Meskipun banyak produk skincare yang menawarkan solusi untuk menangani masalah jerawat, masih banyak yang memilih bahan yang berasal dari alam sebagai alternatif perawatan. Pasalnya, masker alami untuk jerawat dianggap lebih aman karena lebih natural dan minim efek samping.

Tertarik memanfaatkan natural ingredients sebagai solusi jerawat? Ini dia delapan masker alami untuk jerawat dan bekasnya yang layak kamu coba.

1. Masker Lidah Buaya

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 9

Khasiat aloe vera untuk kulit memang tak terbantahkan. Terbukti, banyak skincare penghilang jerawat yang memakai tumbuhan ini sebagai bahan bakunya. Tak terkecuali masker Bioaqua untuk jerawat, yang memanfaatkan bahan ini sebagai kandungan utamanya.

Tanaman berdaun tebal ini mengandung zat saponins dan anthraquinones yang berperan sebagai antibakteri. Khasiatnya, gel ini mampu menumpas bakteri yang menimbulkan peradangan jerawat.[1] Aloe vera juga punya sifat anti-inflamasi untuk meredakan kulit yang sedang breakout

Cara penggunaan lidah buaya sebagai masker tidaklah rumit, yaitu:

  1. Cukup ambil gelnya.
  2. Lalu oles pada bagian yang berjerawat.
  3. Tunggu selama beberapa menit, lalu bersihkan.

Gunakan masker alami untuk jerawat meradang ini setidaknya dua kali dalam sehari. Kemudian, berangsur-angsur jerawat akan membaik.

2. Masker Lemon

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 10

Buah dengan rasa asam ini digadang-gadang memiliki sifat anti-acne yang lebih efektif dibanding produk pembersih wajah konvensional. Sebuah studi membuktikan bahwa mengoleskan lemon dengan konsentrasi 20%-100% dapat menghambat perkembangan bakteri P.acnes.[2]

Tidak cuma itu, buah ini juga tinggi senyawa flavonoid yang ampuh dapat menjadikan kulit semakin cerah dan memudarkan hiperpigmentasi akibat jerawat.[3] Jadi, buah ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara pemakaiannya adalah:

  1. Peras sebuah lemon.
  2. Oles merata ke seluruh muka. 
  3. Tunggu beberapa menit dan bilas sampai bersih.

Tapi, kalau jerawatmu tipe yang meradang, sebaiknya hindari terapi ini sebab bisa memicu iritasi dan membuat kulit terasa perih.

3. Masker Madu

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 11

Produk alami bercita rasa manis ini punya senyawa antibakteri yang efektif melawan mikroba penyebab jerawat yakni bakteri P.acnes.[4] Mengaplikasikan madu murni pada jerawat akan mempercepat proses penyembuhannya.

Khasiat madu akan semakin ampuh saat dipadukan dengan ekstrak kayu manis. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang mengungkap bahwa kombinasi kedua natural ingredients tersebut mampu menumpas bakteri Staphylococcus epidermidis dan P.acnes yang merupakan pemicu jerawat.[5]

Langkah pembuatan masker alami untuk menghilangkan jerawat yaitu:

  1. Campur 2 sdm madu murni dan 1 sdt bubuk kayu manis. 
  2. Oles pasta tersebut ke kulit wajah
  3. Tunggulah selama 15 menit. 
  4. Kemudian, basuh dan keringkan wajah.

4. Masker Alpukat

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 12

Buah ini punya kandungan flavonoid dan juga senyawa antibakteri yang bisa menghentikan perkembangan bakteri Staphylococcus aureus, salah satu pemicu jerawat.[6] 

Alpukat juga kaya akan Vit E yang dapat melembabkan kulit. Treatment ini sangat ideal untuk jerawat yang timbul di tipe kulit kering. 

Untuk meracik masker alami untuk jerawat dan beruntusan dari alpukat caranya:

  1. Campurkanlah alpukat yang telah dihaluskan dengan madu.
  2. Selanjutnya, oles merata ke muka.
  3. Tunggu sekitar setengah jam baru bilaslah sampai tak ada sisa masker di wajah.

