Jangan senang dulu kalau jerawat berangsur membaik. Ini karena lesi atau peradangan tersebut sering kali menyebabkan bekas jerawat merah atau bahkan ada juga yang menimbulkan bekas jerawat hitam.

Nah, pembahasan kali ini akan fokus mengupas tuntas bekas jerawat PIE yang berwarna kemerahan. Ini dia beragam treatment terbaik untuk menyingkirkan bekas jerawat merah di pipi sehingga wajah mulus kembali.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi secara Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi: alami, skincare & treatment 4

Setelah masa breakout, jerawat tersebut akan menyebabkan bercak pink hingga kemerahan yang populer dengan nama PIE atau post-inflammation erythema. Penyebab bekas jerawat merah adalah peradangan dan rusaknya pembuluh darah.

Sebenarnya, bercak ini bisa pudar dengan sendirinya. Lantas, bekas jerawat merah hilang berapa lama? Efek di tiap orang tentu berbeda. Ada yang hilang dalam sebulan atau bahkan beberapa bulan setelah breakout.

Nah, untuk mempercepat proses pemulihannya, lakukan beragam perawatan alami berikut.

1. Lemon

Buah berwarna kuning ini tinggi akan Vit C dan asam askorbat sehingga ampuh dalam memudarkan bercak kemerahan akibat peradangan jerawat. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang mengungkap bahwa ekstrak lemon efektif mengurangi eritema.[1]

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan ekstrak lemon tidaklah rumit, caranya:

  1. Peras lemon
  2. Encerkan dengan menambah air dengan perbandingan yang sama agar kadar asamnya tidak terlalu kuat. 
  3. Kemudian oles ke bercak merah sehari dua kali.

2. Tea Tree Oil

Minyak esensial ini memang tidak bisa serta merta memudarkan bekas yang ditimbulkan jerawat. Tapi, tea tree mengandung zat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga bisa menurunkan tingkat peradangan lesi jerawat.[2] Dengan begitu, risiko munculnya eritema bisa dihindari.

Cukup teteskan tea tree oil ke cutton bud lalu totolkan pada lesi yang meradang. Lakukan rutin agar kondisi kulit cepat pulih.

3. Aloe Vera

Manfaatkan bagian gel dari tanaman ini untuk merawat lesi dan memudarkan bercak kemerahan pasca peradangan jerawat. Aloe vera cukup populer di dunia skincare karena kandungan antiseptik, anti-inflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

Dengan beragam kandungan tersebut, tidak mengherankan jika aloe vera jadi salah satu treatment alami yang ampuh untuk jerawat dan bekasnya.[3]

4. Pepaya

Siapa sangka buah yang kaya serat ini bisa untuk treatment bekas jerawat merah dan hitam. Mengoleskan ekstrak pepaya secara continue akan mempercepat sembuhnya lesi dan bisa menghilangkan bercak kemerahan pasca inflamasi.[4]

Cara menggunakannya:

  1. Kamu cuma perlu menghaluskan daging pepaya matang
  2. Kemudian mengolesnya pada bercak kemerahan di pipi atau area wajah lainnya. 
  3. Sesudah mengering, cucilah muka hingga bersih.

5. Tomat

Buah ini punya kandungan lycopene dan beta karoten tinggi sehingga bisa melindungi kulit dari eritema.[5] Selain itu, tingginya kadar Vit C dalam tomat juga turut serta membantu proses memudarnya bercak merah akibat jerawat.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi dengan Skincare dan Obat

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi: alami, skincare & treatment 5

Penggunaan bahan alami memang memerlukan proses yang cukup lama supaya hasilnya nampak. Nah, agar bercak merah dapat teratasi dengan lebih cepat, cobalah beberapa skincare dan obat jerawat yang bisa kamu peroleh dengan mudah di apotek.

Cek dulu krim, salep, obat, atau skincare penghilang bekas jerawat merah yang akan kamu gunakan. Pastikan mengandung beberapa zat berikut.

1. Alpha Hydroxy Acid

Ada beragam jenis AHA yang beredar di pasaran seperti lactic acid, glycolic acid, dan citric acid. Penggunaan AHA akan menyebabkan efek peeling atau pengelupasan lapisan luar kulit. Tapi, zat ini memang cukup ampuh untuk menangani jerawat dan bekasnya, hiperpigmentasi, dan melasma.[6]

2. Salicylic Acid

Nama lain asam salisilat ini juga dapat merawat kulit yang sedang breakout dan menghilangkan bekasnya. Zat ini juga cukup aman untuk tipe kulit yang sensitif. Gunakanlah krim dengan konsentrasi asam salisilat 2% agar bercak merah lekas pudar.

3. Retinoid

Bahan aktif ini merupakan turunan Vit A yang bisa membantu proses regenerasi sel, memperbaiki kulit yang berjerawat, dan mengurangi hiperpigmentasi atau noda pasca inflamasi.[7] Sayangnya, skincare dengan kandungan ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

4. Niacinamide

Pasti kamu sudah familier dengan bahan yang satu ini. Hampir semua skincare pencerah kulit pasti mengandung niacinamide ini. Selain memberikan efek cerah, niacinamide ternyata juga bisa mengurangi tampilan bercak merah setelah breakout.

Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi dengan Treatment Klinis

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi: alami, skincare & treatment 6

Ingin memperoleh hasil instan supaya bercak merah bekas jerawat langsung hilang? Pertimbangkanlah untuk mengambil perawatan khusus di klinik kecantikan. 

Ini dia cara menghilangkan bekas jerawat merah PIE dengan treatment.

1. Laser

Dokter kecantikan mungkin akan menawarkan beberapa jenis treatment laser untuk memudarkan noda kemerahan akibat inflamasi jerawat. Misalnya, ada IPL dan pulsed dye laser.

Keampuhan perawatan laser ini tak usah diragukan lagi. Banyak studi yang menyatakan bahwa laser bisa memperbaiki kondisi kulit yang mengalami eritema setelah peradangan jerawat.[8]

2. Microneedling

Selain laser, cara menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan microneedling. Proses ini tampak menyakitkan karena kulit akan dilukai dengan jarum yang super kecil. Tapi tenang, dokter akan memberikan anestesi ke kulitmu sebelum treatment ini, sehingga tidak akan terasa sakit.

Proses ini akan menstimulasi pembentukan kolagen sehingga noda kemerahan hilang dan kulit jadi semakin sehat.

Nah, metode apa yang akan kamu pilih untuk menghempaskan bekas jerawatmu? Baik treatment alami, skincare, maupun terapi klinis masing-masing punya kekurangan dan kelebihan. Jika penggunaan bahan alami tak kunjung memberikan hasil, tak ada salahnya untuk mencoba perawatan secara profesional oleh ahlinya.

Jadi, tentukan saja treatment apa yang paling sesuai dengan tipe kulit dan juga budgetmu. Nah, biar bekas jerawat merah cepat lenyap dan muka tidak gampang breakout, pastikan selalu jaga kebersihannya dan terapkan pola hidup yang sehat.

Share.

Pencinta kecantikan yang bersemangat, menjelajahi dunia makeup dan perawatan kulit. Berdedikasi untuk berbagi tips, trik, dan tren terkini. Menyambut kecantikan sebagai bentuk ekspresi diri dan keyakinan.

Leave A Reply

Exit mobile version