Sudah coba berbagai jenis acne treatment tapi tidak melihat perubahan yang signifikan? Mungkin kamu lupa melakukan perawatan dari dalam dengan minum jus untuk jerawat. Mengapa harus jus? 

Sebelumnya kamu perlu tahu jika kondisi kulit adalah cara tubuhmu berkomunikasi. Kalau kamu menerapkan diet yang benar dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah glikemik, ini bakal membantu mengatasi masalah jerawat.[1]

Jadi mulai sekarang coba tambahkan lebih banyak buah-buahan dan sayuran berwarna-warni dalam menu harian kamu sebagai obat jerawat alami. Kalau mau lebih praktis, kamu bisa menjadikannya jus yang siap dikonsumsi di mana saja. Berikut rekomendasi terbaik jus untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya:

1. Kale

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 8

Kale adalah salah satu superfood yang memberikan nutrisi lengkap. Lagipula kale termasuk sayuran rendah kalori dan tinggi serat sehingga tidak perlu khawatir berat badan jadi meningkat.

Sayuran hijau ini mempunyai kandungan Vitamin A, B6, C, dan K, kalsium, magnesium, potasium, antioksidan, dll.[2] Kombinasi antara antioksidan, vitamin, dan mineral inilah yang bekerja meminimalkan hiperpigmentasi. Dengan begitu kulitmu bakal beberapa tingkat lebih cerah dan bebas kusam.

Sementara kandungan vitamin C-nya membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu memperbaiki tekstur kulit akibat acne scars. Kale mungkin kurang enak kalau di-jus begitu saja, solusinya kamu bisa menambahkan secangkir kale ke smoothie pisang, berry, apel, jeruk, atau mangga favoritmu.

2. Lemon

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 9

Sama seperti kerabat buah jeruk-jerukan lainnya, lemon punya kandungan vitamin C dosis tinggi. Vitamin C sendiri dikenal berkhasiat melawan tanda-tanda penuaan dan menunjang produksi kolagen, protein yang membantu membangun kulit yang kuat dan sehat.

Sementara antioksidannya membantu melawan efek samping radikal bebas, mencerahkan kulit, dan mengurangi kerutan.[3] 

Tapi mengoleskan perasan lemon secara langsung ke kulit sangat tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan iritasi. Namun kamu bisa menjadikannya jus untuk jerawat dan glowing atau infuse water.

Menambahkan perasan lemon dalam secangkir air hangat dan mengkonsumsinya setiap bangun tidur juga dipercaya membantu melancarkan pencernakan.

3. Beri

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 10

Cari buah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa dijus? Kamu bisa mengandalkan beri-berian seperti stroberi, ceri, raspberi, bluberi, dan blackberry

Walaupun ukurannya kecil, tapi buah-buahan ini sarat dengan vitamin C dan antioksidan dosis tinggi. Kandungan vitamin C adalah senjata yang kuat melawan kulit kemerahan karena jerawat meradang maupun kulit kusam akibat tanda penuaan. 

Sementara antioksidannya membantu mencegah sekaligus memudarkan flek hitam.

Bonusnya, rajin konsumsi jus beri dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, menurunkan kolesterol, mengendalikan kadar gula darah tetap sehat, serta mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan membuat BAB lebih teratur.

Untuk mencapai target harian kebutuhan vitamin, kamu perlu mengonsumsi paling tidak 8 buah stroberi berukuran sedang atau segelas jus stroberi.

4. Tomat

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 11

Tomat yang murah meriah dan gampang ditemukan ini ternyata punya efek yang dahsyat dalam menyembuhkan jerawat. Selain itu manfaat jus tomat lainnya untuk kulit adalah mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV.

Pasalnya, sayuran ini mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang dapat memberikanmu kulit impian yang glowing dan bebas kusam. Seperti likopen, antioksidan dalam jumlah besar dalam tomat, dapat memperbaiki kulit yang rusak sekaligus mengembalikan kilau alami dan sehatnya. 

Sementara sifat asam dan astringent-nya dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan mengurangi jerawat.

5. Alpukat

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 12

Jus alpukat untuk jerawat, kenapa tidak? Alpukat punya kandungan Vitamin C serta omega 3 yang membantu mengurangi inflamasi akibat jerawat yang meradang. Selain itu alpukat juga membantu mencegah jerawat sejak pertama kali resiko.

Ekstrak buah alpukat kini bahkan sudah dapat dijadikan minyak alpukat yang mempunyai efek antimikroba. Kamu bisa menambahkannya dalam smoothie atau jus untuk meningkatkan manfaat jus alpukat.

6. Pepaya

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 13

Kamu perlu coba pepaya untuk jus untuk jerawat hormonal untuk mengurangi breakout saat datang bulan. Pepaya punya kandungan vitamin lengkap A, C, K, B, asam folat, kalsium, magnesium, dan potasium.[4] 

Khasiatnya untuk kulit jerawatan, yaitu meluruhkan sel kulit mati, membuka sumbatan pori, menipiskan bekas luka jerawat, menghidrasi kulit, dan mencegah munculnya jerawat.

Selain itu pepaya juga punya khasiat anti aging yang dapat meningkatkan elastisitas kulit juga menipiskan garis halus. Selain dijus atau kamu olah jadi smoothie, pepaya juga bisa dijadikan masker untuk melembutkan dan mencerahkan kulit.

7. Jus Sayur Lengkap

7 rekomendasi jus untuk jerawat dan kulit kusam 14

Kalau sudah lelah dengan jerawat yang tidak kunjung sembuh, kamu bisa coba treatment dari dalam dengan konsumsi jus detox jerawat. Bahan-bahannya adalah seledri (5 batang), wortel (5 buah), tomat (1-2 buah), mentimun (1 buah), bayam (2 cangkir). 

Cara membuatnya:

  1. Cuci dulu semua bahan sampai bersih.
  2. Jus semua bahan sampai halus. 
  3. Agar lebih segar, kamu bisa menambahkan sedikit es batu.

Jus detoks tersebut kaya akan Vitamin A, C, dan magnesium yang bakal memberikan asupan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh, sekaligus menghidrasi kulit. Namun khasiat utamanya adalah memberikan efek detoksifikasi untuk mengatasi pemicu jerawat seperti darah kotor dan racun yang terdapat dalam tubuh.

Untuk mempertahankan nutrisinya tetap maksimal, jus harus segera kamu konsumsi dalam waktu 24 jam atau lebih cepat lebih baik. Juga, jangan saring serat buah sebelum diminum karena ini penting untuk menjaga kesehatan pencernakan.

Agar terapi jus untuk jerawat dapat memberikan efek yang optimal, pastikan memilih bahan yang segar dan berkualitas. Kamu juga tidak perlu menambahkan gula untuk menjaga kandungan gula tetap rendah kalau tidak mau jerawat makin parah.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version