Ada jerawat yang tiba-tiba muncul di kulit wajah? Kamu tidak perlu khawatir karena hal itu sebenarnya sangat normal. Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah kulit ini setidaknya satu kali seumur hidup. Lalu kira-kira, kenapa jerawat susah hilang dan tumbuh secara terus menerus? 

Sebagai informasi, jerawat yang normal biasanya akan menghilang dalam waktu 1 minggu hingga 3 bulan. Jadi, jika jerawat parah dan sulit untuk musnah dari kulit wajah, kamu perlu segera waspada. Sebab, mungkin ada yang salah dengan gaya hidup, obat, skincare, atau hormon kamu. 

Supaya lebih paham tentang jerawat tidak hilang bertahun-tahun, simak penjelasan tentang apa penyebab dan bagaimana solusinya! 

Pemicu Jerawat Susah Hilang

Dari penjelasan di atas, mungkin kamu sudah mempunyai gambaran umum soal alasan kenapa jerawat muncul terus. Berikut ini penjelasan lebih jauhnya! 

1. Penggunaan Produk Skincare yang Kurang Tepat

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 8

Perlu kamu ketahui jika jerawat, atau yang akan kamu kenal juga dengan istilah akne, bisa terus muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit (skincare) yang kurang tepat. Inilah alasan kenapa jerawat susah hilang padahal sudah pakai skincare.

Pemilihan skincare yang benar bisa mempercepat proses penyembuhan akne, namun begitu juga sebaliknya. Jika kamu salah memilih produk, akne di wajah malah akan semakin parah dan tak kunjung hilang. Jadi, jangan lupa perhatikan bahan apa yang terkandung di dalam skincare milikmu. 

Secara garis besar ada tiga bahan aktif yang sangat ampuh mengusir akne, yaitu asam salisilat, retinoid, dan benzoil peroksida.[1] Hanya saja, pemakaian ketiganya sekaligus di saat yang bersamaan bisa mengiritasi kulit dan memperparah peradangan akne. Jadi, jangan gunakan produk tersebut setiap hari. 

Sebagai tips, kamu bisa memakai produk tersebut 2-3 kali seminggu dengan bahan aktif yang berbeda di setiap harinya. Namun, jika kulitmu sensitif, pilih salah satu di antaranya saja dengan kandungan bahan aktif yang tidak terlalu tinggi. Lalu, hindari juga skincare yang berbahan dasar minyak. 

2. Pemilihan Obat yang Salah

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 9

Kalau kamu meminum obat oral juga, mungkin di sini letak masalahnya. Sebab, bisa jadi obat yang kamu minum salah. Alasannya sederhana, yaitu karena ada lebih dari satu faktor yang membuat akne timbul di kulit wajah. Sedangkan obat jerawat biasanya berasal dari kelas obat antibiotik saja.[2]

Pada dasarnya, antibiotik merupakan obat yang sangat ampuh untuk mengobati akne. Hanya saja, kelas obat ini hanya bisa mengobati akne yang berasal dari infeksi bakteri saja dan bukan karena penyebab lain. Jadi, sebelum meminum obat, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

3. Terlalu Banyak Memakai Produk Perawatan Kulit

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 10

Segala yang berlebihan memang tidak baik, pun begitu dengan pemakaian produk perawatan kulit yang terlalu banyak. 

Jika terlalu banyak memakai produk exfoliator, kulit akan lebih mudah kering dan iritasi. Sedangkan pemakaian produk pelembap yang berlebihan bisa saja membuat kulit berminyak.[3]

Kedua hal tersebut adalah sumber masalah bagi pemilik kulit yang rentan terkena akne. Kekeringan bisa mengiritasi, mengelupas kulit, dan memperparah akne yang sudah ada di wajah. Sedangkan terlalu banyak minyak bisa menutup pori-pori dan membuat akne baru kembali muncul tiap beberapa saat. 

Jadi, pastikan kamu hanya memakai skincare secukupnya. Pada pemilik kulit normal, kamu cukup hanya memakai facial wash, pelembap, dan sunscreen setiap hari. Lalu, kurangi toner, exfoliator, serum, masker, dan lain-lain. Pun begitu dengan kulit berminyak, pemakaian serum hanya sesekali.

Apabila kamu punya kulit kering, pemakaian toner dan serum akan membantu membuat kulit wajahmu terasa lebih lembap. Namun, hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol karena bisa mengiritasi kulit wajah. 

4. Tidak Membersihkan Kotoran di Wajah dengan Sempurna

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 11

Permukaan kulit yang kotor ternyata juga bisa membuat akne merasa betah dan menolak untuk angkat kaki dari wajahmu. Inilah alasan kenapa jerawat susah hilang di pipi dan area wajah lain. Karena itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan benar. Pastikan semua kotoran sudah hilang sebelum kamu tidur. 

Agar kotoran di wajah bisa bersih dengan sempurna, kamu pun bisa mempraktikkan double cleansing. Hal ini karena tidak semua produk bisa bersih dari wajah hanya dengan memakai facial wash saja, terutama kalau kamu memakai produk kosmetik waterproof.

Jadi, jangan lupa untuk memakai face cleanser sebelum kamu mencuci wajah, setidaknya sekali setiap hari di malam hari setelah kamu selesai beraktivitas. Hanya saja, penting untuk dicatat jika kamu tidak boleh terlalu sering mencuci wajah dengan memakai facial wash maupun face cleanser. 

Hal ini karena mencuci wajah terlalu sering bisa membuat kulit kering dan iritasi sehingga menyebabkan lebih banyak akne muncul di sana.[4]

5. Salah Memilih Makanan

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 12

Asupan makanan yang salah juga dapat membuat akne sulit hilang. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memperparah akne dan harus kamu hindari, seperti:

  • Susu
  • Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat
  • Coklat
  • Makanan yang berminyak dan berlemak

6. Masalah Hormonal

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 13

Pada dasarnya, jenis jerawat yang susah hilang adalah yang hormonal. Hal ini karena adanya aktivitas hormon androgen di dalam tubuh yang tidak stabil. Karena itu, akne jenis ini paling sering terjadi ketika kamu mengalami pubertas, hamil, menstruasi, menopause, dan lain sebagainya.[5]

Cara Mengatasi Jerawat yang Susah Hilang

Kenapa jerawat susah hilang? Ini 6 pemicu & solusinya 14

Dari penjelasan di atas, kamu mungkin bisa mengambil kesimpulan tentang apa saja cara mengatasi jerawat

Tips yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Memakai produk skincare dan meminum obat jerawat yang tepat
  • Kurangi pemakaian produk skincare yang tidak perlu
  • Pakai teknik double cleansing setidaknya satu kali sehari di malam hari agar kulit lebih bersih dari debu dan kotoran
  • Konsumsi makanan yang tepat seperti yang berserat tinggi atau mengandung antioksidan dan probiotik

Jadi, setelah mengetahui kenapa jerawat susah hilang, apakah kamu sudah siap untuk mengusirnya dari wajah? Catat semua cara untuk mengatasinya dan mulai terapkan gaya hidup sehat dari sekarang!

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version