anda lebih iritasi dan tidak melakukan apa pun untuk mengatasi penyebabnya.

  1. Pikirkan dua kali tentang produk yang mengandung terlalu banyak alkohol

Apalagi ketika ingin menghilangkan jerawatnya, banyak orang yang mengira produk yang ampuh hanya melakukan tugasnya. Tetapi terutama dalam kasus produk seperti toner yang mengandung alkohol, Anda mungkin lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Toner berbasis alkohol dan formulasi serupa mungkin terlalu mengeringkan, bahkan untuk kulit berminyak. Namun, perlu diketahui bahwa alkohol dalam jumlah yang lebih kecil sering mendukung masuknya bahan-bahan berharga, seperti asam glikolat. Jadi, jangan mengumpat suatu produk hanya karena mengandung sedikit alkohol.

  1. Sadarilah bahwa Anda masih membutuhkan kelembapan dan minyak

Dalam upaya untuk memerangi minyak dan mencegah jerawat, banyak orang menjadi bebas minyak untuk setiap langkah rutinitas skincare untuk kulit berjerawat dan rias wajah mereka. Tapi itu tidak selalu merupakan ide yang bagus. Kelembaban dan minyak diperlukan untuk kulit yang sehat, dan gagal memberikan kelembaban yang memadai pada kulit Anda biasanya berarti Anda akan berakhir dengan kemerahan dan peradangan. Tidak ada alasan untuk sepenuhnya menghindari minyak, terutama minyak nabati yang bergizi, saat Anda berjerawat. Dan tidak ada alasan untuk mengabaikan pelembab, bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak.

  1. Tambahkan exfoliant kimia ke rutinitas Anda

Alih-alih mengoleskan skincare noda di seluruh wajah Anda dan berharap dapat menyelesaikan masalah, Anda harus beralih ke exfoliant kimia yang diformulasikan dengan baik untuk membuat perbedaan yang berarti dalam kondisi kulit Anda. Produk yang diformulasikan dengan baik dengan asam salisilat dan asam glikolat akan membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mencegah pembentukan sel kulit mati. Ini bukan waktunya untuk menjadi liar dan memilih konsentrasi tertinggi yang dapat Anda temukan. (Itu biasanya berakhir dengan pengelupasan dan peradangan.) Tapi exfoliant yang lembut namun efektif dapat membuat perbedaan besar untuk kulit berjerawat.

  1. Lakukan perawatan di tempat — jika Anda bisa bersikap lembut
Skincare Untuk Kulit Berjerawat dengan Skincare Spot
Woman applying face cream

Selain exfoliant Anda, Anda dapat memilih untuk menggunakan skincare spot untuk membersihkan bintik-bintik dengan cepat ketika mereka muncul. Perawatan spot yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau belerang sering direkomendasikan oleh dokter kulit. Tetapi seperti halnya exfoliant, Anda harus tahu kapan waktunya berhenti. Jangan langsung mengejar konsentrasi tertinggi. Dan jangan memboroskan produk yang dibuat untuk bintik-bintik terisolasi di seluruh wajah Anda. Anda hanya akan berakhir dengan kekeringan dan peradangan, yang tidak pernah membantu ketika Anda mencoba untuk menghilangkan jerawat.

  1. Jangan mengandalkan produk non comedogenic

Baik Anda memilih produk skincare untuk kulit berjerawat atau ingin merombak simpanan riasan Anda, Anda mungkin menemukan banyak produk yang berlabel non comedogenic. Namun kenyataannya tidak ada standar yang diatur terkait dengan istilah tersebut. Jadi, bahkan jika suatu produk memiliki label itu, tidak ada jaminan bahwa itu tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Demikian pula, produk bebas minyak juga tidak selalu menjadi jaminan, karena ada banyak bahan lain yang dapat membuat produk menjadi kental, berat, atau mungkin membuat Anda keluar.

Perhatikan! Ini Jenis Skincare Untuk Kulit Berjerawat

  1. Cleansing

Yup pastikan Anda rutin membasuh muka dua kali dalam sehari. Apalagi apabila Anda selesai melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat segera untuk mencuci muka Anda. Tentunya Anda butuh pembersih ketika mencuci muka, pilihlah produk pembersih wajah yang bebas minyak serta mengandung salicylic acid. Produk pembersih wajah yang mengandung parfum sebaiknya jangan digunakan.

  1. Toner
Skincare Untuk Kulit Berjerawat dengan Menggunakan Toner

Wajah perlu kelembaban dan pH yang seimbang, ini adalah tugas dari toner. Gunakan toner yang mengandung salicylic acid untuk mendapatkan hasil yang baik.

  1. Moisturizer

Pastikan kulit wajah Anda selalu terhidrasi dengan menggunakan moisturizer yang aman kandungannya. Hindari kulit sampai kering dan berminyak. Pilih moisturizer yang terbuat dari waterbased sehingga tidak menutup pori-pori.

  1. Sunscreen

Nah sunscreen adalah produk skincare yang jangan sampai terlupakan untuk Anda pakai. Sinar matahari memancarkan sinar UV yang dapat merusak kulit. Kandungan SPF yang ideal pada sunscreen akan menjadi pelindung kulit yang ampuh.

  1. Exfoliator

Kulit wajah kita terdiri dari sel-sel. Di Berjalannya waktu tentu akan ada sel yang mati. Nah agar sel-sel yang mati tidak menutupi pori-pori Anda dapat menggunakan exfoliator. Pilih exfoliator yang mengandung AHA/BHA.

Ingat! Pakailah Skincare Untuk Kulit Berjerawat Dengan Bijak

Berurusan dengan kulit berjerawat seringkali merupakan ujian kesabaran. Butuh waktu untuk mencari tahu apa yang terjadi dan mengidentifikasi apa yang mungkin memperparah kulit Anda. (Dan terkadang, bahkan dokter kulit Anda tidak dapat menentukan penyebab pastinya.) Ini juga merupakan proses coba-coba yang panjang untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat Anda. Dalam beberapa situasi, Anda dapat menemukan solusi sendiri. Tetapi dalam kasus lain, adalah ide yang jauh lebih baik untuk memanggil para ahli untuk mendapatkan pendapat (dan mungkin resep) dari dokter kulit Anda.

Jika Anda memiliki kasus jerawat yang relatif ringan, atau jika Anda hanya ingin mencoba memecahkan masalah sendiri, Anda mungkin menyadari bahwa ada berbagai macam produk skincare yang dipasarkan untuk kulit berjerawat. Kami telah memberikan kepada Anda  tips cara menemukan produk skincare untuk kulit berjerawat yang tepat, tetapi itu tidak selalu cocok untuk Anda. Kami pikir mungkin lebih bijak bagi Anda untuk mempelajari cara memilih produk yang tepat untuk diri Anda sendiri. Lagi pula, kebutuhan skincare setiap orang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.