Selain di wajah, jerawat juga bisa tumbuh di area tubuh yang lain termasuk punggung, leher, bahu, & tangan, walaupun yang terakhir memang terbilang jarang. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat di tangan juga bikin tidak nyaman karena disertai oleh gatal-gatal atau perih.

Nah, kalau kamu sekarang sedang mengalami Jenis jerawat yang satu ini berarti kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Temukan apa saja gejala jerawat di lengan atau tangan, penyebab, serta rekomendasi obat jerawat di tangan.

Ciri-Ciri Jerawat di Tangan

Ciri-ciri jerawat di tangan, penyebab & cara mengatasinya 4

Faktanya, bintil-bintil kemerahan yang tumbuh di tangan atau lengan tidak selalu berarti jerawat karena bisa saja karena kondisi yang lain. 

Untuk ciri-ciri jerawat secara umum adalah, muncul benjolan dengan bagian tengah berwarna krem atau kuning karena berisi nanah, kadang-kadang benjolan terasa gatal, dan bisa timbul peradangan jika tidak diobati.

Selain itu kamu juga bisa mengalami ciri-ciri berikut pada tangan:

1. Dermatitis Atopik

Kalau di tangan kamu tumbuh banyak benjolan merah kecil-kecil seperti jerawat yang rasanya sangat gatal, bisa jadi kamu terserang eksim alias dermatitis atopik.

Di seluruh dunia ada sekitar 15-20% anak yang menderita eksim dan sekitar 1-3% orang dewasa.[1]

Bedanya, eksim jauh lebih gatal daripada jerawat biasa sampai membuat sulit tidur dan bisa menyebar lebih cepat ke bagian kulit yang lain. Lalu, kulit akan mengelupas dan bersisik kalau eksim sudah mulai sembuh.

2. Kista Ganglion

Kista ini membentuk semacam kantong kecil berisi cairan, dan biasanya tumbuh di tangan dan pergelangan tangan. Kamu perlu curiga kalau benjolan yang dikira jerawat  jadi lebih besar dan nyeri saat disentuh. Bisa jadi kamu mengalami kista ganglion.

3. Abses

Abses atau bisul juga sering disalahpahami sebagai jerawat batu di tangan karena tampilannya yang sangat mirip: benjolan merah kecil yang berisi cairan nanah. Perbedaannya, bisul yang terbentuk karena infeksi sering kali jauh lebih menyakitkan bahkan bisa menyebabkan demam.

4. Kalsinosis

Kalsinosis adalah kondisi penumpukan kalsium di dalam atau di bawah kulit sehingga membentuk benjolan berwarna putih yang bisa berukuran kecil atau besar. Jika benjolan di tangan kamu memperlihatkan gejala tersebut apalagi disertai keluarnya cairan kapur, mungkin itu adalah kalsinosis.

5. Kutil

Kutil biasanya tidak berbahaya, dan gejalanya berupa benjolan kecil dengan tekstur bersisik atau kasar. Bintil-bintil kutil bisa muncul satu saja, atau berkelompok. Tapi perhatikan, jika benjolan ini menjadi sangat nyeri atau menyebar ke area kulit yang lain, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit.

6. Moluscum Contagiosum

Moluscum adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Ciri-cirinya adalah tumbuh bintil-bintil kecil berwarna kulit biasanya berkelompok di tangan, lengan, wajah, leher, perut, kaki, sampai area genital.

Virus ini biasanya menyerang anak-anak atau mereka yang sistem kekebalannya rendah, seperti pengidap kanker, HIV, atau penyakit imunitas tubuh.[2] 

Penyebab Jerawat di Tangan

Ciri-ciri jerawat di tangan, penyebab & cara mengatasinya 5

Secara umum penyebab jerawat di lengan tangan hampir sama dengan jerawat di wajah, antara lain.

1. Perubahan Hormon

Jerawat hormonal atau jerawat dewasa yang umumnya terjadi pada orang dewasa berusia antara 20 – 50 tahun.[2] Penyebabnya adalah produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak yang dipengaruhi oleh perubahan hormon.

Kalau kulit kurang mendapat perhatian pada kondisi tersebut, maka jerawat akan muncul di bisa di wajah, leher, punggung, lengan, sampai tangan. 

Ini bisa berupa komedo hitam dan putih, beruntusan, sampai jerawat batu yang parah.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Orang yang jarang mandi dan cuci tangan lebih mungkin terserang jerawat, daripada yang menjaga kebersihan tubuh secara optimal. Pasalnya saat membersihkan kulit dengan sabun dan air, kita sekaligus meluruhkan sel kulit mati, kotoran, keringat, serta sebum penyebab jerawat. 

Kalau melewatkan rutinitas tersebut akibatnya kotoran dan kulit mati bakal menumpuk dan memicu jerawatan.

3. Menggunakan Produk Body Care yang Tidak Cocok

Beberapa komposisi produk perawatan wajah atau tubuh diketahui memang dapat memicu jerawat. Ini misalnya produk dengan kandungan yang dapat menyumbat pori-pori seperti mineral oil, cocoa butter, atau lanolin

Sementara produk body care dengan kandungan alkohol, parfum, sulfat, dan sejenisnya juga bisa memicu reaksi alergi untuk yang kulitnya sensitif. Jadi, mulai sekarang, pastikan baca baik-baik komposisi produk yang akan kamu beli, terutama yang kulitnya gampang jerawatan.

Cara Menghilangkan Jerawat di Tangan

Ciri-ciri jerawat di tangan, penyebab & cara mengatasinya 6

Untuk mengatasi jerawat ringan sampai sedang kamu bisa menerapkan langkah-langkah berikut:

1. Menjaga Kebersihan

Jangan biarkan minyak, kotoran, dan keringat terlalu lama menempel di tangan kamu. Cuci tangan setiap selesai beraktivitas dengan sabun lembut yang bebas pewangi dan deterjen. Kamu juga harus rajin ganti baju karena pakaian yang kena keringat dan menempel di kulit bisa memicu jerawat.

2. Pakai Salep Jerawat

Untuk mempercepat penyembuhan kamu bisa pakai salep jerawat di lengan yang dijual bebas. Pilih produk dengan kandungan antibakteri dan antijerawat yang ampuh seperti asam salisilat, benzoil peroksida atau clindamycin. 

Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengendalikan minyak berlebih di kulit sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat. 

Alternatif lainnya, kamu bisa coba cara menghilangkan jerawat di lengan secara alami dengan mengaplikasikan gel lidah buaya. Tanaman herbal ini punya khasiat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

3. Jangan Pakai Barang Pribadi Bersama-sama

Hindari memakai handuk, baju, atau alat cukur milik orang lain, termasuk meminjamkan barang-barang pribadi itu kepada orang lain. Hal ini berisiko menularkan penyakit kulit seperti eksim dan jerawat. 

Selain itu kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang yang punya penyakit kulit untuk mencegah kontaminasi virus atau bakteri penyebabnya.

Jangan panik dulu kalau tiba-tiba ada jerawat di tangan karena umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri setelah beberapa waktu. Meski begitu kamu tetap perlu meminta bantuan medis jika rekomendasi treatment di atas tidak menunjukkan hasil atau jerawat menimbulkan nyeri berat.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version