Punya permasalahan kulit, terutama jerawat, memang menyebalkan. Sebab, dalam kondisi tertentu, gangguan kulit ini susah sekali sembuhnya. Sekalipun sudah membaik, biasanya permasalahan kulit ini muncul lagi di tempat yang sama. Kira-kira, kenapa jerawat muncul terus?

Ada bermacam-macam faktor yang menyebabkan kenapa jerawat muncul terus di pipi atau area lainnya. Maka dari itu, pahami faktor pemicunya supaya bisa menentukan langkah yang tepat untuk menanganinya.

Penyebab Kenapa Jerawat Muncul Terus

Penyebab kenapa jerawat muncul terus & cara mengatasinya 3

Secara umum, asal muasal jerawat adalah akibat pori yang tersumbat sebum. Kemudian, kalau terjadi infeksi bakteri pada sumbatan tersebut, maka terjadilah peradangan dan muncullah jerawat parah berisi nanah.[1]

Jenis jerawat ini bisa hilang dengan proses pembersihan disertai penggunaan obat atau skincare berbahan salicylic acid atau benzoyl peroxide. Lalu, kenapa jerawat muncul terus padahal sudah pakai skincare?

Kalau kamu mengalami kondisi ini, berarti ada faktor lain yang harus kamu waspadai. Ini dia beberapa alasan kenapa jerawat susah hilang.

1. Ketidakstabilan Hormon

Salah satu pemicu kenapa jerawat muncul terus di tempat yang sama adalah karena perubahan hormonal. Adapun hormon yang sangat berpengaruh pada munculnya masalah di kulit ini adalah hormon androgen, estrogen, dan progesterone.[2]

Fluktuasi produksi hormon ini biasa terjadi saat masa puber, kehamilan, haid, dan juga menopause. Tidak cuma itu, risiko jerawat juga mengintai saat kamu menggunakan alat kontrasepsi hormonal.

2. Asupan Makanan

Alasan lain kenapa jerawat muncul terus di dagu atau area lain bisa jadi karena makanan yang kamu konsumsi. Ada beragam jenis makanan tidak sehat yang dapat menjadi pemicu gangguan di kulit.

Misalnya adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti dan mie.[3] Selain itu, makanan yang tinggi gula, olahan susu, soda, serta junk food juga harus kamu hindari agar bebas dari jerawat.

Seluruh jenis makanan tersebut bisa membuat kadar gula darah naik. Akibatnya, insulin juga meningkat dan menstimulasi produksi sebum berlebih. Inilah yang memicu jerawat.

3. Stres

Ternyata, terlalu banyak pikiran dan beban psikologi juga bisa memicu jerawat. Tingkat stress seseorang ternyata memengaruhi produksi sebum.

Sebuah studi mengungkap bahwa saat seseorang mengalami stres, maka kuantitas sebum meningkat. Kondisi ini terjadi khususnya di usia remaja dan dialami oleh mayoritas para pria.[4]

Alasannya, pada saat stres, produksi hormon kortisol meningkat dan menyebabkan kulit semakin sensitif. Hal ini akan merangsang kelenjar minyak untuk mengeluarkan lebih banyak sebum.

4. Kontak dengan Barang Kotor

Jerawat yang terus-menerus muncul juga bisa disebabkan karena kulit wajahmu bersinggungan dengan benda kotor. Benda tersebut bisa saja mengandung bakteri yang akan memicu inflamasi jerawat.

Benda-benda tersebut antara lain adalah HP, helm, handuk, dan juga sarung bantal yang jarang diganti. Selain itu, kebiasaan sering menyentuh muka juga bisa menjadi pemicu karena tanganmu bisa menjadi sarang bakteri. Apalagi kalau kamu jarang mencuci tangan atau menggunakan cairan antiseptik.

5. Tidak Cocok dengan Skincare

Sudah rutin pakai skincare setiap hari tapi wajah malah tambah breakouts? Bisa jadi, kulitmu alergi dengan kandungan produk tersebut.

Selain itu, jerawat timbul karena skincare yang kamu pakai tidak cocok dengan tipe kulitmu. Misalnya, tipe kulitmu adalah oily, salah pilih skincare malah membuat kulit semakin berminyak sehingga pori tersumbat sebum.

6. Merokok

Selain berdampak negatif pada kesehatan paru-paru, ternyata rokok juga bisa memicu jerawat. Statement ini didukung oleh sebuah penelitian yang mengungkap bahwa ada korelasi antara kebiasaan merokok dan munculnya tipe jerawat yang tidak meradang.[5]

Cara Menghilangkan Jerawat yang Muncul Terus

Penyebab kenapa jerawat muncul terus & cara mengatasinya 4

Nah, setelah memahami beragam pemicu jerawat yang susah sekali hilang, kini kamu bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Jadi, pastikan dulu apa yang menjadi pemicu jerawatmu. Kemudian, hindarilah faktor penyebab tersebut supaya kulit kembali mulus.

Ini dia beberapa solusi yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Kalau penyebab masalah kulitmu karena makanan, maka cara mengatasi jerawat paling tepat adalah ubah pola makananmu. Lakukan diet sehat dengan menghindari makanan berkadar gula tinggi, gorengan, fast food, soda, serta susu.

Ganti makanan tersebut dengan sayur dan buah. Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih setidaknya 2 liter setiap harinya.

2. Pilih Skincare yang Tepat

Hentikan dulu pemakaian skincare-mu. Hal ini untuk mengetahui apakah jerawatmu diakibatkan oleh kandungan produk tersebut.

Ganti skincare-mu dengan produk yang dapat membasmi jerawat. Misalnya, gunakan face wash atau krim yang mengandung salicylic acid, sulfur, atau benzoyl peroxide.

3. Kelola Stres dan Pastikan Cukup Tidur

Kalau ternyata pemicu jerawatmu adalah karena pikiran, pastikan kamu mengelola stress dengan baik. Caranya, perbanyak meditasi, berolahraga, menjalankan hobi, atau rekreasi agar stres hilang.

Selain karena pikiran, stres juga bisa terjadi karena kurang tidur. Oleh sebab itu, pastikan untuk cukup tidur sekitar 7 sampai 9 jam setiap harinya.  

4. Periksakan Diri ke Dokter Spkk

Kalau jerawat tak kunjung sembuh setelah melakukan beragam cara di atas, segera jadwalkan untuk konsultasi dengan dokter Spkk. Selanjutnya dokter akan mengobservasi penyebab masalah kulitmu.

Kalau ternyata pemicunya adalah gangguan hormon, dokter mungkin akan menganjurkan obat untuk mengontrol hormon seperti pil KB atau obat anti-androgen.

Selain itu, untuk menangani peradangan yang sudah parah, dokter mungkin akan memberikan antibiotik atau obat oles dengan kandungan retinoid.

Itulah ulasan lengkap mengenai beragam pemicu kenapa jerawat muncul terus. Tentunya, kamu bisa menganalisis sendiri kira-kira apa yang menyebabkan jerawatmu susah sembuh. Nah, untuk menangani jenis jerawat ini, kamu harus menghindari faktor pemicunya dan mengubah lifestyle menjadi lebih sehat agar jerawat tak kembali lagi.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version