5. Masker Tea Tree Oil

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 13

Keampuhan tea tree oil sebagai masker alami untuk jerawat meradang tak perlu diperdebatkan lagi. Minyak alami hasil ekstraksi dari Melaleuca alternifolia ini punya senyawa anti-inflamasi, antibakteri, dan juga antioksidan.[7]

Tidak mengherankan kalau minyak esensial ini menawarkan efektivitas yang tinggi dalam mengurangi peradangan lesi jerawat tipe papula dan pustula. Kalau dibandingkan dengan zat kimia seperti benzoil peroksida, minyak ini tentu lebih aman sebab tidak menimbulkan efek negatif, seperti iritasi dan kulit kering.

Kamu bisa langsung mengoleskan minyak ini ke jerawat yang tengah meradang. Atau, untuk membuat masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat, campurkan beberapa tetes minyak ini ke gel aloe vera. Baru kemudian ratakan ke muka sebagai masker.

6. Masker Teh Hijau

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 14

Alternatif bahan natural lain untuk menangani jerawat adalah ekstrak green tea. Teh hijau memang tinggi kandungan anti-inflamasi serta antioksidannya, sehingga dapat menurunkan jumlah lesi tipe jerawat meradang.[8] Sayangnya, teh hijau kurang efektif untuk menangani jerawat yang tidak meradang.

Cara alami menghilangkan jerawat dengan teh hijau sangatlah gampang, yaitu:

  1. Seduhlah teh hijau dan biarkan sampai dingin. 
  2. Kemudian, celupkan kapas bersih ke air teh tadi dan sapukan ke muka.
  3. Tunggu beberapa lama, lalu bilas sampai bersih.

7. Masker Mentimun

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 15

Karena punya kandungan air yang sangat tinggi, timun dapat menghidrasi kulit. Selain itu, saat diaplikasikan, mentimun memberikan efek menenangkan dan dingin di kulit.

Kandungan anti-inflamasinya bisa mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.[9] Untuk pembuatan masker mentimun, kamu bisa mengombinasikannya dengan bahan lain seperti lemon atau lidah buaya.

Cara menggunakannya:

  1. Blender mentimun, gel aloe vera, serta perasan lemon. 
  2. Aplikasikan masker ini ke seluruh bagian wajah dan diamkan kurang lebih 15 menit. 
  3. Selanjutnya basuhlah muka dengan air yang hangat.

8. Masker Putih Telur

8 rekomendasi masker alami untuk jerawat & cara membuatnya 16

Siapa sangka kalau putih telur bisa menjadi treatment efektif untuk jerawat. Sebuah studi menyatakan bahwa putih telur mengandung Lysozyme yang berperan sebagai antibakteri dan mampu melawan Cuti Bacterium acnes penyebab jerawat.[10] Asam amino dalam telur juga berfungsi untuk menstimulasi pembentukan sel baru sehingga kulit kembali sehat. 

Cara membuat masker putih telur yaitu:

  1. Mulai dengan memisahkan terlebih dahulu putih dan kuning telur.
  2. Lalu, oles putih telur ke bagian kulit yang ada jerawatnya. 
  3. Tunggulah sampai kering, lalu olesi lagi. 
  4. Setelah pengolesan keempat kalinya, cucilah wajah dan jangan lupa aplikasikan moisturizer.

Penggunaan bahan-bahan natural untuk merawat kulit memang tanpa efek samping. Tapi, proses ini jelas memerlukan waktu yang cukup lama sehingga hasilnya tidak bisa nampak secara instan.

Jadi, bahan manakah yang ingin kamu coba sebagai masker alami untuk jerawat? Supaya memperoleh hasil seperti yang kamu inginkan, pastikan melakukan treatment alami ini secara rutin, ya. Selain itu, jangan lupa selalu jaga kebersihan wajah dan terapkan lifestyle sehat supaya jerawat cepat membaik.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version