Perawatan Rambut Mengembang Rambut mengembang adalah gaya rambut cantik yang dimiliki wanita. Rambut yang mengembang memudahkan penataan rambut untuk berpenampilan berbeda tanpa memerlukan alat penataan rambut. Rambut mengembang sendiri adalah jenis rambut yang bagus, tetapi mudah kusut dan sulit dirawat. salah satu kondisi yang bisa terjadi adalah rambut menyebar seperti singa, tentu tidak ada yang menginginkan keadaan ini.

Tidak hanya sulit diatur dan merepotkan saat ingin menatanya, rambut tebal juga bisa membuat Anda kurang percaya diri saat bertemu orang. Jika Anda pernah mengalaminya, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mencegah rambut tumbuh tak terkendali. Setelah Anda sudah memahami bagaimana cara terbaik Perawatan Rambut Mengembang Anda, karena keriting yang kusut akan berubah menjadi model rambut yang mudah diatur.

Langkah-langkah cara Perawatan Rambut Mengembang

Perawatan Rambut Mengembang

1. Sampo secara teratur

Saat Anda Keramas rambut, sampo yang Anda gunakan akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda dan membuat rambut Anda terasa kering. Akan Tetapi Anda harus Keramas rambut secara teratur sebagai bagian dari rejimen Perawatan Rambut Mengembang Anda.

Selain itu, jika aktivitas harian Anda padat, Anda harus Keramas rambut setiap hari. Bilas dengan air dingin untuk melembabkan, melembutkan dan menata rambut. Keramas rambut dengan air hangat akan menghilangkan minyak alami dari rambut dan membuatnya terasa kasar.

2. Pilih kondisioner yang tepat

Selain membeli sampo yang tepat untuk rambut bergelombang, Anda juga harus menggunakan kondisioner yang tepat untuk jenis rambut Anda. Jika tidak, Anda bisa mencari produk khusus untuk Perawatan Rambut Mengembang. Jika Anda memiliki rambut tebal, gunakan kondisioner setiap kali keramas, dan gunakan hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut. Jika Anda takut komponen alkohol akan mengeringkan rambut Anda, coba gunakanlah kondisioner organik.

3. Lakukan co-washing

Co-washing adalah metode menggunakan kondisioner sebagai pengganti sampo untuk membuat rambut Anda lebih lembut. Kondisi pemakainnya sendiri setidaknya dua kali sebulan. Rambut Mengembang cenderung kering secara alami dan membutuhkan banyak hidrasi agar tetap sehat dan segar. Setiap dua minggu sekali, keramas rambut Anda dengan produk deep conditioning dan biarkan selama 10-30 menit sebelum dibilas. Lalu Ganti sekali keramas dengan co-wash ini.

4. Menggulung rambut

Jika Anda tidak berencana untuk menata rambut Anda setelah keramas, buatlah sanggul bergelombang sebelum tidur. Keringkan rambut, aplikasikan styling mousse secara merata di beberapa bagian dan gulung rambut untuk mempertahankan rambut Mengembang anda secara halus keesokan paginya.

5. Pengeringan alami

Jika memungkinkan hindari menggunakan hair dryer. Biarkan rambut Anda mengering secara alami. Panas dari pengering rambut dapat merusak rambut Anda dan membuat Rambut Mengembang Anda terlihat datar. Jika Anda tidak dapat menghindari pengering, aplikasikan pelindung panas ke rambut Anda sebelumnya dan setel panas ke pengaturan terendah. Karena Suhu Panas merusak Rambut Mengembang. Cara terbaik untuk Perawatan Rambut Mengembang adalah dengan menghindari kerusakannya.

6. Kurangilah penggunaan sisir

Menyisir dapat menyebabkan kerusakan rambut, terutama jika digunakan terlalu cepat saat menggunakan produk penataan rambut karena Mengurai kekusutan rambut yang membandel. Sisirlah dari ujung rambut Anda, bukan dari akarnya dan Jangan gunakan sikat karena dapat merusak rambut dan merusak Rambut Mengembang  Anda.

7. Hindari Alat Styling Rambut

Menggunakan pelurus rambut atau alat pengeriting rambut pada suhu tinggi dan kontak langsung dengan rambut bergelombang dapat menyebabkan rambut bercabang. Jika Anda harus menggunakan pemanas rambut, gunakan yang berkualitas tinggi dan oleskan produk pelindung panas ke rambut Anda sebelumnya.

