Jerawat di pipi sering jadi masalah yang menyebalkan, bukan? Kadang kamu telah coba berbagai cara tapi tetap saja susah hilangnya. Nah, sebelum kita bahas cara mengatasinya, yuk. kita bahas dulu penyebabnya.

Penyebab Jerawat di Pipi

Penyebab jerawat di pipi susah hilang & cara mengatasinya 3

Tahukah kamu, jerawat timbul karena berbagai faktor, lho? Salah satunya adalah karena kebiasaan sering megang-megang muka, yang bisa sebabkan penimbunan minyak dan kotoran di dalam pori-pori. Ayo, kita telusuri penyebab lainnya di bawah ini!

1. Produk Kecantikan yang Tak Cocok

Salah satu penyebab utama jerawat mendadak datang atau purging adalah saat kamu pakai beauty product yang tak sesuai sama skin type kamu.[1]  Kamu mungkin pernah berada pada situasi di mana kamu excited buat coba produk baru, tapi setelah beberapa waktu malah muncul jerawat. Nah, itu bisa jadi tanda bahwa produk itu tidak cocok dengan kulit kamu. 

Sebenarnya, tipe kulit tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang sensitif, kering, berminyak, atau kombinasi. Makanya, penting banget buat pilih beauty product yang pas sama jenis kulit kamu.

Jangan mudah tergoda sama iklan atau review produk dari orang lain tanpa mempertimbangkan apakah produk tersebut cocok atau tidak dengan kulit kamu. Jika kamu sembarangan mencoba produk, bukannya kulit makin baik tapi malah jadi berjerawat.

Maka dari itu, penting banget buat selalu melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan produk baru secara menyeluruh. Tes patch ini bisa bantu buat mengetahui aman atau tidaknya cosmetic products, serta menghindari kemungkinan breakout yang timbul tiba-tiba.

2. Debu dan Kotoran yang Menempel di Seprai dan Sarung Bantal

Breakout pada pipi terjadi bukan hanya karena faktor internal seperti hormon atau pola makan, tapi juga bisa karena faktor eksternal. Salah satunya adalah debu, kotoran, bahkan sel kulit mati yang ada di sarung bantal dan sprei kamu.

Nah, ketika kamu tidur, debu tersebut bisa menempel ke wajah, terutama bagian pipi. Debu mengandung berbagai kuman, bakteri, dan kotoran yang bisa menempel di kulit dan akan sumbat pori-pori kamu. Saat pori-pori tersumbat, minyak dan kotoran lainnya terperangkap di dalamnya, yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat.[2]

3. Folikel Tersumbat

Penyebab berikutnya yaitu, folikel yang tersumbat. Folikel adalah lubang kecil di kulit yang mengandung akar rambut dan kelenjar minyak. Jerawat akan timbul di pipi saat folikel tersumbat oleh sel kulit mati, campuran minyak, dan kotoran. [2]

Hal-hal yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori  ini antara lain karena:

  • Produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Semakin tinggi produksi minyak, semakin besar kemungkinan folikel ini akan tersumbat.
  • Penggunaan skincare product yang formulanya berat atau tak sesuai dengan tipe kulitmu juga bisa menyebabkan tersumbatnya folikel kulit. Oleh karenanya, selalu cari dan pilih produk perawatan kulit yang formulanya ringan dan aman buat kulit.
  • Polusi dan kotoran juga bisa menjadi penyebab tersumbatnya folikel. Saat debu dan kotoran menempel di wajah, maka pori-pori kulit kamu akan tersumbat dan akhirnya akan membuat pipimu jadi breakouts.

4. Pola Makan Tak Seimbang

Makanan yang mengandung banyak gula dan lemak bisa merangsang kelenjar minyak di kulit buat memproduksi sebum secara berlebihan. Nah, saat produksi minyak ini kelebihan, kemungkinan pipi kamu jadi breakouts juga jadi makin tinggi. So, mulai sekarang perhatikan asupan makanan kamu setiap harinya.

Makanan yang  kandungan karbohidrat olahannya tinggi, semisal roti putih, kue-kue, dan pasta, juga bisa sebabkan kenaikan gula darah yang akan membuat kulit jadi breakout. Jadi, mungkin saatnya kamu lebih memilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, kentang, atau beras merah.[3]

Selain itu, asupan makanan yang kaya susu atau produk susu olahan juga bisa berpengaruh pada timbulnya jerawat di pipi.