8. Jauhi proses kimia

Hindari proses kimiawi seperti mewarnai rambut atau menggunakan pelurus kimiawi yang sangat berbahaya bagi rambut Anda, bisa jadi sulit dilakukan. Jika Anda memutuskan melakukan Perawatan Rambut Mengembang untuk mewarnai rambut, maka gunakanlah pewarna rambut alami. Selain itu, jika Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari bahan kimia, pastikan untuk menggunakan deep conditioner setelahnya sebagai cara untuk mencegah kerusakan rambut kusut.

9. Potong rambut secara teratur

Penggunaan Alat Styling Rambut, menyisir dan menyikat rambut dapat menyebabkan ujung bercabang dan dapat menyebabkan rambut tidak sehat yang mungkin memerlukan potong rambut  untuk memperbaikinya.

10. Rajin menjalankan pola hidup sehat

Selain Perawatan Rambut Mengembang diatas, rambut mengembang juga bisa diatasi dari dalam tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat secara teratur, terutama ketika mengkonsumsi makanan sehat. Supaya rambut menjadi sehat dan nggak mengembang lagi, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara teratur.

Tapi, jenis makanan yang paling cocok untuk mengatasi rambut mengembang kita adalah makanan yang berprotein tinggi seperti kacang-kacangan atau ikan salmon. Selain itu, bayam dan jambu biji juga sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin sebagai salah satu cara Perawatan Rambut Mengembang.

Selain hal di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa cara lain untuk Perawatan Rambut Mengembang, seperti Penggunaan sarung bantal dan sprei. Gunakan kain lembut seperti microfiber atau kapas untuk mengeringkan rambut agar tidak kusut dan kusut.

Baca Lainnya :7 Cara Perawatan Rambut Berwarna Agar Awetnya Bertahan Lama

Jangan menyentuh, menyisir, atau menyisir rambut Anda setelah penataan. Ini dapat menyebabkan rambut menjadi kusut. Dengan perawatan yang tepat, Anda tidak harus melalui langkah-langkah yang melelahkan seperti cara membuat rambut bergelombang  indah yang diinginkan banyak wanita.

Apa Saja Penyebab Rambut Bisa Mengembang?

Perawatan Rambut Mengembang

Secara alami, kulit kepala (yaitu folikel/lubang tempat tumbuhnya rambut) menghasilkan minyak/sebum yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan rambut. Rambut yang lembab dan sehat mudah diatur, tidak terlalu longgar dan kusut.

Namun, permukaan kulit kepala yang kering dapat menyebabkan rambut mengembang. Bisa juga disebabkan oleh jenis rambut bergelombang yang cenderung menyebarkan rambut, pada kondisi tertentu produksi sebum/minyak alami dapat berkurang. Alasan lain Penyebab Rambut Bisa Mengembang Diantaranya:

  • Keramas rambut yang berlebihan. Hal ini karena shampo mengangkat lapisan sebum di kulit kepala saat keramas, sehingga terlalu sering keramas dapat mengeringkan permukaan kulit kepala. Terutama jika aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih seperti olahraga dan berbagai macam aktivitas di luar ruangan yang banyak debu dan kotoran.
  • Terkena sinar matahari langsung, udara kering, atau angin kencang. Rambut yang sering Terpapat Sinar matahari akan merusak rambut itu sendiri, mengendurkan permukaan kulit kepala dan rambut, serta membuat rambut kering.
  • ritasi akibat penggunaan bahan produk yang digunakan pada rambut seperti pewarna rambut, pengeriting dan pelurus
  • Mengeringkan rambut dengan hair dryer dan curling iron. Alat-alat ini menghasilkan angin dan udara panas yang mengeringkan kulit kepala dan rambut.

Kesimpulan

Jika Anda telah mengikuti Langkah cara Perawatan Rambut Mengembang diatas yang diberikan untuk rambut Anda selama dua minggu dan masih belum melihat adanya perubahan, konsultasikan langsung dengan dokter spesialis kulit, jawaban akan diberikan, pemeriksaan fisik akan dilakukan, dan perawatan yang sesuai untuk rambut Anda akan ditentukan.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version