5. Kebiasaan Memegang Muka

Nah, inilah penyebab utama timbulnya jerawat di pipi, yaitu sering memegang muka. Saat kamu pegang-pegang muka kamu dengan tangan yang kotor, minyak, dan kotoran dari tangan akan pindah ke muka, menyumbat pori-pori, dan sebabkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Pipi

Penyebab jerawat di pipi susah hilang & cara mengatasinya 4

Sekarang kita sampai ke bagian cara mengatasi jerawat di pipi. Breakout memang bisa membuat siapa pun tak percaya diri. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu coba buat mengatasinya.

1. Mengubah Pola Makan

Untuk atasi jerawat di pipi, kamu bisa mulai dengan mengubah pola makanmu. Kurangi makanan yang tinggi lemak, mengandung gula dalam jumlah berlebihan, serta konsumsi lebih banyak buah dan sayur.[4] Pilih karbohidrat kompleks dan perhatikan juga konsumsi produk susu. 

Pola makan yang sehat bisa bantu kurangi risiko jerawat di pipi. Jangan lupa buat minum air putih yang cukup untuk jaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

2. Lakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi jerawat berikutnya yakni melakukan perawatan dari rumah. Lakukan eksfoliasi secara kontinyu untuk atasi pipi kamu yang sedang breakouts. Eksfoliasi bisa bantu buat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga mencegah timbulnya jerawat. 

Sebenarnya, eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara: physical dan chemical.[4] Namun yang memungkinkan dilakukan sendiri di rumah adalah physical. Caranya, gunakan eksfoliator yang lembut dan hindari menggosoknya terlalu keras agar tidak terjadi iritasi kulit. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Gunakan Produk yang Tepat

Agar kulit tidak mudah berjerawat, penting untuk memakai skincare product yang tepat. Pilihlah perawatan kulit yang pas dengan tipe kulitmu dan ada kandungan bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide berfungsi buat kurangi produksi minyak dan atasi jerawat.

Jaga kebersihan kulit dengan memakai produk non-komedogenik, dan hindari penggunaan produk yang terlalu berat. Konsistensi dalam penggunaan skincare juga sangat penting untuk hasil yang optimal.

4. Treatment dengan Berbagai Bahan Alami

Untuk atasi pipi berjerawat, kamu bisa mencoba berbagai bahan dari alam misal madu, teh hijau, lidah buaya, bawang putih, atau tea tree oil. Bahan-bahan ini bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa bantu kurangi peradangan dan mengeringkan jerawat. 

Pastikan untuk melakukan uji coba lebih dahulu buat memastikan tidak ada reaksi alergi. Beberapa bahan dari alam yang bisa kamu pakai misalnya bawang putih. 

Caranya mudah:

  1. Kupas beberapa siung bawang putih lalu parut.
  2. Kemudian oleskan ke pipi kamu. 
  3. Biarkan beberapa saat lalu basuh dengan air bersih. 

Simpel banget bukan? Lakukan natural treatment ini secara teratur misal seminggu tiga kali hingga breakouts kamu benar-benar hilang.

5. Menjaga Kebersihan Kulit dan Lingkungan

Cara ini jadi solusi ampuh buat atasi jerawat, salah satunya dengan rajin mencuci sprei dan sarung bantal setidaknya seminggu sekali. 

Pastikan deterjen yang kamu gunakan itu lembut dan bilas sampai bersih buat hilangkan debu dan kotoran yang menempel. Selain itu rajin mencuci tangan juga bisa bantu mengurangi faktor resiko jerawat.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan serta membersihkan muka dengan teratur, kamu bisa kurangi risiko jerawat yang dikarenakan oleh debu dan kotoran. Jadi, jangan remehkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tidur untuk dapatkan kulit yang lebih sehat, ya!

Nah sekarang kamu sudah tahu macam-macam penyebab jerawat di pipi dan cara mengatasinya. Kamu bisa terapkan informasi ini dalam hidup sehari-hari, dengan begitu jerawat bukan masalah lagi, kulit bebas jerawat impian pun jadi milik kamu. Semoga berhasil. Baca juga informasi tentang jenis jerawat lainnya.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version